Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tujuan dan macam macam komponen dari komunikasi data

Table of Content [Tampil]
Tujuan dan macam macam komponen dari komunikasi data - Komunikasi di kalangan masyarakat memiliki tujuan yang positif dan ada juga yang memiliki tujuan yang negatif itu tergantung bagaimana diri kita sendiri untuk memanfaatkan komunikasi. Komunikasi data juga memiliki kelebihan dan kekurangannya. 

Data adalah informasi yang disajikan dengan isyarat digital biner dalam bentuk 0 dan 1.

Komunikasi adalah pertukaran data antara dua perangkat atau lebih melalui media transmisi tertentu contohnya media kabel. 

Komunikasi data adalah proses pengiriman informasi di antara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching, bisa antara komputer dan komputer, komputer dengan terminal, atau komputer dengan peralatan, atau peralatan dengan peralatan.

Komunikasi data saat ini menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, karena telah diterapkan dalam berbagai bentuk komunikasi contohnya : komunikasi antar komputer yang populer dengan istilah internet, Handphone ke komputer, Handphone ke Handphone, komputer atau handphone keperangkat lain misal: printer, fax, telpon, camera video dan sebagainya.

Baca juga : 

Tujuan Komunikasi data 

Tujuan dari komunikasi data ialah: 

1. Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar efesien, tanpa kesalahan dan ekonomis darisuatu tempat ketempat yang lain.


2. Memungkinkan penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukung dari jarak jauh (remotecomputer use).

3. Memungkinkan penggunaan komputer secara terpusat maupun secara tersebar sehinggamendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi maupun sentralisasi.

4. Mempermudah kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam berbagaimacam sistem komputer.

5. Mengurangi waktu untuk pengolahan data.

6. Mendapatkan data langsung dari sumbernya (mempertinggi keahlian)

7. Mempercepat penyebarluasan informasi.

Komponen komunikasi data

contoh komponen komunikasi data
Sumber : http://www.materitkj.com/2014/11/macam-macam-komponen-komunikasi-data.html


1. Sumber (source) 
Suatu alat atau suatu komponen yang dapat membangkitkan data atau informasi yang akan di transmisikan, dapat berupa alat input pada komputer. Alat dapat mengubah informasi video, audio, teks menjadi saluran data untuk di proses atau di serahkan pada sistem komputer.

2. Pengirim (transmitter)
Suatu alat untuk memproses data atau informasi yang berasal dari sumber (source) agar dapat di salurkan oleh media transmisi ataupun sistem transmisi.

Dalam bentuk fisik nya dapat berupa komputer personal yang dapat mengolah segala bentuk informasi atau data, atau secara khusus dapat berupa pesawat telepon untuk komunikasi dengan informasi dalam bentuk suara (voice).

3. Sistem transmisi 
Yang dimaksud sistem transmisi adalah  berupa jalur transmisi tunggal (single transmission line) atau jalur kompleks (complex network) yang dapat menghubungkan sistem sumber dengan sistem tujuan, secara fisik dapat berupa media wireline atau media wireless.

Jalur transmisi tunggal, maksudnya ialah antara perangkat pengirim(transmitter) dan penerima(receiver) itu satu jenis media dalam satu segmen jaringan. Sedangkan maksud dari jalur kompleks adalah sebuah perangkat pengirim dan penerima dihubungkan oleh satu sistem

4. Penerima (receiver)
Alat untuk menerima sinyal dari sistem transmisi dan di proses menjadi informasi yang dapat ditangkap/ diproses oleh tujuan(destination). Dalam bentuk fisiknya penerima(receiver) dapat berupa komputer personal untuk fungsi informasi secara umum.

5. Tujuan (destination)
Menangkap informasi yang dihasilkan oleh penerima, informasi yang diterima oleh perangkat tujuan selanjutnya diubah menjadi jenis informasi yang sama dengan informasi yang dikirimkan, Software aplikasi digunakan untuk menjembatani informasi ini menuju pengguna jaringan komputer.


Itulah penjelasan singkat tentang macam macam komponen komunikasi data dan tujuan dari komunikasi data semoga bisa bermanfaat. 

Sekian terimakasih
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Tujuan dan macam macam komponen dari komunikasi data"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.