Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Perbedaan MBR dan GPT Pada Harddisk Komputer Atau Laptopmu

Table of Content [Tampil]
Perbedaan MBR dan GPT - Tahukah kalian? kalau Harddisk itu mempunyai dua tipe partisi yaitu partisi MBR dan GPT tapi apakah kalian tahu? Apa perbedaan MBR dan GPT pada harddisk kalian baik itu di komputer atau di laptop mu. Di antara MBR dan GPT pada harddisk tentu mempunyai perbedaannya ntah itu dari kapasitas atau lainnya, mari simak artikel ini untuk mengetahui apa perbedaan harddisk MBR dan GPT.
Perbedaan harddisk MBR dan GPT
Kenapa kita harus melakukan partisi pada harddisk? Mengatur partisi pada sebuah harddisk merupakan tindakan penting, entah itu ketika membeli laptop atau sebuah komputer baru ataupun saat selesai upgrade harddisk di laptop atau komputer mu. 

Apa itu GPT?

GPT (GUID PARTITION TABLE) adalah suatu standar untuk layout dari tabel partisi di hardisk, menggunakan Globally Unique Identifier. MBR atau Master Boot Record dan MBR disk yang memiliki berbagai sektor berisi data booting. Sektor pertama berisi informasi tentang disk dan partisi untuk OS yang digunakan. Namun disk MBR memiliki keterbatasan dan banyak komputer model baru yang bergerak ke GPT disk.

BACA JUGA : Macam Macam Jenis Harddisk

 

Apa itu MBR?

MBR (MASTER BOOT RECORD) adalah tipe yang spesial dari boot sector ketika hardisk komputer pertama kali kamu partisi. MBR-lah yang memegang informasi mengenai logical partition, yang juga berisi file system, dan yang mengatur system tersebut.
Konsep MBR ini sudah ada sejak 1983. System MBR ini hanya dapat mensupport maksimum kapasitas penyimpanan yaitu sebesar 2 TB saja. Seperti yang kita tahu bahwa penyimpanan sekarang sudah banyak yang melebihi kapsitas 2 TB, maka dari itu beberapa proses dari MBR ini sudah mulai digantikan dengan GPT (GUID Partition Table) yang kebanyakan sudah digunakan pada komputer-komputer baru. Dengan Tujuan untuk menyesuaikan dengan sistem yang lama, GPT dapat digunakan berdampingan dengan MBR.

Batasan MBR Disk dan GPT Disk

Perbedaan harddisk MBR dan GPT

Tujuan adanya GPT disk adalah untuk menggantikan MBR disk yang masih mempunyai beberapa kekurangan  salah satunya kekurangan pada MBR disk ialah memiliki batasan limit penyimpanan yang bisa dikatakan sangat kecil untuk saat ini batas yang di miliki MBR disk yaitu sekitar 2 TB atau 2 Terabyte saja. 

Sedangkan untuk GPT disk ini sudah mendukung penyimpanan hingga 9,4ZB dengan dukungan partisi yang bisa mencapat 128 partisi.


Perbedaan MBR Dan GPT Pada Harddisk

  1. MBR disk hanya bisa berisi 4 partisi primary saja sedangkan untuk GPT disk itu bisa berisi mencapai 128 partisi primary.

  2. GPT disk tidak memiliki batasan dalam penyimpanannya  sedangkan untuk MBR disk tidak sanggup untuk mengelola penyimpanan yang lebih dari 2TB.

  3. Jika kamu membutuhkan lebih dari 4 partisi, kamu harus membuat partisi extended pada disk MBR kemudian kamu harus membuat partisi logical, sedangkan untuk GPT disk tidak ada peraturan atau tatanan seperti itu, kamu bisa bebas mengatur partisi baik primary, extended atau logical.

  4. Harddisk bertype GPT hanya dapat digunakan pada sistem operasi windows yang compatibel saja seperti Windows XP 64bit, sedangkan MBR bisa digunakan pada semua sistem operasi baik x86(32bit) atau x64.

Itu penjelasan yang bisa saya sampaikan untuk kalian jika terdapat kesahalan baik kata atau lainnya bisa berikan komentar di bawah, semoga ini bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Sekian Terima kasih.
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Ini Perbedaan MBR dan GPT Pada Harddisk Komputer Atau Laptopmu"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.