Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Type Hardisk MBR Pada Laptop Atau Komputer Kalian

Pengertian Type MBR Pada Hardisk Di Komputer Atau Laptop -  Tentu kalian sudah tidak asing lagi bukan dengan yang namanya hardisk? di dalam hardisk terdapat 2 type atau 2 format harddisk yaitu hardisk MBR dan hardisk GPT, sekarang kita akan bahas sedikit tentang pengertian type atau format MBR pada harddisk. format atau type MBR ini kalian  temui saat kalian melakukan instalasi sistem operasi di hardisk atau melakukan pembagian partisi saat instalasi.

Pengertian Hardisk Format MBR

Pengertian Hardisk Format Type MBR

MBR yang merupakan singkatan dari Master Boot Record tipe special dari boot sector ketika hardisk komputer pertama kali kamu partisi. MBR memegang informasi tentang logical partisi dimana logical partisi ini berisi file system yang mengatur system tersebut. type atau format mbr ini juga berisi kode exe yang fungsinya adalah sebagai sistem operasi yang berdiri sebagai rantai untuk mengatur partisi. System MBR ini hanya bisa men-support kapasitas sebesar 2TB (dua Terabyte), konsep mbr ini ada sejak tahun 1983.

Seperti yang kita tahu bahwa penyimpanan sekarang sudah banyak yang lebih dari 2TB, dan teknologi mbr tentunya tergantikan, yang digantikan oleh GPT (Guid Partition Table). Tapi walaupun mbr digantikan oleh gpt, mbr dan gpt, teknologi gpt bisa berdampingan dengan mbr untuk menyesuaikan teknologi yang lama.

Baca juga : Perbedaan Hardisk Format GPT dan MBR 


Fungsi Format atau Type MBR Pada Hardisk


Hardisk yang memiliki type atau format MBR mempunyai peran sangat penting saat proses booting, fungsinya antara lain adalah :

  • mbr mencari partisi yang aktif, maksudnya adalah partisi yang menyimpan informasi booting dan melakukan booting.
  • mbr mencari sector utama dari partisi yang sudah di anggap aktif oleh mbr tujuannya adalah untuk mendapatkan boot sector dari partisi aktif tersebut.
  • menyimpan boot sector dari partisi yang aktif kedalam memory.
  • mbr memberikan kontrol lalu selanjutnya kepada kode yang dapat di jalankan didalam boot sector.

Skema Hardisk bertype atau berformat MBR 


pengertian Hardisk type MBR

Pada type atau format mbr pada harddisk terdapat sebuah tabel partisi seperti gambar dibawah:
  • Primary Partition ini adalah tipe partisi yang paling utama pada hardisk bertype mbr, partisi ini melakukan proses booting untuk masuk kedalam sistem operasi. Dalam setiap hardisk bertype atau berfomat mbr, jumlah partisi primary hanya batasi 4 saja.

  • Extended partition adalah bagian partisi utama yang fungsinya untuk merangkap logical partition. Jumlah extended partition ini pada hardisk hanya terdapat 1 di setiap harddisk.

  • Logical partition partisi ini tidak dapat menjalankan proses booting, hanya dapat menyimpan data saja. Jumlah logical partition tidak terbatas di setiap hardisk.
Inilah artikel dari pengertian mbr pada hardisk komputer atau laptop kalian, sekian dari artikel ini semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silakan tanyakan di kolom komentar atau kontak saya di menu kontak.

Sekian Terimakasih.
Shandi
Shandi Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Informasi sedikit dari admin Blog Catatan Shand

Hai, Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini, semoga artikel diblog ini dapat membantu kalian, jika kalian menemukan ada link rusak atau kesalahan dalam memberikan informasi didalam artikel atau diblog ini bisa contact admin langsung Disini.

Atau jika kalian ingin memberikan seperti saran, kritik bisa langsung komentar di kolom komentar atau bisa contact admin langsung Disini atau langsung report admin melalui report page bisa langsung saja Disini


Terima Kasih atas waktunya :).

Berlangganan via Email