Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat Serial Number BIOS Dan Type Laptop Dengan Command Prompt (CMD)

Table of Content [Tampil]
Cara Melihat Merk Atau Type Laptop Dan Serial Number BIOS Menggunakan CMD Windows - Bagaimana cara kita melihat type laptop apa yang sedang kita pakai sekarang? atau mungkin berapa serial number BIOS pada perangkat kita? Harusnya kita membongkarnya terlebih dahulu? Tentu tidak. Dengan menggunakan Command prompt pada windows kita dapat melihat serial number pada bios ataupun type pada laptop kita. 

Mungkin kita ingin menginstall driver pada sebuah laptop yang selesai di install tetapi kita tidak tahu driver yang cocok untuk laptop tersebut karena kita tidak mengetahui type laptop nya, ya sebenarnya untuk install driver laptop itu ada aplikasi tertentu sih biar kita dapat menginstall driver laptop hanya dengan satu klik.


Tapi jika saat kita tidak membawa atau aplikasi pencari driver itu terhapus kita mau tidak mau harus download driver secara satu persatu bukan? tentunya kita harus mengetahui type laptop apa yang ingin kita install drivernya. Nah, maka dari itu saya ingin membagikan bagaimana kita dapat melihat serial number bios ataupun melihat type pada laptop kita. 

Yauwes..Jangan basa basi lagi mending kita langsung saja ke tutorial bagaimana cara melihat serial number bios dan type laptop menggunakan cmd windows, caranya yaitu:

1. Pertama, kalian harus buka terlebih dahulu command prompt nya, terdapat 2 cara untuk membuka command prompt windows 
  • Bisa melalui fitur search pada windows.
  • Bisa dibuka melalui fitur Run di windows.
2. Jika kalian sudah membuka command prompt, yang pertama kita coba adalah kita akan melakukan pengecekan type laptop apa yang sedang kita pakai sekarang ini, caranya yaitu dengan memasukan perintah dibawah ini di dalam cmd atau command prompt windows.
wmic csproduct get name
Jika sudah di ketik silakan kalian enter. Dan hasilnya akan seperti dibawah ini



Jika benar, maka kalian akan melihat type laptop apa yang sedang kalian gunakan sekarang, saya disini menggunakan laptop HP typenya compaq 510.

Masih ada yang makai laptop kentang seperti saya? 😅

Baca juga : Ciri ciri harddisk rusak pada laptop atau komputer kalian

Oke selanjutnya kita akan mengecek serial number bios menggunakan CMD

1. Langkah pertama sama seperti diatas, kita harus membuka command prompt terlebih dahulu

2. Jika sudah kalian ketik perintah dibawah ini untuk melihat serial number bios kalian.
wmic bios get serialnumber
Jika kalian sudah mengetikannya pada command prompt langsung saja kalian enter, dan lihat berapa serial number bios kalian? hasilnya akan seperti ini:



Dan sudah terlihat Serial number pada bios punya saya, gimana mudah bukan? semoga dapat bermanfaat yaaa..Silakan tinggalkan komentar kalian jika kalian mendapatkan kesusahan pada tutorial atau mendapatkan informasi tutorial yang salah, nantinya akan saya perbaiki..

Semoga artikel yang saya buat dapat bermanfaat.

Sekian terimakasih.
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Cara Melihat Serial Number BIOS Dan Type Laptop Dengan Command Prompt (CMD)"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.