Cara Membuat Bootable Windows 7, Windows 8 dan Windows 10 Menggunakan Flashdisk

Cara Membuat Bootable Windows menggunakan flashdisk - Sebelum kita melakukan installasi sistem operasi windows atau linux tanpa menggunakan CD atau DVD kita harus membuat bootable menggunakan flashdisk terlebih dahulu baik itu windows vista, windows 7, windows 8 ataupun windows 10 ataupun linux sekalipun, sebelum kita masuk ke cara membuat bootable menggunakan flashdisk, kita harus tau sedikit tentang bootable.



Apa itu bootable? 

Bootable adalah fasilitas yang ada pada setiap sistem operasi yang dimana di tempatkan pada media penyimpanan yang berupa flashdisk, CD/DVD ROM atau media penyimpanan lainnya. 


" Kenapa di sebut dengan bootable? "

Karena booting sistem operasi akan melalui first boot yang dimana menggunakan media penyimpanan, agar bisa booting first boot menggunakan media penyimpanan contohnya ingin first boot menggunakan flashdisk, nah kita harus melakukan langkah-langkah yang benar saat mengatur first boot pada bios dibagian menu boot option priorities. Gambar dibawah adalah contoh flashdisk yang akan menjadi first boot saat booting pertama kali.
Cara Membuat Bootable windows menggunakan flashdisk
First boot dengan flashdisk

Cara membuat bootable menggunakan flashdisk

Yang harus di siapkan untuk membuat bootable windows antara lain adalah : 
  • Software untuk bootable bisa menggunakan software Rufus atau YUMI
  • ISO windows atau File sistem operasi windows
  • Flashdisk usahakan memiliki size yang berukuran 4GB atau lebih
  • Satu buat laptop atau komputer untuk melakukan bootable

Tutorial kali ini saya akan membuat bootable menggunakan software aplikasi rufus 
  1. Buka aplikasi rufus, gambar dibawah adalah tampilan aplikasi rufus jika sudah di buka.
  2. Aplikasi Rufus

  3. Klik tombol SELECT untuk memilih file ISO windows yang sudah kalian miliki. 


  4. Jika kalian sudah meng-klik tombol SELECT maka akan terbuka window library, dan cari posisi file iso yang kalian sudah miliki yang nantinya akan dijadikan bootable, jika sudah menemukan file ISO nya silakan klik OK.


  5. Sebelum menekan tombol start pastikan dulu type hdd apa yang kamu pilih, jika harddisk yang kamu punya ber-type MBR maka pilih MBR jika ber-type GPT maka pilih GPT, Jangan sampai kalian salah pilih pada type harddisknya, jika sudah menentukan type harddisknya lalu klik tombol Start. Baca juga : Perbedaan GPT dan MBR pada harddisk


  6. Jika kalian sudah meng-klik tombol start maka proses pembuatan bootable sedang berlangsung, contohnya seperti gambar dibawah ini.


  7. Tanda proses pembuatan bootable telah selesai adalah dengan muncul teks READY pada bar prosesnya, jika sudah selesai cabut flashdiskmu dan silakan lakukan installasi windows pada laptop yang ingin kalian install.


Gimana gan? mudah bukan membuat bootable windows menggunakan flashdisk, untuk membuat bootable linux juga hampir sama seperti cara diatas ko. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang baru pertama kali belajar installasi windows.

Sekian Terimakasih.

Tentang Penulis

Yushandrino Ramadilesta

Hai..Salam kenal saya Yushandrino, saya memiliki ketertarikan tentang dunia IT baik itu dibidang jaringan, hardware, software ataupun Programming. Saya pun ingin memperdalam ilmu pengetahuan saya akan dunia IT yang dimana, suatu saat nanti dapat bermanfaat bagi orang lain sama halnya dengan blog ini. Blog ini saya bangun dengan tujuan membagikan pengalaman atau ilmu yang saya punya dan saya tuangkan kedalam bentuk artikel dan beberapa video, semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat.

Facebook | Whatsapp | Instagram

Subscribe to receive free email updates:

PERHATIAN SEMUANYA

Jika kalian memiliki pertanyaan atau terdapat kendala atau masalah baik itu pada penyampaian kata-kata ataupun kesalahan informasi atau kesalahan pada tutorial di artikel, kalian dapat kontak adminnya langsung disini atau silakan berkomentar dikolom komentar dibawah ini tentunya akan di approve cepat.

0 Response to "Cara Membuat Bootable Windows 7, Windows 8 dan Windows 10 Menggunakan Flashdisk"

Post a Comment

Hai para pembaca setia, Semoga artikel diatas bermanfaat :)
Ingin berkomentar silakan tetapi harus mengikuti aturan yang ada:

1. Berikan komentar yang relevan sesuai dengan artikel di atas ini.
2. Harap tidak berkata kasar dan Dilarang keras berkomentar yang mengandung SARA.
3. Silakan berikan masukan, kritik dan saran untuk artikel di atas atau blog ini agar blog ini bisa lebih baik kedepannya.

Komentarmu dan Followmu sangat berarti untuk peningkatan blog ini :)

Terima kasih sudah berkunjung.