Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Fungsi dan Macam macam jenis Database

Table of Content [Tampil]

Pengertian serta fungsi database

Pengertian Database

Apa itu Database? Apa kegunaannya dan fungsi dari database? kenapa harus menggunakan database? Apa saja macam macam jenis database? dan banyak lagi pertanyaannya.

Pengertian Basis data atau pangkalan data atau yang sering disebut oleh orang orang dalam bahasa inggris adalah Database. Database adalah kumpulan informasi informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. 

Database pengertian umumnya adalah sistem penyimpanan data dimana data yang sudah banyak diinput disimpan dalam satu sistem penyimpanan. Sistem database sudah banyak digunakan di banyak bidang, tidak hanya dalam bidang teknologi, bahkan saat ini database sudah digunakan di perusahaan dari yang kecil hingga besar, universitas, perkantoran, supermarket bahkan di rumah-rumah. Dan Kini sudah banyak sekali aplikasi yang mendukung pembuatan database contohnya ada :
  1. MySQL
  2. Microsoft SQL Server
  3. Microsoft access
  4. Oracle
  5. Dan banyak lagi
Software atau Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data atau data base disebut dengan sistem manajemen basis data (database management system, | DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.


Proses memasukkan(Input) dan mengambil data  dari media penyimpanan data memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan sistem manajemen basis data (database management system | DBMS). DBMS atau Database management system merupakan suatu sistem perangkat lunak(software) yang memungkinkan pengguna basis data (database user) untuk memelihara, mengontrol dan mengakses data secara praktis dan efisien. semua akses ke basis data atau data base akan ditangani oleh DBMS ini. Tujuan utama DBMS adalah untuk memberikan tinjauan abstrak data kepada pengguna.

Jenis jenis data base

Fungsi dari database

Hampir semua industri seluruh didunia menggunakan tehnologi database sebagai penunjuang aplikasi dan  sistim bisnis mereka. Fungsi dari base itu ada banyak yang dibawah ini salah satu fungsi dari database.

  1. Mengelompokkan data untuk mempermudah identifikasi data, database menyiapkan data yang sesuai dengan permintaan user terhadap suatu informasi dengan dengan cepat dan akurat. Melalui software  Database Management Systems (DBMS) user atau petugas bank dapat mencari profil informasi seorang nasabah dalam hitungan detik, DBMS akan menyajikan data lengkap mengenai profil yang diminta.
  2. Menghindari adanya Duplikasi data dan inkonsistensi data, software DBMS sebagai software untuk menjalankan database komputer mempunyai kemampuan menginformasikan kepada user/pengguna pada saat kita input  data apabila data yang akan diinput sudah ada dalam database. Duplikasi data didalam database sangat dimungkinkan, karena database dapat diakses dari  banyak komputer dari berbagai tempat yang  tersambung ke  sistim database.
  3. Memudahkan dalam menyimpan, mengedit, menghapus, menginput dan mengakses data. 
  4. Menjadi sebuah solusi dalam proses penyimpanan sebuah data, terutama data yang memiliki ukuran besar.
  5. Mendukung aplikasi yang membutuhkan ruang penyimpanan. Hampir semua aplikasi modern membutuhkan ruang yang besar untuk menjalankan fungsinya secara optimal, disini peran database sebagai penyedia  ruang untuk menyimpan data-data aplikasi dan sistim sebuah komputer.


Macam macam database 



1. Oracle

Oracle adalah relational database management system (RDBMS) untuk mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi.

Vendor: Orace Corporation.

Biasa digunakan untuk pengaksesan data yang dilakukan secara online.

Dirancang khusus untuk organisasi berukuran besar, bukan untuk ukuran kecil dan menengah.

Kelebihan dari Oracle
  • Banyak fitur yang dapat memenuhi tuntutan fleksibilitas dari organisasi besar.
  • Dapat mendayagunakan lebih dari satu server serta data storage dengan mudah dan transparan.
  • DBMS yang rumit dan sulit dipelajari.

Kekurangan dari Oracle
  • DBMS yang paling rumit dan paling mahal di dunia. Penggunaannya memakan banyak biaya, mulai dari device sampai diperlukannya DBA yang handal.

