Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Bagaimana Blogger Bisa Menghasilkan Uang Dari Blog

Table of Content [Tampil]

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog - Uang? Siapa sih yang nolak? Bisa mendapatkan uang dari blog tanpa modal rasanya terdengar sedikit mustahil, bukan? Tapi tidak menutup kemungkinan hal itu bisa terjadi bahwa kita bisa ko mendapatkan atau menghasilkan uang dari blog, bahkan hanya bermodalkan blog dengan subdomain blogspot.com gratisan seperti blog ini.

Cara untuk bisa mendapatkan uang dari blog

Pengalaman saya bisa menghasilkan uang dari blog ini cukup membuat saya berkesan. Karena ga nyangka aja bisa mendapatkan uang dari blog ini yang hanya bermodalkan internet, laptop jadul dan skill apa adanya. 

Padahal dulu udah pesimis aja "Ah ga mungkin bisa mendapatkan uang dari blog" tapi setelah mencoba untuk konsisten membuat artikel yang dimana artikel di blog ini merupakan hasil dokumentasi dari belajar saya tentang komputer jaringan sama pengalaman pribadi.

Saat saya mendapatkan sebuah email dari google adsense, yang isinya bahwa pembayaran telah dikirimkan ke rekening dan saya setelah baca itu yaa...sambil senyam senyum sendiri😂, dan itu bisa menjadi suatu moment yang dimana itu bisa menguatkan keyakinan kalau kita itu bisa ko mendapatkan uang dari blog, dan itu bukan hal yang mustahil kalau kita memiliki niat dan kemauan untuk belajar.


Tapi untuk bisa mendapatkan uang dari blog tentunya mudah mudah sulit atau ya gampang gampang sulit gitu dah. Kenapa? karena banyak yang harus kita lewatin terlebih dahulu, salah satunya seperti:

  • Bangun atau buat blog, bisa menggunakan blogger.com ataupun wordpress
  • Mencari Template blogger yang enak dipandang
  • Membuat artikel yang nyaman dibaca oleh pengunjung
  • Optimasi SEO pada blog
  • Research kata kunci atau keyword untuk artikel kita di blog
  • Mencari Traffik atau pengunjung 

Mungkin yang pertama dan kedua bisa dilakukan dengan mudah, tapi bagaimana mana dengan yang lainnya? tidak sedikit orang yang mengeluh karena blog mereka mendapatkan traffik yang kecil atau sedikit, bisa saja itu disebabkan oleh kurangnya optimasi seo pada blog kita atau sedikit orang yang mencari kata kunci blog tersebut maka dari itu research keyword merupakan senjata yang tak boleh dilupakan. 

SEO itu susah? Saya pribadi saya jawab ya susah susah gampang.

Tapi kalau kita ingin belajar pasti bisa ko kita melalui semua itu. Karena sudah banyak tutorial tutorial yang membahas cara membangun sebuah blog untuk pemula atau orang awam dari awal dan itu bukan hanya sekedar 1 atau 2 website saja yang membahasnya. 


Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Lalu darimana saja atau bagaimana caranya kita bisa mendapatkan uang atau menghasilan uang dari blog? Cara untuk kita bisa mendapatkan penghasilan berupa uang dari blog salah satunya adalah:

  1. Jual Produk sendiri
  2. Jual Jasa atau Layanan
  3. Mengikuti Program Affilate
  4. Menjadi publisher iklan seperti memasang Iklan pada blog
  5. Jual Backlink
  6. Mengikuti Lomba blogger
Cukup banyak bukan sumbernya yang bisa kita jadikan sebagai sumber penghasilan untuk blog kita? Jika ada yang ingin menambahkan Silakan ketikan di kolom komentar dibawah yaa. Baiklah Saya akan menjelaskan sedikit penjelasan tentang 6 sumber penghasilan  yang bisa dijadikan sumber penghasilan di blog.

Silakan dibaca perlahan penjelasan singkat dibawah ini.


1. Jual Produk Sendiri

Mungkin saya akan berikan 1 contoh yaitu mas sugeng. Seorang blogger membuat dan menyediakan template template blogger yang fast loading, mobile friendly, Seo Friendly dan pastinya keren.

Dengan kita mempromosikan produk kita di blog, tentunya kita bisa ko mendapatkan penghasilkan dari situ, contohnya ya seperti mas sugeng membuat template dan menjualnya, atau bisa seperti juga arlina design, atau kompi ajaib. 


2. Menjual Jasa Atau Layanan

Kalian yang memiliki skill yang berlebih mungkin contohnya skill desain? itu bisa ko dijadikan sebagai sumber penghasilan blog mu dengan memajang atau memperlihatkan hasil hasil desain mu di blog pribadi mu. 

