Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam - Macam Hardware Untuk Jaringan Komputer LAN

Table of Content [Tampil]
Hardware Untuk Jaringan Komputer Local Area Network (LAN) - Local Area Network atau bisa disingkat dengan LAN adalah kumpulan jaringan komputer yang saling dihubungkan satu sama lain di dalam satu area tertentu yang tidak begitu luas, bisa dibilang hanya memiliki area jangkuan yang kecil, contohnya seperti di dalam satu kantor atau gedung atau sekolah.

Contohnya mungkin kalian pernah merasakan yang namanya hotspot disebuah kampus, sekolah atau cafe? itu merupakan contoh kecil dari jaringan local area network (LAN). 

Macam macam hardware untuk membangun jaringan komputer LAN

Ada beberapa hardware yang di perlukan untuk membangun sebuah jaringan local area network atau LAN. Hardware untuk jaringan local antara lain:

1. SERVER


Server adalah perangkat keras yang memiliki fungsi untuk memberikan service atau pelayanan untuk client client yang terhubung dengan server, seperti service dhcp server, webserver, file server dll.

Umumnya server memiliki spesifikasi tinggi agar bisa menampung permintaan dari semua client, fungsi server antara lain adalah sebagai pusat database informasi yang nantinya akan dikirimkan dan disebarkan kembali kepada client melalui jaringan komputer.


2. Workstation atau Client

Perangkat keras dalam jaringan komputer yang kedua adalah komputer client sering juga Secara umum, komputer client ini merupakan komputer umum yang digunakan untuk memperoleh data dari server.

Workstation atau komputer client juga merupakan perangkat keras yang dipergunakan langsung oleh user atau client dengan menjalankan sistem operasi dan bisa bertukar data dengan komputer server.


3. HUB


Hub adalah perangkat keras komputer yang merupakan salah perangkat yang sering digunakan, hub memiliki fungsi antara lain sebagai perangkat keras penerima sinyal dari sebuah komputer dan merupakan titik pusat yang menghubungkan ke seluruh komputer dalam jaringan tersebut. Hub juga berperan sebagai penguat sinyal kabel UTP, konsentrator dan penyambung.


4. SWITCH

Adalah perangkat keras jaringan yang digunakan sebagai penghubung segmen pada jaringan dengan banyak titik. Switch memiliki cara kerja yang mirip dengan bridge dan memiliki sejumlah  port yang digunakan sebagai titik penghubung. 

Switch juga berfungsi sebagai pengatur lalu lintas jaringan dan penguat sinyal dalam jaringan komputer layaknya seperti hub namun switch bisa dikatakan lebih smart, karena ada jenis switch yang memiliki fitur atau fungsi yang dinamakan switch manageble.


5. ROUTER

perangkat keras jaringan komputer yang memiliki fungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik itu jaringan yang sama maupun jaringan yang berbeda segmen.

Selain itu Ada yang menjelaskan juga kalau pengertian dari router itu adalah hardware jaringan komputer mempunyai berfungsi untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet dari satu perangkat komputer ke perangkat lainnya, dimana proses tersebut disebut dengan routing.


6. ACCESS POINT

Wireless access point atau bisa di singkat dengan WAP adalah perangkat keras jaringan komputer yang digunakan dalam jaringan area lokal nirkabel untuk mengirim data dan menerima data dari client melalui media wireless.

Di access point terdapat antena dan transceiver, kedua komponen ini mempunyai tugas untuk memancarkan dan menerima sinyal dari client server ataupun menuju client server. Agar untuk bisa memancarkan sinyal wifi atau wireless tersebut, biasanya access point akan disambungkan ke perangkat keras seperti router, hub atau switch melalui kabel ethernet atau kabel UTP.


7. Network Interfaces Card (NIC)


Network interface card atau disingkat dengan NIC dan biasanya disebut juga LAN Card atau kartu jaringan. NIC ini digunakan sebagai antarmuka atau interface pada komputer dengan jaringan komputer agar bisa saling komunikasi. 

Biasanya perangkat ini atau lan card ini menggunakan slot PCI, namun ada juga yang sudah tertanam menjadi satu dengan motherboard.


8. WLAN atau Wireless Local Area Network


Wireless Local Area Network atau disingkat WLAN merupakan sebuah interface yang sama seperti NIC, namun WLAN ini menggunakan wireless sebagai media transmisinya dan biasanya bisa ditambahkan di perangkat komputer dengan menggunakan slot PCI.


9. Kabel Jaringan (UTP, Fiberoptik, Coaxcial)

Kabel juga merupakan perangkat keras yang penting untuk sebuah jaringan komputer lan, kabel yang biasa digunakan untuk sebuah jaringan komputer adalah kabel UTP yang memiliki dua jenis kabel yaitu straight dan juga cross.



10. Tang Crimping atau Crimping tool


Untuk membuat dan memotong kabel jaringan, yaitu kabel UTP membutuhkan sebuah alat yang dinamakan tang crimping.


11. RJ-45

RJ-45 merupakan konektor untuk kabel jaringan, yaitu kabel jaringan UTP jenis Straight ataupun Cross.


12. LAN Tester

Alat yang memberitahu kepada kita saat kita sudah membuat kabel utp untuk jaringan komputer, alat ini akan memberitahu kita informasi bahwa apakah kabel utp yang kita buat sudah siap digunakan atau belum. 

Tanda siap digunakan adalah dengan menyalanya semua lampu indikator dari nomor 1 hingga nomor 8 sesuai dengan urutan warna kabel straight ataupun kabel cross

Semoga dapat bermanfaat.

Sekian Terimakasih.
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Macam - Macam Hardware Untuk Jaringan Komputer LAN "

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.