Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam macam layanan internet

Table of Content [Tampil]
Dengan semakin pesatnya berkembangan teknologi internet generasi ke generasi, Internet saat ini merupakan kebutuhan pokok yang tidak bisa di pisahkan dari kehidupan hari-hari kita yang haus akan informasi. 

Bukan lagi barang mewah, internet sekarang sudah mudah didapatkan atau diakses. Berbagai pekerjaan ataupun kebutuhan dapat dengan mudah diselesaikan melalui internet. Layanan – layanan yang ada di internet memang sangat membantu, terlebih lagi tidak hanya satu jenis layanan, di internet banyak layanan yang siap membantu kebutuhan netizen.

Berbagai layanan internet dapat kita gunakan secara gratis saat ini, semuanya mempunyai dampak positif maupun negatif tergantung bagaimana kita menggunakan dengan bijak semua layanan tersebut. Berikut ini adalah macam-macam layanan internet yang biasa ditemukan dan digunakan oleh masyarakat untuk mempermudah masyarakat melakukan aktifitasnya.



Macam macam layanan internet yang biasa di gunakan oleh masyarakat

1. Email (Electronic Mail)




merupakan layanan internet yang banyak digunakan ole­­­h masyarakat di Indonesia maupun di dunia. Alamat e-mail saat ini layaknya sudah menjadi identitas pribadi, karena dengan e-mail kita bisa saling mengirim surat dengan cepat. Boleh dikatakan e-mail merupakan pengganti alamat rumah kita.

Layanan internet berupa e-mail ini sangat banyak sekali macamnya, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Contoh e-mail yang gratis adalah Yahoo, Gmail, dan Hotmail.Menurut sejarahnya layanan ini adalah yang layanan internet pertama di dunia, Bahkan saya baca di wikipedia email tercipta sebelum internet diciptakan.

2. WWW (World Wide Web)




Layanan internet yang berupa layanan www sangat populer di tengah-tengah masyarakat, layanan ini memungkinan kita semua bisa menjelajahi halaman website yang ada di dalam internet. Para pencari informasi di internet memanfaatkan layanan www ini untuk guna mencari informasi berlimpah dari internet. 

Sekedar mengingatkan saja meskipun layanan www ini bermanfaat sekali tetapi juga banyak sisi negatif yang juga ditawarkan seperti perjudian, pornografi, dan trafficking.

3. Mailing list

Layanan internet Mailing list memungkinkan adanya sebuah forum diskusi antar para pemilik e-mail di internet. Materi diskusi biasanya dikirim ke e-mail masing-masing anggota diskusi.

Penyedian Mailing List populer saat ini adalah Yahoo Groups. Anda bisa mendiskusikan berbagai macam topik diskusi dengan menjadi anggota sebuah mailing list.

4. E-Commerce 


E-Commerce merupakan layanan internet untuk kepentingan ekonomi, seperti online shop. Dengan adanya layanan internet seperti ini anda tidak perlu lagi repot lagi belanja ke mall atau supermarket untuk membeli barang yang anda inginkan. 

Cukup buka laptop atau gadget anda kemudian koneksikan dengan internet, cari online shop atau toko online yang terpercaya dan yang menjual barang yang berkulitas yang anda inginkan, sistem bayarannya pun ada yang bisa melalui transfer atau bayar di tempat.

5. E-Banking

Kemudahan transaksi dan transfer uang real time bisa anda dapatkan dengan menggunakan layanan internet E-Banking. Saat ini hampir semua bank pemerintah maupun swasta menyediakan fitur E-Banking ini kepada para nasabahnya. 

Kelebihan dari E-Banking di banding dengan transaksi biasa adalah kemudahannya. Untuk transfer misalkan, anda tidak perlu datang ke mesin ATM terdekat lagi untuk mentransfer sejumlah uang. 

Cukup gunakan layanan internet ini maka andapun bisa mentransfer uang dengan cepat.

6. E-Goverment




E-Goverment merupakan bentuk pelayanan pemerintah terhadap masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi. Dengan adanya E-Goverment diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik agar lebih efisien, nyaman, dan aksesbilitas yang lebih baik.

7. E-Learning

E-Learning merupakan sebuah sistem pembelajaran elektronik, yaitu antara peserta didik dan guru tidak bertatap muka secara langsung melainnya hanya bertemu melalui layar komputer dengan materi-materi yang sudah disiapkan oleh guru.

Komputer menjadi media perantara antara peserta didik dan guru. Dalam sistem ini terdapat kelemahan dan kelebihannya.

8. Chatting 




Layanan internet ini merupakan layanan favorit para kawula muda, chatting merupakan kegiatan berbincang melalui teks antar para pengguna internet seluruh dunia. Salah satu aplikasi chating yang sering digunakan oleh masyarakat yaitu Facebook.

9. Voice Over Internet Protocol (VOIP)




Voice Over Internet Protocol (VOIP) merupakan layanan internet yang memungkinkan pembicaran via telephone dengan biaya gratis. Jika menggunakan layanan internet yang satu ini anda hanya memerlukan koneksi internet tanpa harus membayar pulsa telepon.

Banyak sekali VOIP server gratis yang bisa anda gunakan untuk layanan internet ini salah satunya yang paling terkenal di Indonesia adalah VOIP rakyat.



Jadi itulah macam-macam layanan internet yang biasa masyarakat gunakan layanan internet diatas memerlukan penggunaan yangbijak dan kedewasaan dari diri kita sendiri agar senantiasa bermanfaat dan sesuai kebutuhan dan tidak terjerumus kedalam hal hal negatif.
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Macam macam layanan internet"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.