2. MySQL 

adalah singkatan “My Structured Query Language”. Program ini berjalan sebagai server menyediakan multi-user mengakses ke sejumlah database. multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB gratis, dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi ada juga MySQL yang berbayar.

Kelebihan MySQL
  • Free Stabil dan tangguh
  • Fleksibel dengan berbagai pemrograman
  • Security yang baik
  • Dukungan dari banyak komunitas
  • Kemudahan management database
  • Mendukung transaksi
  • Perkembangan software cukup cepat

Kekurangan MySQL
  • Kurang mendukung koneksi ke bahasa pemrograman visual seperti VB, Delphi, dan Foxpro dikarenakan koneksi ini menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari program visual tersebut.
  • Data yang ditangani belum begitu besar.
  • Lambat untuk query yang kompleks seperti LEFT JOIN yang banyak, dan penggunaan SubQuery.
  • Belum mendukung Windowing Function

3. Microsoft Access (Ms. Access)

Ms. Access adalah Database Storage Engine atau Media penyimpanan atau Mesin penyimpanan yang di buat oleh Microsoft, Ms. Access merupakan bagian dari Microsoft Office.

Kelebihan dari Ms. Access
  • Mudah dipelajari dan digunakan.
  • Kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman SQL. Pengguna dapat mencampur dan menggunakan kedua jenis bahasa tersebut (VBA dan Macro) untuk memprogram form dan logika dan untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek.

Kekurangan dari Ms. Access
  • Instalasinya membutuhkan ruang yang cukup besar di hard disk.
  • Hanya bisa dijalankan di sistem operasi Windows.
  • Kapasitas data sangat terbatas sehingga hanya cocok jika diaplikasikan untuk small system atau home bisnis.
  • Keamanan tidak begitu bisa dihandalkan walaupun sudah mengenal konsep relationship.
  • Kurang bagus jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien atau server.

4. Microsoft SQL server

Keluaran dari Microsoft juga sama seperti halnya Microsoft Access. Bahasa query utama yang digunakan adalah varian dari ANSI SQL yang disebut sebagai T-SQL (Transact-SQL). Bahasa ini membolehkan user untuk membuat stored procedure sehingga meningkatkan efisiensi akses dengan basis data.

Kelebihannya 
  • Cocok untuk perusahaan dengan skala kecil, menengah, dan besar sehingga mampu untuk mengolah data dengan jumlah yang besar.
  • Memiliki kemampuan untuk management user dan tiap user bisa diatur hak akses terhadap suatu database oleh database administrator.
  • Untuk diterapkan pada pembangunan suatu program aplikasi, akan mudah dalam melakukan koneksi dengan computer client yang pembangunan aplikasinya menggunakan software yang sama platform dengan MS-SQL, misalnya Microsoft Visual Basic.
  • Memiliki tingkat pengamanan data yang baik.
  • Memiliki kemampuan back-up data, rollback data, dan recovery data.
  • Memiliki kemampuan membuat database mirroring dan clustering.

Kekurangannya 
  • Hanya dapat diimpelementasikan pada 1 unit server, jika terdapat tambahan server maka hanya akan berfungsi sebagai pasif / standby server (tidak memiliki kemampuan Technology Cluster Server seperti halnya pada DMBS Oracle).
  • Hanya bisa berjalan pada satu platform system operasi yaitu Microsoft Windows.
  • Merupakan software berlisensi dan berharga mahal untuk perusahaan skala kecil dan menengah

5. IBM DB2

Produk Sistem Manajemen Hubungan Database dari IBM atau sekarang yang populer disebut Data Server. Disebut juga sebagai DB2 Enterprise Server Edition atau top of the line DB2 Data Warehouse Edition (DB2 DWE) yang berjalan pada Unix, Windows dan Linux Server.

Kelebihan
  • Memiliki fitur mengurangi ruang penyimpanan yang diperlukan sampai dengan 50 persen.
  • Waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan informasi ini telah dikurangi dari hitungan bulan sampai hanya hitungan jam atau menit.

