Perbedaan 32bit dan 64bit pada windows

Windows merupakan salah satu Sistem operasi (OS) yang paling banyak peminatnya baik itu di kalangan pelajar, mahasiswa, bahkan sampai pekerja pekerja yang menggunakan komputer atau laptop setiap harinya. Entah yang digunakan itu windows 7, windows 8, Windows 10, mungkin masih ada yang menggunakan Windows Vista dan windows XP

Perbedaan 64 bit dan 32 bit pada windows


Dalam windows itu memiliki 2 basis sistem yaitu ada yang 32bit dan juga 64bit user mungkin ada yang tidak memerhatikan dan ada juga yang memerhatikan basis windows yang digunakan apakah itu 32bit atau 64bit, padahal basis windows seperti 32bit dan 64bit itu mempengaruhi dalam kinerja suatu sistem operasi. 

Apa yang dimaksud dengan jumlah bit

Bit adalah kependekan dari "Binary digit" yang berarti digit biner. Bit atau Binary digit adalah unit kesatuan komputer dalam komputasi digital. Komputer tidak menggunakan angka desimal untuk menyimpan data. 

Semua data komputer disimpan dalam angka-angka biner. Sedangkan Jumlah itu sendiri adalah satuan yang digunakan untuk menunjukan ukuran data dalam processor yang di alirkan dari registry databse.

Dalam 1 bit terdiri dari dua nilai dasar komputasi, yaitu nilai 0 dan nilai 1, artinya dalam sistem operasi windows yang berbasis 32bit mampu menampung hingga 64 nilai komputasi, sedangkan windows yang berbasi 64bit berarti dapat menampung 256 nilai komputasi.

Perbedaan 64bit dan 32bit pada sistem operasi windows


1. Kapasitas jumlah RAM yang dapat digunakan

Pada sistem operasi berbasis 32bit dengan 64bit pastinya memiliki perbedaan dan kelebihan masing masing. Sistem operasi yang berbasis 32bit hanya bisa mampu menggunakan RAM (Random Access Memory) dengan berkapasitas yaitu 4GB saja, dan dapat berjalan dengan optimal pada RAM 1GB dan RAM 2GB saja. 

Jika komputer mu sistem operasi windows bebasis 32bit dan memiliki RAM lebih dari 4GB segeralah naikan menjadi 64bit, kenapa? karena pada OS windows berbasis 32bit hanya dapat membaca 4GB sisanya tidak terbaca oleh OS. 

Sistem operasi berbasis 32bit berbeda dengan yang berbasis 64bit, Karena sistem operasi yang berbasis 64bit dapat menampung kapasitas RAM hingga 192GB. Sistem ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki spesifikasi laptop atau komputer yang tinggi, dan cocok untuk melakukan pekerjaan pekerjaan yang berat seperti membuat animasi 3D, atau render, dan yang game yang memiliki spesifikasi tinggi.

Baca juga : Urutan warna kabel crossover dan straight

2. Kinerja atau performa 64bit dan 32bit

Tentu saja teknologi berbasis 64bit itu lebih terbaru daripada yang 32bit. Sebenarnya kinerja dari 64bit dan 32bit itu ditentukan oleh processor itu sendiri. Sistem operasi windows berbasis 32bit dengan prosesor 32bit juga, mempunyai kemampuan di bawah 64 bit. 

Sehingga kombinasi Windows dan prosesor ini hanya cocok untuk melakukan pekerjaan pekerjaan yang ringan dan membuka aplikasi yang tidak terlalu berat. Sekedar browsing nonton youtube dan memainkan game game ringan masih support ko.

Sedangkan untuk sistem operasi windows yang berbasis 64bit sangat cocok untuk digunakan untuk memalukan pekerjaan pekerjaan berat serta aplikasi aplikasi yang berat contoh nya seperti melakukan editing vidio, membuat animasi 3Dimensi(3D), memainkan game yang berat seperti GTAV dll. Jadi jika kalian memiliki laptop atau komputer spesifikasi monster atau Sultan harus wajib meng-install sistem operasi berbasis 64bit.

