Cara Install Winbox Di Linux Menggunakan Wine

Bagaimana Cara Menginstall Aplikasi Winbox Di Linux - Jika kalian pernah melakukan konfigurasi mikrotik pastinya kalian kenal dengan aplikasi untuk melakukan konfigurasi mikrotik tersebut aplikasinya yaitu winbox. Seperti yang kita sering lihat mungkin pengguna winbox menjalakan atau running aplikasinya itu di windows dan sedikit orang yang menggunakannya di linux.

Tapi sebenarnya baik itu di jalankan di windows ataupun dijalankan di linux, tetap saja fungisnya sama, hanya saja cara menginstall aplikasinya saja yang berbeda. Lalu bagaimana cara kita menginstall aplikasi winbox itu di linux?

Cara menginstall winbox di linux itu ada dua sebenarnya, ada yang melalui perantara yaitu menjalankan winbox dibantu dengan aplikasi wine ada juga yang tanpa aplikasi wine, tapi kali ini kita akan menginstall dan menjalankan winbox dengan menggunakan aplikasi wine. Baiklah langsung saja kita ke tutorialnya. (Baca juga : Install Winbox Tanpa Menggunakan Wine).

Baca juga : partisi - partisi yang terdapat di linux

1. Pertama, kalian buka terlebih dahulu terminal dilinux kalian yaa, ada dua cara membuka terminal di linux yaitu dengan menekan tombol CTRL + Alt + T atau bisa kalian cari di menu aplikasi linux kalian.

Jika kalian sudah membuka terminal nya, selanjutnya kalian harus masuk kedalam mode root untuk menginstall aplikasi winenya 

karena saya memakai xubuntu jadi di ubuntu untuk masuk kedalam mode root adalah :
sudo su

2. Jika sudah masuk kedalam mode root, selanjutnya kalian install winenya terlebih dahulu, perintahnya ada dua silakan kalian pilih mau yang mana, perintahnya yaitu:
apt-get install wine atau apt-get install wine-stable
Disini saya menggunakan wine-stable, silakan kalian pilih salah satu perintah diatas.


3. Jika kalian sudah selesai install wine, selanjutnya kalian download winboxnya di website  https://mikrotik.com atau kalian bisa klik disini.

4. Jika kalian sudah selesai download winboxnya, kalian masuk terlebih dahulu folder / directory yang ada aplikasi winbox yang sudah kalian download tadi. Disini aplikasi winbox saya otomatis akan masuk kedalam folder Downloads, caranya gimana biar kita bisa masuk kedalam folder melalui terminal?
cd [nama folder]
Contohnya : cd Downloads
Jika kalian sudah masuk kedalam folder, lihat terlebih dahulu apakah aplikasi winboxnya ada didalam folder tersebut? perintahnya adalah:
ls
Jika kalian sudah mengetikan perintah tersebut dan menekan enter maka akan muncul isi dari folder tersebut. Contohnya dibawah ini.


Seperti yang kalian lihat bahwa winbox saya ada di folder Downloads, nah bagaimana dengan kalian? apakah sama? jika sama, sekarang kita akan menjalankan winboxnya menggunakan wine.

5. Kembali lagi dengan terminal kita masing masing, nah untuk menjalankannya kita harus memenuhi syarat nya yaitu : sudah berada di folder yang isinya terdapat aplikasi winbox, sudah terinstall wine. 

Jika syarat itu sudah di penuhi semua, maka kita akan menjalankannya dengan menuliskan perintah:
wine winbox.exe

jika kalian sudah mengetikkan perintahnya silakan kalian tekan Enter. Dan tunggu . . . 


Dan hasilnya, winbox berhasil dibuka.


Bagaimana susah tidak menginstall winboxnya? Semoga dapat bermanfaat ya artikel ini, maaf jika ada kesalahan penyampaian kata kata yang kurang dimengerti dan kata kata yang terdapat kesalahan.

cinta saja tidak ada yang sempurna, begitupun dengan artikel ini 😀.

Silakan berikan report jika terjadi atau masalah didalam tutorial dengan melalui kolom komentar dibawah atau klik disini.

Sekian terimakasih.

Tentang Penulis

Yushandrino Ramadilesta

Hai..Salam kenal saya Yushandrino, saya memiliki ketertarikan tentang dunia IT baik itu dibidang jaringan, hardware, software ataupun Programming. Saya pun ingin memperdalam ilmu pengetahuan saya akan dunia IT yang dimana, suatu saat nanti dapat bermanfaat bagi orang lain sama halnya dengan blog ini. Blog ini saya bangun dengan tujuan membagikan pengalaman atau ilmu yang saya punya dan saya tuangkan kedalam bentuk artikel dan beberapa video, semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat.

Facebook | Whatsapp | Instagram

Subscribe to receive free email updates:

PERHATIAN SEMUANYA

Jika kalian memiliki pertanyaan atau terdapat kendala atau masalah baik itu pada penyampaian kata-kata ataupun kesalahan informasi atau kesalahan pada tutorial di artikel, kalian dapat kontak adminnya langsung disini atau silakan berkomentar dikolom komentar dibawah ini tentunya akan di approve cepat.

0 Response to "Cara Install Winbox Di Linux Menggunakan Wine"

Post a Comment

Hai para pembaca setia, Semoga artikel diatas bermanfaat :)
Ingin berkomentar silakan tetapi harus mengikuti aturan yang ada:

1. Berikan komentar yang relevan sesuai dengan artikel di atas ini.
2. Harap tidak berkata kasar dan Dilarang keras berkomentar yang mengandung SARA.
3. Silakan berikan masukan, kritik dan saran untuk artikel di atas atau blog ini agar blog ini bisa lebih baik kedepannya.

Komentarmu dan Followmu sangat berarti untuk peningkatan blog ini :)

Terima kasih sudah berkunjung.