Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Channel Youtube Lokal Terbaik Untuk Belajar Bahasa Pemograman Secara Otodidak

Table of Content [Tampil]
Channel Youtube Lokal Yang Terbaik Untuk Belajar Bahasa Pemograman - Kali ini saya akan membagikan Channel-channel youtube Lokal terbaik untuk belajar bahasa pemograman yang biasa saya kunjungi jika saya sedang belajar bahasa pemograman. Apa saja channel youtube lokal itu yang memberikan materi bahasa pemograman secara gratis?

Channel youtube untuk belajar bahasa program

Belajar pemograman di zaman modern seperti sekarang sudah bukan hal yang sulit, maksudnya bukan hal yang sulit itu adalah untuk mencari tutorial dan materi materi tentang pemograman lainnya karena belajar pemograman sudah bisa dimana saja, contohnya google.com, youtube.com, dan komunitas komunitas di facebook ataupun telegram.

Siapa yang tidak kenal dengan youtube? YouTube adalah sebuah platform atau situs web streaming, menonton dan berbagi video. Youtube itu sendiri dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. 

Untuk belajar bahasa pemograman seperti Java, C++, PHP, Javascript itu sudah gampang dicari di platform youtube tersebut, terlebih lagi dijaman modern seperti sekarang ini, untuk mencari materi, tutorial atau pembahasannya baik itu dari artikel dari sebuah website atau blog maupun dari sebuah video yang di bagikan di channel youtube.

Channel youtube lokal terbaik untuk belajar  bahasa pemograman

1. Web Programming Unpas

Channel youtube untuk belajar bahasa pemograman

Web Programming Unpas adalah Channel youtube yang membahas tutorial Web design dan Web Programming, pemilik dari channel tersebut adalah seorang dosen di salah satu universitas bandung yaitu universitas pasundan, beliau sudah membuat banyak playlist yang bisa kita pelajari secara mudah dan tentunya gratis. 

Salah satu playlistnya adalah belajar HTML Dasar, CSS Dasar, CSS Layout, Dasar Pemograman dengan Javascript, dan PHP Dasar.

Tidak hanya Tutorial saja yang diberikan oleh beliau, beliau juga terkadang membuat playlist Ngobar (ngoding bareng) membuat website company profile menggunakan framework CSS yaitu Boostrap. 

Bahkan live youtube dan saat ngobar sambil live youtube itu seru lhoo seakan akan kita lagi kuliah dan di bimbing langsung oleh beliau 😁.

2. Kelas terbuka

Channel youtube terbaik untuk belajar bahasa pemograman

Kelas Terbuka adalah channelbelajar programming / pemrograman / ngoding / koding berbahasa indonesia. Channel ini membahas teknik pemrograman secara umum beserta teknologi terkait dan teknik komputasi serta pengolahan data. 

Owner dari Channe youtube kelas terbuka ini adalah Faqihza Mukhlish, dia adalah seorang peneliti di bidang Sistem Kontrol. Lulusan Sarjana Teknik Fisika dan Magister Instrumentasi dan kontrol, ITB. 

Sekarang sedang menjalani pendidikan PhD di UNSW, Sydney, Australia. Dan ownernya ini lucu kalau sedang menjelaskan materi di dalam videonya pokoknya thebest deh, silakan di korek isi kepalanya eh maksudnya ilmu nya yang udah tertuang di channel youtubenya 😅.

Channel Kelas terbuka telah menyediakan banyak tutorials seperti belajar java, python, django yang bisa kita nikmati secara gratis. Channel ini juga merupakan channel yang paling sering ku kunjungi karena penyampaian materinya yang mudah di mengerti. Saya sendiri sedang mempelajari bahasa pemograman python.

Baca juga : Cara membedakan flashdisk palsu dan asli

3. IDR Corner

Channel youtube lokal untuk belajar bahasa program

idr corner salah satu channel youtube yang sering saya kunjungi juga karena dichannel youtube ini pembahasan untuk belajar bahasa pemogrammannya mudah untuk saya mengerti Chanel ini memberikan tutorial-tutorial Pemrograman seperti Flutter, HTML, CSS, JavaScript, Canvas HTML5, jQuery, PHP, CodeIgniter, Bootstrap dan lain-lain.

Di channel ini juga terdapat playlist untuk membuat game juga lhoo. . . banyak dari temen-temen mungkin ingin membuat game pertama mu nah di channel ini mungkin bisa jadi solusi. 

Channel ini juga dalam tahap perkembangan, kenapa bisa tahu min kalo ini lagi dalam pengembangan? karena saya nyontek di deskripsi channel nya xixixi. 

4. Sekolah Koding 

Channel youtube untuk belajar bahasa pemograman dengan gampang atau mudah

Sekolah koding memiliki sebuah forum yang dan channel youtube nama forumnya adalah sekolahkoding.com, didalam forum tersebut terdapat banyak programmer asal indonesia mungkin ada juga yang dari luar negri, diforum tersebut juga menyediakan ebook dan video video bahasa program seperti PHP, laravel, NodeJS dll.

Tidak hanya forum sekolah koding juga memiliki channel youtube yang didalamnya banyak playlist bahasa pemograman, dan juga materi yang di sampaikan cukup mudah di mengerti playlist yang terdapat di channel youtube sekolah koding antara lain adalah, Tutorial Code Igniter, Laravel, HTML5, CSS3 dan masih banyak lagi.

5. Angga Rizky

Channel youtube lokal untuk belajar bahasa pemograman dengan mudah

Channel Angga Rizky juga recommended lho, kenapa? karena di channel ini menyajikan tutorial tutorial yang keren keren seperti design website dan mobile, UI dan banyak lagi. Buat kalian yang ingin menjadi front end developer atau UI desain bisa nih jadikan channel ini sebagai refrensi dan materi belajar untuk meningkatkan ilmu kalian.

Channel ini juga ada bahasa inggrisnya juga lho, tapi ownernya itu orang indonesia sambil belajar desain belajar bahasa inggris juga lhoo, jika kalian bingung youtube punya fitur untuk memunculnya translate dari apa yang dibicarakan dalam video tersebut. 

Gimana? channel mana yang menjadi favorit kalian? kalo admin sih semuanya karena keren keren penyampaian nya juga mudah di mengerti. Ini ilmu gratis lho jadi harus di manfaatkan, jangan di sia siakan. 

Selamat belajar, semoga bermanfaat ya untuk kalian yang sudah membacanya.


Sekian terimakasih.
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Ini Channel Youtube Lokal Terbaik Untuk Belajar Bahasa Pemograman Secara Otodidak"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.