Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Cara Install Windows Vista Menggunakan CD Lengkap Dengan Gambar

Table of Content [Tampil]
Cara Install Windows vista. - Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya di tempat PKL saya, Waktu itu saya disuruh oleh pembimbing saya untuk melakukan install ulang di salah satu PC karyawan menggunakan CD awalnya saya bingung tapi setelah saya googling ternyata sama saja seperti install windows lainnya. Dan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya yaitu tentang Cara menginstall windows vista menggunakan CD, memang windows vista terlihat jadul tapi masih ada beberapa orang yang menggunakan windows vista salah satunya di perusahaan tempat PKL saya. Baiklah langsung saja saya beritahu langkah-langkahnya untuk cara menginstall windows vista menggunakan CD.

Sumber : https://tekno.kompas.com/read/2017/04/11/18310067/windows.vista.resmi.berakhir.hari.ini

Pengertian Singkat Windows Vista

Kata Wikipedia Windows vista adalah Sistem operasi berbasis grafis yang dikeluarkan oleh microsoft yang digunakan untuk komputer pribadi, baik itu untuk pengguna rumahan atau pengguna bisnis. Microsoft meluncurkan windows vista pada 8 November 2006 untuk pengguna bisnis, dan 30 Januari 2007 untuk pengguna rumahan.

Cara Menginstall Windows Vista

Sebelum kita menginstall ulang windows vista kita juga harus mempersiapkan segala kebutuhan yang harus di siapkan yaitu : 
  1. Siapkan CD atau DVD 
  2. Siapkan driver driver untuk setiap komponen komponen yang dibutuhkan komputer, seperti paket microsoft, paket adobe dan lainnya.
  3. Lakukan Setting pada BIOS, dengan merubah sistem awal booting pada komputer dengan merubah boot harddisk menjadi CD-ROOM pada menu bios anda lalu save dan exit.
  4. Setelah selesai mengatur atau setting BIOS pada komputer kalian dan sudah menyimpan settingan lalu masukan CD windows vista anda ke CD-ROOM, dan restart komputer mu.

Baiklah langsung saja untuk proses menginstal windows vista nya

1. Siapkan CD windows vista lalu masukkan CD windows vista kedalam DVD-ROM dan setting booting melalui CD-ROM pada BIOS, dengan menekan F1 (tergantung laptop atau PC mu ada yang F2 ada yang delete dll).

2. Setelah selesai setting booting pada BIOS selanjutnya silakan save pengaturannya BIOS-nya lalu akan muncul gambar seperti dibawah ini. 


3. Setelah muncul seperti ini silakan tekan apa saja untuk booting dengan CD atau DVD asal jangan tekan tombol power ya :v. Setelah kalian sudah menekan tombol mana akan muncul tampilan Windows is loading files


4. Setelah Tampilan loading seperti di atas selesai maka akan muncul tampilan loading startup seperti gambar dibawah ini.


5. Jika loading startup selesai maka akan keluar jendela untuk memulai installasi, seperti mengatur bahasa, waktu, dan keyboard. Tampilannya bisa dilihat gambar dibawah ini.


6. Setelah Selesai melakukan setting pada gambar diatas selanjutnya kita klik Next Setelah sudah klik Next maka akan muncul jendela Install now, Seperti gambar dibawah.


7. Akan muncul jendela seperti gambar diatas langsung saja klik Install now  untuk memulai installasi windows vista-nya. Setelah mengklik Install now, Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah.


8. Setelah tampilan Please wait yang seperti gambar diatas selesai maka kita akan disuruh memasukan Product key. Seperti gambar dibawah


9. Setelah selesai mengisikan product key lalu kita pilih Next untuk lanjut ke tahap penginstalan berikutnya, Setelah itu akan muncul jendela License and terms jangan lupa untuk mencentang ( ✔️ ) kotak i accept the license terms lalu jika sudah klik tombol Next. Seperti contoh gambar dibawah


10. Jika sudah klik Next  maka akan muncul pilihan Upgrade dan Custom, Pilih saja Custom.


11. Setelah kita sudah memilih Custom, Langkah selanjutnya adalah akan muncul tampilan untuk memberikan atau membagi partisi untuk partisi system (Local disk C) dan untuk partisi penyimpanan data (Local disk D/E).


