Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam macam jenis Harddisk pada komputer dan laptop dan perbedaannya

Jenis Jenis Harddisk Pada Komputer Atau Laptop - Berikut Penjelasan tentang perbedaan dan macam macam  jenis Harddisk IDE, ATA, SATA SCSI pada komputer atau laptop. Harddisk di bagi menjadi berbagai macam berdasarkan port yang digunakan contohnya yaitu ada SATA, ATA, IDE, SCSI

Setiap Harddisk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing dalam kinerja nya, harddisk juga memiliki spesifikasi dalam masing masing harddisknya tersebut. setiap harddisk juga memiliki harga yang berbeda beda tergantung kualitas dari harddisk itu sendiri.

Peran komputer dalam masyarakat saat ini sudah sangat penting bagi kehidupan manusia untuk melakukan berbagai macam perkerjaan yang berhubungan dengan hitungan maupun tidak. Harddisk salah satu komponen PC atau komputer yang memiliki peran penting yang berfungsi sebagai media penyimpanan yang bisa menyimpan macam macam isinya seperti gambar, text, video, music, game dll.

Macam macam Jenis Harddisk Berdasarkan Port yang diGunakan    

1. SATA


Contoh gambar Harddisk SATA
Gambar Harddisk SATA


SATA kepanjangan dari Serial Advanced Technology Attachment, Harddisk tipe ini masih banyak digunakan oleh laptop laptop ataupun perangkat komputer saat ini. 

Bahkan saja SSD (Solid State Drive) yang saat ini semakin populer masih menggunakan tipe sata.  Hardisk SATA atau Serial ATA dirilis pada tahun 2002 dengan interface yg jauh lebih ramping dibanding harddisk IDE ataupun harddisk ATA.

Harddisk tipe sata atau harddisk yang memiliki konektor sata ini memiliki 4 pin untuk transmisi datanya, dan 7 pin tambahan untuk daya atau untuk powernya. SATA II dirilis pada tahun 2004 yang memiliki kemampuan kecepatan transfer mencapai 300MB/s sampai 600MB/s yang didukung oleh Native Command Queing  (NCQ).

NCQ atau Native Command Queing merupakan fitur untuk mengoptimalkan bandwidth tambahan yang dimana pada seri sebelumnya yaitu Harddisk ATA memiliki kecepatan transfer data Sekitar 100MB/s, Maka pada versi atau tipe SATA ini memiliki kecepatan transfer lebih cepat dengan kecepatan hingga 600MB/s.






2. ATA 

Contoh gambar Harddisk ATA
Contoh gambar Harddisk ATA


ATA kepanjangan dari Advanced Technology Attachment. Hardisk ATA juga resmi disebut Paralel ATA (PATA) sejak munculnya harddisk SATA, hal tersebut bertujuan untuk menandakan perbedaan antara keduanya karena sebelumnya hanya disebut ATA.. 
Hardisk jenis atau tipe ATA ini adalah hardisk yang memiliki kapasitas atau ukuran penyimpanan yang kecil. 

Harddisk ini hanya memiliki kapasitas maksimal sebesar 320 GB saja. Harddisk jenis ini sudah jarang digunakan oleh para pengguna komputer desktop ataupun laptop sekarang ini karena kapasitas kecil tersebut. 

Dan juga harddisk ini dinilai tidak praktis dalam pemakaiannya sehingga mulai ditinggalkan oleh para pengguna komputer.

Tetapi harddisk ATA ini memiliki kelebihan yaitu lebih kuat dan lebih awet, namun kekurangan dari harddisk ini adalah kecepatan data transfer yang lambat dan harganya yang lebih sedikit mahal. Harddisk ATA ini memiliki data transfer sekitar sebesar 133 MB/s.



3. IDE

contoh Gambar harddisk IDE
Gambar harddisk IDE

IDE (Integrated Drive Electronics) merupakan standar interface antara bus data motherboard komputer dengan disk storage. Dikembangkan oleh perusahaan yang bernama Western Digital. Perusahaan pengembang ini lalu menggandeng Control Data Corporation dan Compaq Komputer untuk merilis pemakaian perdananya dalam perangkat komputer merek Compaq di tahun 1986.

