Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam macam web browser terpopuler hingga saat ini!

Table of Content [Tampil]

Pengertian web browser

Kata browser mungkin sudah tidak asing lagi bagi telinga kita bagi yang sering menggunakan teknologi komputer maupun smartphone yang hampir setiap hari digunakan untuk menjelajah halaman web browser baik itu untuk chatting atau melihat berita terbaru dan lain sebagainya.

Web browser adalah suatu program yang berfungsi sebagai media untuk mempermudah mengakses atau menjelajahi berbagai macam informasi dari suatu situs web yang ada didalam jaringan internet. Pada dasarnya program web browser telah disediakan atau telah terinstal didalam setiap sistem operasi komputer, Internet Explorer salah satu contoh web browser yang sudah di sediakan oleh sistem operasi Windows. 

Meskipun begitu, kebanyakan pengguna perangkat komputer biasanya selalu menginstal program web browser lainnya yang lebih mereka sukai. Beberapa program web browser populer yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer atau smartphone yaitu Google Crome, Mozilla Firefox, Safari Browser, dan Opera browser.

Browser sendiri pertama kali digunakan pada tahun 1993 yang dikenal dengan nama Mosaic. Mosaic ini merupakan browser yang di ciptakan oleh National Center for Supercomputing Applications at the University of illionis at Urbana-Champaign (NCSA-UIUC). Kemunculan browser mosaic hadir tidak lama setelah ditemukannya media baru untuk penyebaran informasi yaitu World Wide Web atau yang disingkat dengan WWW.

Kepopuleran mosaic juga ternyata tidak bertahan lama, Pada tahun 1994 browser mosaic tersebut mulai ditinggalkan dengan munculnya Netscape Navigator. Setelah itu bermunculan lah browser-browser terbaru dengan kemampuan yang terus ditingkat kan hingga saat ini.
Seiring dengan perkembangan teknologi perangkat lunak komputer, browser telah banyak bermunculan dengan jenis atau varian yang berbeda-beda dan tentunya mempunyai kemampuan yang berbeda juga untuk menjelajah halaman internet.


Fungsi Web Browser

Hampir setiap hari pengguna internet pastinya tidak bisa terlepas dari penggunaan web browser baik untuk membaca berita maupun menemukan data lainnya. Web browser memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah sebagai berikut : 

Membuka laman website

Fungsi web browser yang paling menonjol mungkin ada pada kemampuannya untuk mengarahkan pengguna pada alamat website yang ingin dituju. Dengan menggunakan web browser seseorang bisa langsung menuju alamat dimana ia akan mengakses data sementara jika menggunakan search engine maka ia hanya akan mendapatkan beberapa website yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.

Memastikan keamanan suatu web

Bisanya dalam web browser juga terdapat proses authentication atau proses verifikasi suatu website atau laman dan memastikan bahwa laman tersebut tidak berbahaya bagi perangkat jika dikunjungi misalnya untuk menghindarkan perangkat komputer atau gadget dari virus yang bisa merusak sistem komputer.

Mendukung permintaan data

Fungsi lain dari web browser adalah untuk mendukung permintaan data yang dibutuhkan oleh pengguna atau yang dikenal dengan istilah requesting supporting data item. Hampir seluruh alamat web yang ada diinternet dapat diakses dengan menggunakan web browser dan data yang berupa foto atau media lainnya dapat disimpan secara langsung dalam dokumen komputer.

Baca Juga : Macam macam Virus Komputer
 

Mengumpulkan data dan memaksimalkan tampilan 

Selain memberikan akses pada laman yang dituju secara langsung, web browser juga berfungsi dalam mengumpulkan seluruh data pada suatu website termasuk efek yang ada didalamnya sehingga laman web dapat ditampilkan dengan lebih baik dan maksimal. Tidak hanya menampilkan teks, web browser juga bisa menampilkan foto, video dan audio pada suatu laman.


Mendukung penggunaan search engine

Search engine atau mesin pencari secara umum merupakan bagian dari web browser sehingga pengguna bisa mencari data dengan lebih mudah dan lebih cepat tanpa harus mengetikkan alamat pada address bar dalam menu web browser.
Web browser memang memiliki banyak fungsi dan manfaat dalam kehidupan manusia terutama bagi mereka yang memiliki aktifitas dan mobilitas yang tinggi. Pastikan Anda memilih dan menggunakan web browser sesuai kebutuhan dan kelebihan yang dimilikinya.

 Macam macam beberapa web browser

Google Chrome


Siapa yang tidak mengenal dengan web browser yang satu ini? Pastinya semua orang yang sering menggunakan web browser telah kenal dengan web browser satu ini. Google Crome merupakan sebuah program browser yang dibangun oleh perusahaan raksasa Google. 

Browser ini merupakan browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh penjuru dunia. Tampilan yang minimalis, disertai dengan loading program yang cepat membuat browser ini disukai oleh para pengguna jaringan internet.


