Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Bootable DLC Boot Menggunakan Flashdisk Dengan Mudah

Table of Content [Tampil]
Cara Membuat Bootable DLC Boot - DLC Boot ini menurut mimin sangat berguna terutama jika kalian adalah seorang teknisi komputer atau anak TKJ kalian minimal harus tau apa itu DLC Boot. Membuat Bootable DLC Boot itu terbilang mudah caranya hampir sama seperti membuat bootable windows, hanya saja jika bootable windows harus menggunakan rufus sedangkan jika kita membuat Bootable DLC Boot kita tidak perlu menggunakan software rufus.

DLC boot adalah sebuah software bootable yang berisi tool-tool ajaib yang dimana itu dapat digunakan untuk memperbaiki komputer disaat crash atau error. Selain memperbaiki DLC boot dapat digunakan untuk membackup dan restore  data pada partisi atau localdisk kalian di komputer ataupun laptop. DLC boot ini bisa kita sebut sebagai windows portable.


DLC boot ini memiliki banyak sekali tools yang berguna jika suatu saat komputer atau laptop jika mengalami permasalahan seperti misalnya laptop jika tidak dapat melakukan booting ke windows dan ada beberapa file penting yang harus di selamatkan ntah itu berupa file video, gambar atau foto, atau file dokumen. Bagaimana caranya kita dapat mengambil file file tersebut? 

Lakukan install ulang windows saja min, hapus partisi C atau systemnya saja. - kata netizen.

Cara seperti itu memang bisa, tapi akan memakan waktu lama, belum untuk membuat bootable windowsnya terlebih dahulu, belum setting installasi windowsnya, belum lagi menunggu loading installasinya itu akan membuang buang waktu saja bukan?

Nah makanya kita harus tahu DLC boot, dengan menggunakan DLC boot kita tidak perlu repot repot nunggu waktu installasi karena dlc boot ini sama seperti live linux, dapat berjalan di DVD atau CD bahkan di flashdisk bisa, dengan begitu kita dapat langsung menyelamatkan file, aset penting kita yang berada dalam laptop atau komputer jika dimana laptop itu terdapat masalah salah satu contohnya seperti masalah diatas itu.

Baca juga : Ciri Ciri Flashdisk Palsu

Bagaimana kalau kita langsung saja untuk membuat bootable dlc boot menggunakan flashdisk? tapi sebelum itu kalian harus menyiapkan bahan bahannya terlebih dahulu , contohnya seperti:

  1. Tentunya kalian harus mempunyai software DLC boot itu, kalian dapat download DLC bootnya secara gratis di google.
  2. Siapkan flashdisk, disini saya menggunakan flashdisk 16GB.
  3. Komputer atau laptop.
Jika sudah semua langsung saja kita mulai cara membuat bootable DLC bootnya.

Membuat bootable DLC boot

1. Download terlebih dahulu DLC bootnya jika kalian belum memilikinya, silakan download disini atau disini

2. Jika kalian sudah mendownloadnya, cari file DLCBoot.exe yang sudah download tadi lalu klik kanan dan pilih Run as Administrator. 


Saat sudah klik Run as Administrator, akan muncul tampilan window dimana kalian harus memilih yes atau no, pilih saja yes untuk melanjutkan step selanjutnya. Jika sudah akan muncul tampilan seperti ini, klik OK untuk kita lanjut ke langkah berikutnya.


3. Jika kalian sudah meng-klik OK, akan muncul tampilan utama DLC boot yang dimana sudah terlihat apa aja toolsnya, jika kita ingin membuat bootable kedalam dvd kalian pilih icon DVD/CD di dekat Icon gambar/gallery. 

Karena disini kita ingin membuat bootable menggunakan flashdisk maka kita akan memilih icon USB berwarna Biru tepat disamping tulisan Win Soft.

Lihat gambar dibawah ini jika belum menemukan icon USBnya.


4. Saat kalian mengklik icon USB nya akan muncul tampilan windows seperti ini. Silakan kalian pilih yes untuk melanjutkan process membuat bootable menggunakan flashdisk.


5. Setelah itu kalian disuruh untuk memilih USB atau Flashdisk mana yang akan kalian gunakan untuk membuat bootable, karena disini saya memasukan hanya satu flashdisk maka akan terdeteksi satu flashdisk saja. Jika sudah memilih langsung saja kalian klik Crate.


Setelah kalian meng-klik create, proses pembuatan bootable sedang berjalan kalian dapat menunggunya karena process ini tidak terlalu lama.


6. Selamat process membuat bootable DLC Boot selesai.


Bagaimana mudah bukan untuk membuat bootable DLC boot satu ini, sekain dahulu dari artikel ini semoga dapat bermanfaat yaa.. 

Jika terdapat masalah pada penulisan artikel, atau terdapat link rusak silakan hubungi admin melalui menu contact.


Sekian Terimakasih.
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Cara Membuat Bootable DLC Boot Menggunakan Flashdisk Dengan Mudah"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.