Jika orang tertarik akan pada desain mu, tentunya orang tersebut akan membeli atau menyewa jasa mu sebagai desainer.

Atau mungkin kalian yang ahli dalam SEO? Itu bisa juga menjadi sumber penghasilan dari blog. Dan pastinya jika kalian memiliki skill Optimasi SEO pada blog itu pasti akan banyak di cari oleh blogger blogger diluar sana yang kesulitan untuk melakukan optimasi seo pada blognya dan sehingga mereka membutuhkan jasa optimasi SEO.


3. Mengikuti Program Affilate

Banyak yang menyediakan program affilate seperi mas sugeng, amazon, lazada dan banyak lainnya. 

Apa sih program affilate itu? 

Program affilate itu adalah salah satu metode bisnis yang dimana kita sebagai yang mengikuti program affilate tersebut, menjual atau memasarkan atau mempromosikan produk dari si pedagang.


Contohnya gini deh, jika kalian menggunakan PC dan melihat sidebar disebelah kanan blog ini terdapat banner kotak yang bertuliskan Tema Blogger bukan? Nah itu salah satu contoh bahwa saya mengikuti program affilate dari mas sugeng. (Baca juga: Template blogspot rasa wordpress)

Lalu darimana uangnya? 

Uang yang kita dapat jika kita mengikuti program affilate tersebut, kita dapatkan dari hasil penjualan produk yang telah kita promosikan ntah itu blog kita ataupun di video kita jika kalian melakukan promosinya menggunakan video. 

Jika ada orang yang membeli suatu produk yang kita promosikan melalui url link kita dan si pembeli benar benar membeli atau sudah membayar produk dari link kita maka kita akan mendapatkan komisi. 


4. Menjadi Publisher Iklan

Maksudnya dari menjadi publisher iklan adalah jika kita memiliki blog atau website kita bisa memasang atau menayangkan iklan pada blog atau website kita. Tapi untuk bisa mendapatkan uang dari publisher iklan tentunya kita juga harus memiliki traffik.
Tidak ada traffik = tidak mendapatkan penghasilan
Karena jika kita tidak memiliki traffik di blog kita, maka akan mustahil kita bisa mendapatkan pendapatan dari sebuah iklan.


5. Menjual Backlink

Backlink secara singkatnya yaitu meletakan hyperlink ntah itu link artikel atapun link halaman webiste kita yang lain yang kita tempatkan pada sebuah artikel dan artikel tersebut kita publish di website statis ataupun blog orang lain.

Manfaatkan backlink tentunya kita akan mendapatkan traffik dari artikel yang sudah kita publish diblog atau website statis orang lain yang dimana isi artikel tersebut sudah kita sisipkan beberapa link yang menuju ke website kita.

Dan menjual backlink ini menurut saya cukup menguntungkan, karena website website besar pastinya akan membuka jasa atau menjual backlink kepada blog atau website membutuhkan backlink untuk meningkatkan traffik mereka. 

Seperti website backlinksatu.com salah satu website yang menjual backlink yang cocok untuk kita gunakan jika kita ingin mendapatkan atau meningkatkan traffic pada blog atau website kita, owner dari backlinksatu.com adalah mas ahmad ansori. Untuk harga sendiri kalian bisa lihat gambar dibawah ini.

sumber: backlinksatu.com

Kalian berminat membeli backlink? silakan chat pribadi mas ahmad ansori ya 😁.


6. Mengikuti Lomba Blogger

Banyak ko saat ini yang membuat lomba untuk para blogger, contohnya seperti exabyte dan juga masterweb yang saat ini sedang membuka lomba blog bagi yang memiliki blog dan ingin mengikutinya.

Tentunya jika kita menang kita akan mendapatkan hadiah yang cukup menggiurkan ntah itu berupa uang ataupun berupa barang.

Kalian sudah tahu kan sekarang darimana saja seorang blogger bisa mendapatkan uang? Jika kalian tertarik kalian mulai saja dulu, nikmatin prosesnya lalu petik hasilnya di kemudian hari.

Mungkin ini saja pembahasan singkat cara blogger mendapatkan uang yang bisa saya sampaikan untuk artikel ini. Jika ada kesalahan kata ataupun kata kata yang kurang tepat mungkin bisa tegur admin melalui kolom komentar ataupun kontak page di blog ini.

Sekian Terimakasih.

Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "6 Cara Bagaimana Blogger Bisa Menghasilkan Uang Dari Blog"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.