Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Setting Permanen Resolv.conf Pada Ubuntu 18.04

Table of Content [Tampil]

Cara Setting Permanent File Resolv.conf Agar Tidak Berubah Di Ubuntu 18.04 - Saya akan setting file resolv.conf ini menjadi permanen tanpa berubah-ubah jika nanti ubuntu server 18.04 saya ini di reboot. Karena sebelum ini saya melakukan konfigurasi dns server di ubuntu server 18.04 LTS saya, namun saat saya reboot server tersebut muncul suatu masalah yaitu file resolv.conf berubah setiap saya melakukan reboot.

Setelah saya selesai melakukan setting atau konfigurasi DNS di ubuntu sever 18.04 saya dan saya reboot  file resolv.conf saya kembali seperti semula nameserver 172.0.0.53 saya setting lagi dan coba untuk reboot lagi tetap sama resolv.conf tetap berubah, maka dari itu saya akan mengatasi bagaimana cara agar resolv.conf ini bisa permanent tanpa berubah-ubah.

Setting Permanent Resolv.conf Di Ubuntu 18.04

Cara setting file resolv.conf menjadi permanent

Cara setting resolv.conf agar tidak berubah, kalian bisa ikuti caranya dibawah ini. Semoga dapat bermanfaat.

1. Pertama kalian pastikan dulu apakah server kalian sudah terhubung dengan internet? Jika sudah kita lakukan update package pada server kita, dengan memasukan perintah:
apt-get update

2. Selanjutnya jika sudah selesai melakukan update kita lanjut install service resolv.conf nya dengan memasukan perintah:
apt-get install resolvconf


3. Setelah selesai install resolvconf servicenya, kita check apakah statusnya sudah aktif atau belum? caranya cukup memasukan perintah:
systemctl status resolvconf.service

Status nya masih belum aktif, seperti gambar diatas ini.

4. Sekarang kita aktifkan service resolvconf nya dan enable agar auto running saat server di reboot atau di restart, caranya kalian cukup memasukan perintah:
systemctl start resolvconf.service

Dan juga masukan perintah dibawah ini.

systemctl enable resolvconf.service

Seperti gambar dibawah ini.


5. Jika statusnya sudah aktif, sekarang kita edit atau konfigurasi file resolv.conf.d/head nya, caranya dengan memasukan perintah:
nano /etc/resolvconf/resolv.conf.d/head

edit atau konfigurasi dan sesuaikan dengan konfigurasi kalian, disini saya mengisikan ip server saya dan juga domain saya yaitu shandweb.me seperti gambar dibawah ini.


Selanjutnya restart resolv.servicenya dengan memasukan perintah:
systemctl restart resolvconf.service
lalu cek kembali status resolvconf.servicenya, dengan perintah:
systemctl status resolvconf.service

Seperti gambar dibawah ini.


Sekarang ketika kalian membuka atau memeriksa file /etc/resolv.conf, nameservernya harusnya sudah disimpan secara permanen. Dan untuk selanjutnya, kalian tidak akan menghadapi masalah apa pun terkait resolv.conf di server kalian.

Semoga ini dapat bermanfaat silakan koreksi berikan saran ataupun masukan untuk artikel ini atau blog ini didalam kolom komentar dibawah ini.

Sekian Terimakasih.

Sumber refrensi : techmint.com

Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Cara Setting Permanen Resolv.conf Pada Ubuntu 18.04"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.