Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahuilah Perbedaan Antara Frekuensi Jaringan 2.4GHz Dan 5GHz

Perbedaan Frekuensi Jaringan 2.4GHz Dan 5GHz - Tahukah kalian? jaringan yang kita pakai sehari hari memiliki frekuensinya yang berbeda beda lho, ada yang memiliki frekuensi jaringan 2.4Ghz dan juga ada yang memiliki frekuensi jaringan 5Ghz. Misalnya pada Wi-Fi, saat ini frekuensi pada wifi sudah bertambah ada frekuensi 2.4Ghz dan juga 5Ghz. 


Jika dirumah kalian ada Wi-Fi menggunakan frekuensi berapakah WiFi kalian itu? 2.4Ghz atau 5Ghz? Tapi apasih perbedaan frekuensi jaringan antara 2.4Ghz dengan 5Ghz, kalian tahu apa perbedaanya? tentunya antara frekuensi 2.4Ghz dengan 5Ghz pastinya memiliki kelebihan serta kekurangan nya masing masing. Langsung saja kita caritahu apa perbedaan frekuensi 2.4Ghz dengan frekuensi 5Ghz.


Perbedaan Frekuensi 2.4Ghz dengan 5Ghz

Perbedaan frekuensi 2.4Ghz dan 5Ghz
Sumber : https://www.quora.com/Why-is-my-2-4-GHz-WiFi-faster-than-my-5-GHz

Perbedaan frekuensi berpengaruh terhadap bentuk gelombang radio, kalian bisa lihat gambar gelombang radio di atas. Pada frekuensi 2.4Ghz panjang gelombangnya lebih jauh dibandingkan dengan frekuensi 5Ghz, tapi untuk kepadatan pada gelombang radionya di frekuensi 5Ghz terlihat jelas bahwa Frekuensi 5Ghz memiliki kepadatan yang lebih padat dari pada frekuensi 2.4Ghz.

Baca juga : Nembak Wifi Menggunakan Router Yang Ramah Di Kantong

Perlu kalian ketahui saat membeli sebuah perangkat jaringan contohnya router, pastikan perangkat tersebut juga harus sejenis dengan frekuensinya, contoh singkatnya jika kita memiliki sebuah perangkat jaringan dan perangkat tersebut hanya bisa menerima sinyal 2.4Ghz saja, tentunya perangkat tersebut tidak bisa menerima sinyal atau frekuensi 5Ghz. 

selain panjang dan kepadatan gelombang, ada faktor lain yang dapat membedakan kedua frekuensi tersebut dan yang membedakan itu adalah interferensi sinyal. Interferensi adalah sinyal pengganggu yang tidak di inginkan yang dimana sinyal frekuensinya saling berdekatan dengan sinyal yang di inginkannya serta memiliki daya yang kuat atau besar. 

contohnya jika kalian memiliki wifi dan kalian ingin menyebarkan dengan channel 11 (2.4ghz) misalnya kepada rumah teman kalian atau kepada tetangga, otomatis kalian harus menangkap sinyal 2.4ghz yang digunakan di channel 11 dan pastinya kalian akan menyebarkannya kembali bukan? nah jika kalian sudah menangkap sinyal yang menggunakan channel 11 dan menyebarkannya lagi dengan channel yang sama itu bisa terjadi interferensi sinyal. 

Jadi bagaimana solusinya? solusinya adalah pada saat kalian ingin menangkap sinyal wifi dan membagikannya kembali, pastikan saat sudah kalian tangkap sinyal tersebut yang misalnya menggunakan channel 11 (2.4ghz) saat kalian ingin melakukan penyebaran sinyal kembali gunakan channel yang berbeda agar tidak terjadi interferensi sinyal.

selain interferensi sinyal, faktor selanjutnya yang membedakan frekuensi 2.4ghz dengan 5ghz adalah lingkup sinyal. Kenapa lingkup sinyal? karena dengan adanya lingkup sinyal yang berbeda antara kedua frekuensi. contohnya adalah jika kalian memasang wifi yang menggunakan frekuensi 2.4ghz maka kalian akan mendapatkan lingkup sinyal yang luas dari pada frekuensi 5ghz yang memiliki lingkup sinyal yang pendek. 

bisa kita lihat di kedua perbedaan diatas terlihat bahwa frekuensi jaringan 2.4ghz memiliki keunggulan dibandingkan dengan frekuensi jaringan 5ghz, tapi pada faktor terakhir ini frekuensi jaringan 5ghz memiliki keunggulan dibandingkan dengan frekuensi 2.4ghz, apa keunggulan yang dimiliki frekuensi 5ghz itu?

Baca juga : 


salah satu keunggulan di frekuensi 5ghz dalam membedakan frekuensi jaringan 2.4ghz dengan frekuensi jaringan 5 ghz adalah dalam penggunaannya. Pada frekuensi jaringan 5Ghz memiliki spektrum yang lebih luas dalam penggunaan sinyalnya dan tidak mempunyai banyak gangguan, sehingga pada frekuensi 5ghz ini cocok untuk streaming video, bermain game, serta melakukan download file karena frekuensi 5Ghz cocok digunakan pada penggunaan bandwidth yang besar. Sedangkan frekuensi 2.4ghz cocok untuk browsing browsing dan membuka serta mengirim email.

Mungkin ini yang dapat saya sampaikan jika ada kesalahan mohon maaf yang sebesar besarnya, admin juga manusia pernah melakukan kesalahan 😂. Jika ada yang salah dalam artikel ini kalian bisa beritahukan admin melalui kolom komentar atau bisa juga kontak admin disini untuk memberikan saran atau koreksian baik itu pada artikel ataupun pada blog ini.

Sekian terimakasih.
Shandi
Shandi Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Informasi sedikit dari admin Blog Catatan Shand

Hai, Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini, semoga artikel diblog ini dapat membantu kalian, jika kalian menemukan ada link rusak atau kesalahan dalam memberikan informasi didalam artikel atau diblog ini bisa contact admin langsung Disini.

Atau jika kalian ingin memberikan seperti saran, kritik bisa langsung komentar di kolom komentar atau bisa contact admin langsung Disini atau langsung report admin melalui report page bisa langsung saja Disini


Terima Kasih atas waktunya :).

Berlangganan via Email