IDE interface di buat berdasarkan IBM PC Industry Standard Architecture (ISA) 16-bit bus. Interface dari IDE adalah interface untuk storage devices yang dapat teringrasi untuk disk atau CD-ROM drive. 

Walaupun IDE merupakan teknologi yang umum, kebanyakan orang menggunakan istilah IDE untuk merujuk pada spesifikasi ATA. 

Sedangkan AHCI (Advance Host Controller Interface) merupakan mekanisme hardware yang membolehkan software untuk berkomunikasi dengan SATA seperti host bus adapter yang didesain untuk hot-plugin dan native command queuing (NCQ) yang dapat menaikan kemampuan komputer/sistem/hard disk terutama dalam lingkungan multi tasking dengan cara membolehkan drive untuk menjalankan perintah baca tulis yang dikirim secara acak dengan tujuan untuk optimalisasi perpindahan head pada proses pembacaan. 

AHCI telah di dukung oleh berbagai sistem operasi seperti Windows Vista dan Linux kernel 2.6.19. 




4. SCSI

Gambar harddisk SCSIGambar harddisk SCSI
Gambar harddisk SCSI


SCSI kepanjangan dari Small Computer System Interface,  adalah standar yang dibuat untuk keperluan transfer data antara komputer dan periferal lainnya. Standar SCSI mendefinisikan perintah-perintah, protokol dan antarmuka elektrik dan optik yang diperlukan. SCSI menawarkan kecepatan transfer data yang paling tinggi di antara standar yang lainnya. 

SCSI sangat jarang digunakan untuk system desktop pribadi, tetapi untuk para user yang menginginkan performa yang terbaik SCSI adalah solusinya. IDE adalah interface yang lebih umum daripada SCSI.

IDE juga jauh lebih murah. Seiring berjalannya waktu IDE sudah dapat mendekati batas kecepatan SCSI. 

Tetapi, jika anda adalah salah satu dari para user yang menginginkan komputer dengan performa terbaik, SCSI adalah salah satu alasan mengapa anda ingin merakit komputer anda sendiri. 

Jika anda mampu menjalankan SCSI selanjutnya anda seharusnya memiliki SCSI CD ROM Drive sejak SCSI CD ROM Drive tidak terlalu mahal dibandingkan dengan SCSI Interface.

Penggunaan SCSI paling banyak terdapat di hard disk dan tape drive. Namun, SCSI juga terdapat pada scanner, printer, dan peranti optik (DVD, CD, dan lainnya).

Standar SCSI digolongkan sebagai standar yang device independent sehingga secara teoritis SCSI bisa dite¬rapkan di semua tipe hardware.

Berdasarkan tingkat kecepatan putarannya, harddisk jenis sata memiliki kecepatan putaran piringan sekitar 5.400 rpm dan 7.200 rpm. 

Sedangkan hard disk SCSI mampu berputar antara 10.000 s.d. 12.000 rpm.

Tingkat kecepatan putaran piringan harddisk diukur dalam satuan RPM (rotation per minute/putaran per menit). Semakin cepat putaran hard disk, maka jumlah data yang dapat dibaca oleh head semakin banyak. Demikian pula sebaliknya.



Itulah penjelesan untuk perbedaan macam macam harddisk dengan penjelasan singkat semoga dapat bermanfaat untuk kalian yang membacanya. 

Bagikan artikel ini keteman teman anda yang belum tahu tentang macam macam harddisk.

Sekian terimakasih
Shandi
Shandi Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Informasi sedikit dari admin Blog Catatan Shand

Hai, Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini, semoga artikel diblog ini dapat membantu kalian, jika kalian menemukan ada link rusak atau kesalahan dalam memberikan informasi didalam artikel atau diblog ini bisa contact admin langsung Disini.

Atau jika kalian ingin memberikan seperti saran, kritik bisa langsung komentar di kolom komentar atau bisa contact admin langsung Disini atau langsung report admin melalui report page bisa langsung saja Disini


Terima Kasih atas waktunya :).

Berlangganan via Email