Kekurangan
  • Platform specified
  • Tidak bisa download langsung dari IBM
  • Kecepatanya masih kalah dibanding MySQL dan Oracle

6. dBase

DBMS yang secara luas digunakan pada mikrokomputer yang dikenalkan oleh Ashton-Tate untuk komputer CP/M, kemudian untuk platform Apple II, Apple Macintosh dan IBM PC dengan DOS yang menjadi salah satu perangkat lunak yang paling laris selama beberapa tahun pada saat itu.

Ketidakmampuan dBASE untuk bertransisi dengan sistem operasi yang lebih baru, Microsoft Windows pada akhirnya membuat penggunaan dBASE tergantikan oleh produk-produk lainnya yang lebih baru seperti Paradox, Clipper, FoxPro, dan Microsoft Access. 

Kepemilikan dBASE akhirnya dijual ke Borland pada 1991 dan pada 1999 Borland menjual hak atas jajaran produk dBASE pada sebuah perusahaan baru yaitu dBASE Inc.

Dasar file format dBASE, yang dikenal sebagai file .dbf, saat ini merupakan salah satu format yang luas digunakan oleh banyak aplikasi yang membutuhkan format sederhana untuk menyimpan data-data secara terstruktur.

7. Visual Foxpro

Awalnya FoxPro, lalu berkembang menjadi Visul FoxPro pada tahun 1995. Kemampuan pemrogrman prosural tetap dipertahankan dan dilengkapi dengan pemrograman berorietasi objek. 

Dengan adanya Visual Studio, FoxPro menjadi anggotanya. Sasaran utama Visual Studio adalah menyediakan alat bantu pemrogrman dan database untuk mengembangka perangkat lunak yang memenuhi tuntutan zaman.

Kelebihan Visual Foxpro

  • Model data yang digunakan adalah model relasional yang merupakan model yang paling sederhana sehingga mudah dipahami oleh pengguna dan paling populer. Model ini menggunakan sekumpulan tabel berdimensi dua, yang disebut relasi atau table, dengan masing-masing relasi tersusun atas tupel atau baris dan atribut. Relasi dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menghilangkan kesia-siaan data dan mengunakan kunci tamu untuk berhubungan dengan relasi lain.
  • Simpel
  • Fitur lengkap
  • Punya database sendiri yaitu DBF
  • Akses ke database internal mudah
  • OOP murni sejak versi 6.0
  • Dinamis
  • Akses ke library eksternal mudah
  • Sederhana
  • Tidak memerlukan spesifikasi hardware yang tinggi

Kekurangan Visual Foxpro

  • Tidak tersedia tipe data pointer
  • Pembuatan report dan menu-designer belum mengimplementasikan OOP.

8. Postgre SQL

Selama ini banyak memberikan keuntungan yang lebih terhadap para perusahaan atau kegiatan bisnis dibanding DBMS lainnya.

Kelebihan
  • Dengan menggunakan PostgreSQL, tidak ada seorangpun dapat menuntut untuk pelanggaran terhadap perjanjian lisensi, sebagaimana tidak ada biaya lisensi yang diasosiasikan (digabungkan) untuk software. Hal ini menyebabkan PostgreSQL memberikan keuntungan tambahan, antara lain: bisnis menjadi lebih profitable dengan skala penyebaran yang luas. tidak ada kemungkinan diperiksa untuk pemenuhan lisensi, fleksibel untuk menjalankan konsep penelitian dan trial deployment tanpa memerlukan biaya lisensi tambahan.
  • Menghemat biaya staffing karena telah didesain dan dibuat sedemikian rupa untuk mempunyai tingkat pemeliharaan dan kebutuhan yang lebih rendah.
  • Terpercaya dan stabil. (banyak perusahaan yang melaporkan bahwa PostgreSQL tidak pernah, bahkan sekalipun, mengalami crashed pada saat melakukan operasi dengan tingkat aktivitas yang tinggi)
  • Extensible, artinya tidak memerlukan biaya untuk perluasan. Menggunakan penyimpanan data dengan banyak baris (multiple rows) yang dinamakan MVCC. Hal ini dimaksudkan agar PostgreSQL sangat responsif pada high volume environments.
  • Kaya akan fitur.