12. Setelah muncul kalian bisa format disk-nya, Seperti gambar dibawah.
"Bang ko cuma 16 GB? ngebagi partisinya gimana tuh bang?"
"Iya ini kan cuma buat belajar aja, untuk realnya partisi system membutuhkan kurang lebih 70GB, lalu jika masih ada sisa partisi gunakan semua sisa partisi untuk sebagai tempat penyimpanan atau Locak disk D."

13. Jika sudah memformat disk, selanjutnya klik Next untuk melanjutka proses penginstallan.



14. Jika kalian sudah mengklik Next maka akan muncul jendela Installing windows, seperti gambar dibawah ini.


Di tunggu saja ya :v memang lama loadingnya disini.


Disini adalah proses yang membosankan karena harus menunggu beberapa menit hingga proses nya Completed :(, Menunggu itu engga enak apa lagi menunggu dia yang tidak pasti :'D.

15. Setelah proses menunggu loading yang membosankan itu :'v maka komputer akan me-restart dengan sendirinya atau bisa juga dengan me-restart langsung dengan cara mengklik tombol Restart Now, seperti gambar dibawah ini...


16. Setelah me-restart maka komputer akan kembali menyala dan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, sebaiknya kalian jangan menekan tombol apapun untuk melanjutkan proses installasi windows vista, jika kalian menekan tombol saat tampilan dibawah ini maka kalian akan kembali lagi ke proses Windows is loading files Seperti pada nomer 3 di atas.


17. Setelah kalian membiarkan proses Press any key to boot from CD or DVD. . ., Maka akan muncul tampilan startup windows. Tenang saja bila muncul tampilan startup windows ini, kalian tidak perlu panik karena tidak akan mengulangi proses penginstalan jika kalian saat proses Press any key yang ke dua tidak menekan tombol apa pun.


18. Setelah proses loading startup selesai maka akan muncul tampilan jendela Set up windows yaitu kita disuruh untuk mengisikan nama pengguna dan password (bila perlu, bila tidak perlu tidak perlu diisi untuk passwordnya) dan foto profil.


19. Setelah kalian sudah mengisikan Nama user, password, dan gambar maka selanjutnya kalian meng-klik Next jika sudah meng-klik Next maka akan muncul tampilan untuk mengisi nama komputer mu.


20. Setelah selesai mengisikan Nama komputer maka silakan klik Next dan setelah itu akan muncul jendela untuk mengatur waktu dan tanggal, Jika sudah selesai mengatur waktu dan tanggal klik Next.


21. Jika sudah mengatur tanggal dan waktu dan juga sudah mengklik Next, maka selanjutnya akan muncul pilihan keamanan windows, kita pilih saja Ask me later.


22. Jika kita sudah memilih Ask me later, selanjutnya akan muncul tampilan Thank you, Dan akhirnya proses penginstalan windows vista berhasil selanjutnya kita klik Start.


23. Setelah mengklik tombol Start  maka akan muncul logo windows vista


24. Setelah muncul logo windows vista selanjutnya akan muncul tulisan Welcome 


25. Setelah muncul tulisan Welcome maka akan muncul tulisan Preparing your desktop, itu artinya windows sedang menyiapkan desktop.


26. Setelah tulisan Preparing your desktop akan muncul tampilan desktop windows vista seperti gambar dibawah ini.


27. Dan akhirnya windows vista pun selesai di install dan siap di gunakan, sebelum digunakan kita install dahulu software software nya seperti paket microsoft atau paket adobe atau paket lainnya.

Note : 
Untuk install driver atau install paket microsoft bisa klik link dibawah ini 
  • Aplikasi Driver pack solution untuk driver driver yang belum terinstall pada komputer mu klik Disini.
  • Aplikasi microsoft office 2010 bisa klik disini
  • Aplikasi mircosoft office 2013 bisa klik disini
  • Aplikasi microsoft office 2016 bisa klik disini 
  • Atau ingin membeli paket microsoftnya bisa kunjungi website microsoft :D

Itulah Cara mengintsall windows vista dengan menggunakan CD semoga bermanfaat untuk kalian yang membaca nya ya :D. Jangan lupa untuk share artikel ini dan berikan lah komentar yang relevan :)

Sekian terimakasih.
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Inilah Cara Install Windows Vista Menggunakan CD Lengkap Dengan Gambar"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.