Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memblokir User Hotspot Mikrotik Menggunakan Mac Address

Table of Content [Tampil]
Memblokir user Hotspot Di Mikrotik Menggunakan Mac Address - Selain dari IP address kita juga bisa memblokir user menggunakan mac address di mikrotik, dengan cara ini device mac address user yang sudah kita blokir pasti nantinya tidak dapat mendapatkan akses internet. Kenapa kita tidak blokir IP address saja? Sebetulnya bisa kita blokir user dengan menggunakan IP address, tetapi ip address setiap beberapa waktu akan berganti dan sebenarnya mac address pun bisa juga diganti tapi tidak mudah mengganti ip.

Cara untuk memblokir user dengan menggunakan mac address cukup mudah ko, jika kalian pernah memblokir user menggunakan IP address pasti kalian sudah bisa dengan cara blokir user menggunakan mac address.




Baiklah langsung saja kita coba bagaimana cara memblokir user hotspot mikrotik dengan menggunakan mac address.

Blokir User Hotspot Mikrotik Dengan Mac Address

1. Pertama, kalian buka terlebih dahulu winbox kalian dan masuk kedalam settingan mikrotik kalian.

2. Selanjutnya kalian buka IP ➤ DHCP Server lalu pilih tab menu lease, jika sudah kalian akan melihat berapa banyak user yang terkoneksi di mikrotik kalian. 



dibawah adalah gambar yang terkoneksi di jaringan wifi saya.



Di dalam jaringan wifi saya sudah terdapat 3 user yang terkoneksi kedalam jaringan, nah sekarang kita akan coba untuk memblokir user hotspot ini dengan menggunakan mac address aagar si client tidak dapat mendapatkan internet.

User yang saya akan blokir adalah yang memiliki host name yus yang dimana itu adalah laptop saya yang terhubung dan yang saya gunakan ini. Jika kalian sudah menentukan user  mana yang ingin kalian blokir mac addressnya kalian hanya tinggal klik 2x di tab user yang ingin kalian blokir.

Baca juga : Cara blokir website menggunakan layer 7 protocol

Jika sudah klik 2x ip mac addressnya dan jika sudah silakan kalian klik kanan dan pilih copy, jika sudah kalian klik copy maka kalian bisa klik ok atau tekan tanda silang.


3. Okei, selanjutnya jika kalian sudah meng-copy mac address user yang ingin kalian blokir langkah selanjutnya kalian klik IP ➤ Firewall pilih menu tab Filter rule 


4. Selanjutnya pada menu tab filter rules, jika klik tombol tanda tambah lalu saat muncul jendela new firewall rule, klik menu tab advanced lalu pada bagian src. Mac Address kalian pastekan mac address user yang sudah kalian copy tadi.

seperti gambar dibawah contohnya, Jika sudah lanjut kalian ke menu tab action.


5. Jika sudah di menu tab action, di bagian action kalian pilih drop jika sudah langsung saja klik apply dan klik ok.


Jika semua step sudah di lakukan sekarang kalian coba apakah user benar benar sudah tidak mendapatkan koneksi internet? 

Bagaimana mudah bukan? memblokir user menggunakan mac address. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua ya..

Jika terdapat kesalahan dalam artikel baik itu informasi, tutorial kalimat bisa di iinfo kan ke admin bisa melalui kolom komentar atau bisa menggunakan hubungi admin di tab contact.

Sekian terimakasih.
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Cara Memblokir User Hotspot Mikrotik Menggunakan Mac Address"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.