Pengertian Type Hardisk MBR Pada Laptop Atau Komputer Kalian

Pengertian Type MBR Pada Hardisk Di Komputer Atau Laptop -  Tentu kalian sudah tidak asing lagi bukan dengan yang namanya hardisk? di dalam hardisk terdapat 2 type atau 2 format harddisk yaitu hardisk MBR dan hardisk GPT, sekarang kita akan bahas sedikit tentang pengertian type atau format MBR pada harddisk. format atau type MBR ini kalian  temui saat kalian melakukan instalasi sistem operasi di hardisk atau melakukan pembagian partisi saat instalasi.

Pengertian Hardisk Format MBR

Pengertian Hardisk Format Type MBR

MBR yang merupakan singkatan dari Master Boot Record tipe special dari boot sector ketika hardisk komputer pertama kali kamu partisi. MBR memegang informasi tentang logical partisi dimana logical partisi ini berisi file system yang mengatur system tersebut. type atau format mbr ini juga berisi kode exe yang fungsinya adalah sebagai sistem operasi yang berdiri sebagai rantai untuk mengatur partisi. System MBR ini hanya bisa men-support kapasitas sebesar 2TB (dua Terabyte), konsep mbr ini ada sejak tahun 1983.

Seperti yang kita tahu bahwa penyimpanan sekarang sudah banyak yang lebih dari 2TB, dan teknologi mbr tentunya tergantikan, yang digantikan oleh GPT (Guid Partition Table). Tapi walaupun mbr digantikan oleh gpt, mbr dan gpt, teknologi gpt bisa berdampingan dengan mbr untuk menyesuaikan teknologi yang lama.

Baca juga : Perbedaan Hardisk Format GPT dan MBR 


Fungsi Format atau Type MBR Pada Hardisk


Hardisk yang memiliki type atau format MBR mempunyai peran sangat penting saat proses booting, fungsinya antara lain adalah :

  • mbr mencari partisi yang aktif, maksudnya adalah partisi yang menyimpan informasi booting dan melakukan booting.
  • mbr mencari sector utama dari partisi yang sudah di anggap aktif oleh mbr tujuannya adalah untuk mendapatkan boot sector dari partisi aktif tersebut.
  • menyimpan boot sector dari partisi yang aktif kedalam memory.
  • mbr memberikan kontrol lalu selanjutnya kepada kode yang dapat di jalankan didalam boot sector.

Skema Hardisk bertype atau berformat MBR 


pengertian Hardisk type MBR

Pada type atau format mbr pada harddisk terdapat sebuah tabel partisi seperti gambar dibawah:
  • Primary Partition ini adalah tipe partisi yang paling utama pada hardisk bertype mbr, partisi ini melakukan proses booting untuk masuk kedalam sistem operasi. Dalam setiap hardisk bertype atau berfomat mbr, jumlah partisi primary hanya batasi 4 saja.

  • Extended partition adalah bagian partisi utama yang fungsinya untuk merangkap logical partition. Jumlah extended partition ini pada hardisk hanya terdapat 1 di setiap harddisk.

  • Logical partition partisi ini tidak dapat menjalankan proses booting, hanya dapat menyimpan data saja. Jumlah logical partition tidak terbatas di setiap hardisk.
Inilah artikel dari pengertian mbr pada hardisk komputer atau laptop kalian, sekian dari artikel ini semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silakan tanyakan di kolom komentar atau kontak saya di menu kontak.

Sekian Terimakasih.

Tentang Penulis

Yushandrino Ramadilesta

Hai..Salam kenal saya Yushandrino, saya memiliki ketertarikan tentang dunia IT baik itu dibidang jaringan, hardware, software ataupun Programming. Saya pun ingin memperdalam ilmu pengetahuan saya akan dunia IT yang dimana, suatu saat nanti dapat bermanfaat bagi orang lain sama halnya dengan blog ini. Blog ini saya bangun dengan tujuan membagikan pengalaman atau ilmu yang saya punya dan saya tuangkan kedalam bentuk artikel dan beberapa video, semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat.

Facebook | Whatsapp | Instagram

Subscribe to receive free email updates:

PERHATIAN SEMUANYA

Jika kalian memiliki pertanyaan atau terdapat kendala atau masalah baik itu pada penyampaian kata-kata ataupun kesalahan informasi atau kesalahan pada tutorial di artikel, kalian dapat kontak adminnya langsung disini atau silakan berkomentar dikolom komentar dibawah ini tentunya akan di approve cepat.

0 Response to "Pengertian Type Hardisk MBR Pada Laptop Atau Komputer Kalian"

Post a Comment

Hai para pembaca setia, Semoga artikel diatas bermanfaat :)
Ingin berkomentar silakan tetapi harus mengikuti aturan yang ada:

1. Berikan komentar yang relevan sesuai dengan artikel di atas ini.
2. Harap tidak berkata kasar dan Dilarang keras berkomentar yang mengandung SARA.
3. Silakan berikan masukan, kritik dan saran untuk artikel di atas atau blog ini agar blog ini bisa lebih baik kedepannya.

Komentarmu dan Followmu sangat berarti untuk peningkatan blog ini :)

Terima kasih sudah berkunjung.