Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Punya laptop atau komputer jadul? Manfaatin aja atau Installin Linux aja

Table of Content [Tampil]
Memanfaatkan Komputer dan Laptop Jadul - Siapa yang punya komputer atau laptop jadul? Lebih baik jangan dibuang dulu laptop atau komputer jadulnya itu masih bisa di manfaatkan ko salah satunya kalian simak atau baca artikel ini hingga abis.

Sebelum itu, apakah masih ada komputer atau laptop jadul yang digunakan oleh kalian sekarang pada tahun 2020 ini? mungkin ada yang masih menggunakan komputer atau laptop jadul dan mungkin ada juga yang sudah meninggalkan komputer atau laptop jadulnya.

Laptop jadul yang masih digunakan oleh saya untuk membuat artikel
 
Mungkin ada situasi tertentu dimana beberapa orang masih menggunakan komputer atau laptop jadulnya ntah itu memang hanya ada satu laptop semata wayang dan mau ga mau ya harus menggunakan itu komputer atau laptop jadul ๐Ÿ˜‚, atau mungkin sudah nyaman dengan komputer atau laptop jadul lamanya itu? setiap orang memiliki alasan masing masing kenapa ditahun 2020 ini masih menggunakan komputer atau laptop jadul lamanya itu.

Bahkan saya sendiri pun sampai detik ini kadang masih menggunakan laptop jadul dan masih menulis artikel blog ini menggunakan laptop jadul saya itu hehe๐Ÿ˜.
Sejadul Sekentang apasih laptop saya?
Laptop jadul pertama saya itu adalah Type Eeepc Asus 1015cx, dimana laptop ini memiliki spesifikasi sebagai berikut:
  • Intel atom N2600 1.6Ghz
  • 2GB RAM DDR3 (onboard, tidak bisa di upgrade karena tidak ada slotnya)
  • VGA Intel Graphics Media Accelerator (bisa gaming gta 5 didalam mimpi rata kanan stay 60fps)
  • SSD 128GB (Walaupun jadul tapi #YangPentingSSD, sebelumnya hdd 320GB yang dimana harddisknya itu sudah meninggal alias badsector dimana dimana๐Ÿ˜†)
Kentang banget ya haha, ya itulah laptop jadul pertama saya yang dimana hanya bisa di upgrade dibagian storagenya saja.

Cara manfaatin komputer atau laptop jadul

Apa saja sih yang bisa kita manfaatin di komputer atau laptop jadul itu? Bisa buat game? pendam saja keinginan mu untuk bermain game di laptop jadul itu ๐Ÿ˜… Tapi... Tergantung spesifikasi laptopnya juga sih dan tergantung gamenya juga ada beberapa game yang bisa dijalankan di spesifikasi jadul apalagi jadulnya itu sudah menggunakan ssd jadinya makin ngaciiirrrrrr.....makin wuz wuz..


1. Install Linux untuk sehari hari

Bisa di installkan linux, kenapa harus linux? karena ada beberapa distro linux yang cocok digunakan oleh laptop jadul atau laptop kentang, contohnya:
  • MX Linux
  • Crunchbang Plus Plus
  • Lubuntu
  • Xubuntu
  • dll 
[Sedikit sharing]
Laptop saya yang asus 1015cx itu saya install windows 7 dan saya gunakan keperluan sehari hari seperti digunakan untuk ngetik artikel, nonton video, dengerin music itu kadang suka hang suka freeze sendiri, ntah apa yang salah, lalu saya insatal saja linux yang cocok untuk spesifikasi laptop kentang saya tapi setelah saya install linux dan linux yang saya gunakan itu crunchbang++.

Dan perbedaannya jauh sekali, saya streaming video, music, dan melakukan browsing itu lancar banget..  dan saya kadangpun ngetik artikel menggunakan laptop jadul saya itu. Okei cukup, next.


2.  Jadikan hotspot atau wifi pribadi dirumah

Memangnya laptop bisa dijadikan hotspot atau wifi? ooh tentu tetapi tetap harus memiliki sumber internet ntah itu dari modem GSM 4G, Wifi.id, Wifi tetangga.

cara nembak wifi tetangga bisa juga menggunakan laptop untuk menembak wifinya tetapi perlu alat tambahan seperti di artikel dibawah ini.



3. Jadikan bahan eksperimen

Maksudnya bereksperimen gimana? 

Maksudnya berekperimen bisa mencoba macam macam distro linux, buat kalian yang ada komputer jadul bisa mencoba belajar membuat atau installin NAS di komputer jadulnya itu, Jika kalian install NAS itu bisa menjadi storage pribadi kalian dirumah.

Atau mungkin kalian bisa jadikan pc atau laptop jadul kalian itu menjadi media streaming yang bisa digunakan untuk streaming video ataupun film


4. Jadikan media belajar troubleshooting 

Ntah itu laptop kalian mati atau laptop kalian meiliki penyakit kronis lainnya atau bisa dijakan media pembelajaran installasi sistem operasi windows atau linux itu bisa jadikan sebagai media pembelajaran, nah dari situ kalian bisa belajar bagaimana untuk melakukan troubleshooting pada komputer atau laptop yang memiliki penyakit kronis.

Bisa juga memanfaatkan part lainnya sebagai bahan compare untuk laptop lain atau lebih tepatnya sebagai laptop kanibalan gitu, seperti ram, hdd, lcd, dll.

Siapa tau kan kalian sudah bisa ahli teknisi komputer laptop dan membangun lahan pekerjaan? 


5. Jadikan sebagai Retro game

Game dilaptop jadul? emang bisa?

Ohh tentu bisa tapi bukan game yang berkelas seperti game game triple AAA yaaa,,, Jangan banyak berharap bisa main game GTA V Rata kanan stay 60fps di pentium II ๐Ÿ˜… hehe bisa main gta sa aja udah bersyukur, lebih bersyukur lagi main game GTA SAMP Di server tercinta yaitu jogjagamers.

Game yang dimasksud ini lebih dominan ke game game console jadul seperti game nintendo jadul, Sega, PSP, PS1, dan PS2.


Mungkin ini saja yang bisa saya sharing di artikel kali ini, mungkin dari kalian ingin ada yang menambahkan? tuliskan saja di kolom komentar nanti bisa saya tambah di artikel ini (update artikel).

Jika kalian ingin memberikan saran, kritik, atau masukan untuk blog ini dan artikel atau melakukan report jika ada kesalahan kata atau informasi silakan bisa berikan informasi kepada admin melalui kolom komentar atau page kontak admin disini.

Sekian Terima kasih.
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Punya laptop atau komputer jadul? Manfaatin aja atau Installin Linux aja "

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.