Mozila Firefox


Sebelum Google Crome terkenal dan merajai dunia web browser, Mozilla Firefox merupakan browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna jaringan internet. Berbeda dengan Google Crome yang dimiliki dan dikuasai oleh satu perusahaan, Mozilla Firefox merupakan program open source yang pengembangannya diserahkan oleh publik pecinta jaringan internet.

Safari


Safari merupakan peramban web buatan Apple inc, yang pada awalnya ditunjukan khusus bagi sistem operasi Mac OS. Safari dipasang bersama Mac OSX dan merupakan peramban bawaan di sistem di sistem operasi tersebut sejak Mac OS v10.3.
Sebelumnya tahun 1997 hingga 2003 masih menggunakan internet explorer  for Mac sebagai peramban web bawaan. Pada 11 juni 2007, versi untuk windows baik yang cocok untuk xp maupun vista dari safari diperkenalkan pada mutakamar pengembang sedunia Apple di San Francisco.

Netscape Navigator




Netscape Navigator merupakan web browser yang terkenal di era tahun 90-an sebelum hadirnya Internet Explorer (IE) yang dikembangkan oleh Netscape Communication Corporation serta di pelopori oleh mahasiswa lulusan NCSA (National Center of Supercomputer Application di University of Lilionis) dan programer progamer      paruh waktu.
Netscape merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic National Center of Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Adressen) adalah pendiri Netscape Corporation.
Browser satu ini merupakan browser tertua dengan maraknya perkembangan internet.
Dan menurut wikipedia Netscape navigator ini adalah browser web gagasan mozila firefox. Tapi sayangnya netscape navigator ini telah dihentikan dukungannya oleh pihak pendukung yaitu AOL, dan memberikannya kepada mozila foundation.


Opera


Opera merupakan web browser yang dapat di gunakan antar platform yang berbeda. Opera browser ini dibuat oleh Opera Software yang ada di Oslo Norwegia. Pengembang Opera dimulai pada tahun 1994, yang pada saat itu opera merupakan sebuah objek penelitian di telenor, perusahaan telekomunikasi tersebar di Norwegia.
Opera  telah dikenal memiliki banyak fitur yang akhirnya ditiru oleh para kompetitornya. Bagi pengguna komputer opera browser ini hanya memiliki pangsa yang dikit. Tetapi untuk perjalanan internet diperangkat smartphone opera minilah yang nomor satu, selain itu Opera juga menawarkan banyak fitur seperti browser pop up, integrasi dengan tool translasi, filter URL, low bandwidth dan banyak lagi dengan logo “ O ” berwarna merah banyak kalangan yang mengakui kelebihannya. Kelebihan utama browser opera adalah mampu menampilkan (load) halaman web lebih cepat, dengan kecepatan koneksi yang sama dibanding browser lain.


Internet Explorer


Internet Explorer atau yang biasa di sebut IE merupakan perangkat lunak penjelajah internet besutan microsoft yang bisa digunakan secara gratis. Internet explorer versi pertama diluncurkan pada 16 agustus 1995. Untuk rilis terbarunya Internet Explorer telah mengeluarkan versi Explorer 11 yang khusunya untuk pengguna windows 7.

Flock


Flock browser merupakan penjelajah web yang berspesialisasi kepada fitur penyedia jejaring sosial dan merupakan browser sosial international dunia pertama yang berbasis pada Firefox dengan fitur fitur menarik  untuk memberikan pengalaman berkomunitas sosial internet sambil browsing.

Flock ini sangat cocok buat anda yang suka membuka Friendster myspace atau Facebook dan situs situs komunitas lain. Perangkat lunak flock ini gratis dan dapat dipakai diberbagai platform.

 Maxthon browser


Maxthon browser menggunakan IE sebagai dasar, Namun punya fungsi yang mumpuni untuk kenyamanan anda berselancar di internet. Dilengkapi dengan fitur magic fill yang dibutuhkan untuk memasuki situs member. Jadi fitur ini akan membuat anda lebih mudah, karena maxthon akan menyimpannya. Maxthon mempunyai beberapa tool yang dapat menerjemahkan halaman situs ke beberapa bahasa. Tampilannya juga terlihat lebih user friendly dan enak dilihat.

Browser yang satu ini sangat baik untuk digunakan selain memiliki kecepatan yang mumpuni juga memiliki fitur yang tidak dimiliki browser lainnya. Seperti  fitur maxthon yang tersedia di sidebar yang terlihat sangat praktis untuk digunakan. Demikian juga dengan tampilan maxthon yang enak dilihat membuat penggunanya merasa nyaman untuk menggunakannya. 


Sekian untuk tulisan saya tentang pengertian dari web browser dan beberapa contoh web browser berserta fungsi web browser semoga tulisan saya kali ini bermanfaat untuk kalian

Note : Pililah web browser yang sesuai dengan kebutuhan anda. 

Silakan berikan komentar sesuai dengan pembahasan diatas. 
Share jika kalian menyukai artikel ini semoga bisa bermanfaat untuk orang banyak.



Sekian dan terimakasih.
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Macam macam web browser terpopuler hingga saat ini!"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.