3. Kompatibilitas software 

Berbicara tentang kompabilitas software yang dapat digunakan 32bit dan 64bit tentunya memiliki perbedaan yang bisa dibilang jauh. Sistem operasi windows yang memiliki basis 32bit tidak bisa menjalankan atau menggunakan software 64bit. Sedangkan, Sistem operasi windows yang berbasis 64bit dapat menjalan atau menggunakan software 32bit dan 64bit, 64bit lebih leluasa untuk kompatibilitas software karena dapat menjalankan software berat.

Baca juga : Macam macam hardware untuk jaringan LAN

Kelebihan dan kekurangan 64bit dan 32bit

Perbedaan 64 bit dan 32 bit pada windows

Kelebihan 32bit 
  • Lebih kompatibel dengan hardware hardware lawas cocok untuk digunakan oleh laptop atau komputer lawas.
  • Dapat bekerja optimal walau  hanya dengan RAM 1GB hingga 2GB

Kekurangan 32bit
  • Tidak bisa membaca RAM yang lebih dari 4GB
  • Tidak dapat menjalankan aplikasi aplikasi berat 

Kelebihan 64bit
  • Cocok digunakan untuk melakukan pekerjaan berat atau gaming
  • Dapat menjalankan software 32 bit dan 64bit
  • Lebih cepat membaca data dan lebih efisien
  • Mampu menampung kapasitas RAM hingga 192GB

Kekurangan 64bit
  • Tidak cocok untuk digunakan oleh laptop atau komputer Lawas

Sekian penjelasan dari artikel Perbedaan 64bit dan 32 bit pada windows Semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya silakan share keteman teman kalian.

Sekian terimakasih.

Tentang Penulis

Yushandrino Ramadilesta

Hai..Salam kenal saya Yushandrino, saya memiliki ketertarikan tentang dunia IT baik itu dibidang jaringan, hardware, software ataupun Programming. Saya pun ingin memperdalam ilmu pengetahuan saya akan dunia IT yang dimana, suatu saat nanti dapat bermanfaat bagi orang lain sama halnya dengan blog ini. Blog ini saya bangun dengan tujuan membagikan pengalaman atau ilmu yang saya punya dan saya tuangkan kedalam bentuk artikel dan beberapa video, semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat.

Facebook | Whatsapp | Instagram

Subscribe to receive free email updates:

PERHATIAN SEMUANYA

Jika kalian memiliki pertanyaan atau terdapat kendala atau masalah baik itu pada penyampaian kata-kata ataupun kesalahan informasi atau kesalahan pada tutorial di artikel, kalian dapat kontak adminnya langsung disini atau silakan berkomentar dikolom komentar dibawah ini tentunya akan di approve cepat.

2 Responses to "Perbedaan 32bit dan 64bit pada windows"

  1. hanya menambahkan kang......Tempat lain yang akan Anda temukan perbedaannya adalah folder Program Files. Pada Windows versi 32-bit, aplikasi akan menginstal ke folder Program Files saja. Sistem 64-bit memiliki folder Program Files (x86) tambahan untuk perangkat lunak 32-bit. Ini karena menulis perangkat lunak untuk arsitektur 32-bit sangat berbeda dengan menulisnya untuk sistem 64-bit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah betul itu, makasih mas/mbak tambahannya akan segera saya update :D

      Delete

Hai para pembaca setia, Semoga artikel diatas bermanfaat :)
Ingin berkomentar silakan tetapi harus mengikuti aturan yang ada:

1. Berikan komentar yang relevan sesuai dengan artikel di atas ini.
2. Harap tidak berkata kasar dan Dilarang keras berkomentar yang mengandung SARA.
3. Silakan berikan masukan, kritik dan saran untuk artikel di atas atau blog ini agar blog ini bisa lebih baik kedepannya.

Komentarmu dan Followmu sangat berarti untuk peningkatan blog ini :)

Terima kasih sudah berkunjung.