Cara Menginstall Winbox Tanpa Menggunakan Wine Di Linux

Cara Install Winbox Tanpa Wine Di Linux - Selain menggunakan wine di linux, kita juga dapat mengiinstall winbox itu tanpa menggunakan wine, alias langsung terinstall di linux. Seperti yang kita tahu kalau winbox itu adalah software utility yang diperlukan untuk melakukan konfigurasi dan melakukan remote pada alat atau devie mikrotik. 

Seperti yang kita tahu, jika kita mengunjungi situs mikrotik.com dan ingin mendownload winbox disana, kita dapat melihat kalau winbox itu hanya tersedia pada ekstensi .exe bukan .deb dll, itu artinya mikrotik itu sendiri belum menyediakan aplikasi winbox khusus untuk sistem operasi open source yaitu linux.

Jadi tutorial ini adalah tutorial menginstall winbox di linux tanpa wine, tapi sebenarnya lebih mudah untuk os linux, dan juga sebenarnya winbox for linux itu yang selama ini kita tahu gabungan antara winbox.exe dengan wine, maka dari itu ekstensinya yaitu .deb. Tapi winbox for linux hanya untuk linux debian dan juga ubuntu dan turunannya saja. Oke kita langsung saja ke tutorialnya yaaa...

Baca juga : Install winbox dengan menggunakan wine

1. Pertama, kalian harus mendownload filenya terlebih dahulu, silakan kalian download filenya disini.

2. Jika sudah di download, kalian buka terminal kalian masing masing, membuka terminal itu ada dua cara bisa menggunakan shortcut keyboard yaitu CTRL + Alt + T  atau mencarinya di menu aplikasi linux kalian masing masing.

3. Jika sudah membuka terminal silakan kalian masuk kedalam mode root, disini saya menggunakan xubuntu 18.04 maka perintah untuk mode root adalah
sudo su
Jika kalian menggunakan debian, perintah untuk masuk mode root itu kalau tidak salah adalah su 

4. Jika sudah masuk kedalam mode root, silakan kalian masuk kedalam folder letak file yang sudah kalian download tadi, contoh saya meletakan file nya di dalam folder Downloads, maka perintah masuk kedalam sebuah folder adalah
cd (nama folder)
Contoh : cd Downloads 

Nah, itu dia filenya yang berwarna magenta / merah mudah, Jika kalian sudah masuk kedalam sebuah folder silakan ketikan perintah 
ls
Untuk melihat isi dari folder atau directory tersebut.

5. Jika sudah tahu difolder atau di directory mana file tersebut silakan kalian masukan perintah seperti dibawah ini:
dpkg -i winbox4lin.deb

6. Jika kalian sudah memasukan perintah yang diatas, silakan ketikan perintah selanjutnya:
apt-get install -f
 7. Jika kalian sudah menginstallnya, silakan kalian cari di meu aplikasi linux kalian masing masing, apakah winboxnya sudah benar benar terinstall atau belum?

Dan hasilnya adalah:
Winboxnya sudah berhasil kita install..

Bagaimana? mudah bukan? Lebih mudah install menggunakan wine atau tanpa menggunakan wine? itu terserah selera kalian masing masing yaaa, kalau sih lebih nyaman menggunakan wine :D

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, maaf jika ada kesalahan kata atau kesalahan pada tutorial, silakan report ke admin jika ada masalah melalui kolom komentar atau chat admin langsung bisa juga melalui contact me.

Sekian Terimakasih.

Tentang Penulis

Yushandrino Ramadilesta

Hai..Salam kenal saya Yushandrino, saya memiliki ketertarikan tentang dunia IT baik itu dibidang jaringan, hardware, software ataupun Programming. Saya pun ingin memperdalam ilmu pengetahuan saya akan dunia IT yang dimana, suatu saat nanti dapat bermanfaat bagi orang lain sama halnya dengan blog ini. Blog ini saya bangun dengan tujuan membagikan pengalaman atau ilmu yang saya punya dan saya tuangkan kedalam bentuk artikel dan beberapa video, semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat.

Facebook | Whatsapp | Instagram

Subscribe to receive free email updates:

PERHATIAN SEMUANYA

Jika kalian memiliki pertanyaan atau terdapat kendala atau masalah baik itu pada penyampaian kata-kata ataupun kesalahan informasi atau kesalahan pada tutorial di artikel, kalian dapat kontak adminnya langsung disini atau silakan berkomentar dikolom komentar dibawah ini tentunya akan di approve cepat.

0 Response to "Cara Menginstall Winbox Tanpa Menggunakan Wine Di Linux"

Post a Comment

Hai para pembaca setia, Semoga artikel diatas bermanfaat :)
Ingin berkomentar silakan tetapi harus mengikuti aturan yang ada:

1. Berikan komentar yang relevan sesuai dengan artikel di atas ini.
2. Harap tidak berkata kasar dan Dilarang keras berkomentar yang mengandung SARA.
3. Silakan berikan masukan, kritik dan saran untuk artikel di atas atau blog ini agar blog ini bisa lebih baik kedepannya.

Komentarmu dan Followmu sangat berarti untuk peningkatan blog ini :)

Terima kasih sudah berkunjung.