Kekurangan
  • Kurang populer.
  • Kurang cocok bekerja di lingkungan web jika dibandingkan dengan MySQL.
  • Kurang fokus dalam hal kelangsingan dan kecepatan.
  • Arsitektur dengan multiprose sulit diterapkan ke Windows, sebab Windows sangat thread-oriented. Saat ini bisa dijalankan di Windows, tapi melalui lapisan emulasi Cygwin.
  • Kurang unggul dalam hal ketersediaan fungsi built-in.
  • Replikasi di PostgreSQL belum disertakan dalam distribusi standarnya yang terbatas hanya bisa melakukan penambahan kolom, penggantian nama kolom, dan penggantian nama tabel.

9. Clipper

Lebih ditujukan untuk pengolahan data. Mulai dikenal sekitar tahun 80-an sampai 90-an. Clipper dimasukan ke dalam kelompok Xbase.

Kelebihan
  • Tidak memerlukan perangkat keras yang tinggi
  • Tidak berbentuk grafis, sehingga memudahkan dalam pencetakan melalui printer.
  • Mudah dalam pemasukan data

Kekurangan
  • Tidak menerapakan konsep basis data secara penuh(relasi antar file tidak didukung oleh manajemen clipper tetapi harus dilakukan oleh programmer)
  • Tidak mendukung aplikasi internet
  • Segala sesuatu dikerjakan oleh programmer (tidak ada generate code secara otomatis oleh system)
  • Strukur program Clipper tidak beraturan, hal ini dipandang sebagai kekurangan tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh pemrogram sebagai kelebihan.
Yang terakhir. . . . . 

10. Firebird

Firebird juga disebut FirebirdSQL adalah sistem manajemen basisdata relasional yang menawarkan fitur-fitur yang terdapat dalam standar ANSI SQL-99 dan SQL-2003. 

RDBMS ini berjalan baik di Linux, Windows, maupun pada sejumlah platform Unix. Firebird ini diarahkan dan di-maintain oleh FirebirdSQL Foundation.

Ia merupakan turunan dari Interbase versi open source milik Borland. Vendor dari firebird adalah Official mozilla firefox builds.

Kelebihannya
  • Memiliki user base kecil namun aktif
  • Merupakan DBMS yang relatif matang untuk digunakan, dan tujuannya menetapkan peletakan kembali Oracle dan SQL server dalam aplikasi komersil, Firebird memiliki user-base yang loyakl, dan merupakan produk bagus untuk bekerja dengannya, dan jika ia dapat meningkatkan kecepatan development-nya, seperti juga meningkatkan marketing-nya, akan menjadi pesaing yang kuat.

Kekurangannya
  • Kekurangan yang paling nyata waktu itu adalah replication engine (walaupun Firebird memiliki fitur lanjutan, yang menjaga identical copy dari live database). Ada proyek yang terjadi, banyak yang komersil, namun Open Source-nya sendiri terlihat tidak matang, atau terintegrasi ke dalam Firebird code utama. Firebird development relatif lambat.

Sekian dari pembahasan tentang Pengertian, Fungsi, serta macam macam database semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu kalian. Jangan lupa untuk bagikan keteman teman kalian yaa.. :D

Sekian Terimakasih
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

7 comments for "Pengertian, Fungsi dan Macam macam jenis Database "

  1. Replies
    1. Hehehe Terima kasih kaka :) wahh aku mampir ya ke blog kaka hehehe :D

      Delete
  2. Artikel yang sangat lengkap menurut saya dan sangat bermanfaat bagi saya. Sekarang sayasudah mengerti tentang database, fungsi, dan jenis - jenisnya. Termiakasih

    Jangan lupa kunjungi blog sederhana saya di :
    ahmadsi2b.blogspot.co.id

    dan kunjungi pula :
    www.atmaluhur.ac.id

    Terimakasih.

    ReplyDelete
  3. Kereeen gan...bermanfaat sekali.Makasih banyak dtunggu artikel artikel selanjutnya.Sukses terus...

    http://www.atmaluhur.ac.id

    https://kawakenakeruce.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.