Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Pengertian Workstation

Table of Content [Tampil]
Pengertian workstation - Workstation berasal dari bahasa inggris yang artinya stasiun kerja. salah satu fungsi workstation yaitu membantu user mengerjakan tugas lebih spesifik. Biasanya workstation membutuhkan spesifikasi yang tinggi, mari kita bahas pengertian workstation workstation dibawah ini.

Pengertian dan fungsi workstation

Pengertian Workstation

Workstation adalah sebuah perangkat keras yang memanfaatkan jaringan untuk menghubungkan komputer tersebut dengan komputer lain komputer tersebut dengan server.

Biasanya komputer workstation menggunakan processor 64bit seperti intel xeon dan AMD opteron dan beberapa memiliki lebih dari satu CPU, dan mereka sering memiliki 10000 atau 15000 RPM cakram keras atau solid state drive. Beberapa workstation memiliki perangkat yang tidak umum digunakan pada komputer desktop normal seperti SCSI, Fibre Channel, dan 10GB Ethernet. 

Baca juga : Mari Kenali Virus Virus Pada Komputer mu!

Sebuah Workstation minimal mempunyai kartu jaringan(NIC), aplikasi jaringan (Software jaringan), kabel untuk menghubungkannya ke jaringan, biasannya sebuah Workstation tidak begitu membutuhkan Harddisk karena data yang ingin di simpan dan dapat di letakan di server. Hampir semua jenis komputer dapat digunakan sebagai komputer Workstation.

Pemanfaatan jaringan tersebut dapat berupa sharing data, sharing printer, dan sebagainya. Apabila terjadi kerusakan pada kompuer workstation berarti komputer yang digunakan tidak dapat masuk ke dalam jaringan sehingga tidak dapat berkomunikasi dengan komputer server maupun komputer lain dalam jaringan tersebut.


Itulah penjelasan singkat tentang Pengertian workstation bila ada kata kata atau kalimat yang salah mohon maaf. 

Sekian Terimakasih
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Inilah Pengertian Workstation"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.