Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Yang Harus Dilakukan Setelah Install Ulang Windows

Table of Content [Tampil]
Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Install Ulang Windows? - Semua orang itu bisa yang namanya install ulang windows hanya saja mereka bingung pertama harus ngapain dan setelah nanti sudah selesai install ulang windows apa yang harus di lakukan. 

Maka dari itu saya akan membagikan pengalaman saya semoga pengalaman saya ini bisa bermanfaat dan jika ada yang salah atau kurang dan sebagainya kalian bisa tuliskan di kolom komentar dibawah ini ya..


Baiklah.., kita langsung bahas saja apa aja sih yang harus kita lakukan setelah kita selesai installasi ulang windows ini? Ntah itu windows 7, windows 8 ataupun windows 10 yang terbaru 2020 saat ini. Windows apapun yang kita install kurang lebih untuk finishingnya sama ko, baiklah langsung saja yaa..


1. Install atau update semua driver

Pertama, setelah kalian selesai dengan install ulang windows nya kalian harus melakukan update atau install driver apa saja yang masih versi lawas atau driver yang belum terinstall.

bagaimana cara kita tahu bahwa driver tersebut sudah terinstall atau belum?

caranya cukup mudah kalian hanya perlu melihatnya pada device manager pada laptop atau komputer kalian, seperti gambar dibawah ini



Foto diatas adalah foto dimana semua driver sudah terinstall dan dibawah ini adalah foto untuk driver driver yang belum terinsall


Memang saat kita telah selesai melakukan install ulang ada beberapa driver tertentu yang sudah otomatis terinstall antara lain contohnya sepeti driver WIFI /  Driver WLAN

Tetapi tidak semua hanya beberapa WLAN yang sudah otomatis terinstall otomatis saat selesai melakukan installasi windows.

Untuk software melakukan install atau update driver semuanya kalian bisa menggunakan driverPackSolution, SnappyDriver, EasyDriver.

NOTE: Saya sarankan jika kalian pengguna amd, saya sarankan kalian install driver graphicnya secara manual di website resmi amd untuk linknya kalian bisa klik link di bawah ini. 
Link download driver amd auto detect, lalu kalian klik saja download now otomatis dia akan mendownload driver yang compatible dengan perangkat kalian. kenapa cara ini diberlakukan?

karena untuk menhindari crash driver yang di install yang dimana bisa menyebabkan bluescreen karena driver vga ntah itu tidak cocok atau kurang kompatibel.


2. Pastikan antivirus telah aktif dan up to date

Selanjutnya, Untuk kalian menggunakan Windows 8 dan windows 10 pastikan kalau windows defender kalian sudah aktif dan sudah up to date, saya kurang merekomendasikan untuk kalian yang masih ingin menggunakan windows 7, kenapa?

Karena microsoft sendiri sudah menghentikan update support pada windows 7 jika sudah begini maka takutnya akan sering terkena virus, jadi saran saya install lah windows terbaru agar antivirus bawaanya atau defaultnya juga terbaru.

Buat kalian pengguna windows 10 pastikan settingan windows defendernya sudah ceklis hijau semua seperti gambar dibawah ini.


Untuk saya pribadi saya menggunakan windows defender pada windows 10 ini dan menggunakan antivirus smadav yang saya beli sekitar 30ribu rupiah di website resmi langsung, penambahan anti virus ini bersifat opsional yang dimana boleh kalian lakukan boleh tidak.

Jika tetap ingin menggunakan smadav seperti yang saya lakukan tentu tak apa gunakan saja yang free yang disediakan oleh web smadav atau yang berbayar juga boleh. 



3. Mengaktifkan system backup atau system restore pada windows kalian

Kenapa kita harus mengaktifkan system restore point? karena hal ini sangat berguna jika suatu saat nanti system atau windows kalian error ntah itu terdapat virus atau system crash karena install aplikasi atau driver kalian bisa menggunakan system restore ini untuk merollback atau mengembalikan system lagi seperti semula awal pertama kali install. 

Jadi kalian tidak usah cape cape melakukan install lagi membuat bootable windows kembali untuk install windowsnya lagi.


4. Install Software web browser Andalan kalian

Web browser tentunya suatu software yang amat sangat berguna, kenapa? karena dengan web browser inilah kita bisa mengakses yang namanya facebook, youtube, google dll dan tak hanya membuka situs situs tertentu kita juga bisa mencari suatu informasi dengan menggunakan web browser ini dan mengakses google.

Web browser bawaan windows adalah internet explorer, tetapi kalian juga bisa menginstall web browser lain seperti google chrome, firefox, opera, safari, dll.


5. Install aplikasi pendukung kerja atau aplikasi office

Untuk aplikasi pendukung office itu ada berbagai macam tidak hanya microsoft office saja, contohnya ada wps office, open office, libre office dll itu terserah kalian yang mana yang ingin kalian install tapi rata rata lebih familiar pada microsoft office karena banyak yang menggunakan, mudah UI UX nya dan juga.

Tetapi untuk microsoft office ini sendiri berbayar dan harganya cukup merogeh kocek yang lumayan, tapi ada cara lain yaitu dengan di crac*k tetapi dengan kita melakukan hal tersebut kita tidak menghargai jasa developernya yang sudah susah payah membuat software tersebut.

alternatif selain microsoft office yang mirip dalam segi UI UX nya menurut saya WPS Office dan saya menggunakan itu.


6. Install software atau program program pendukung lainnnya

Apa maksudnya? 

Yaitu program yang mendukung jalannya system pada windows dan aplikasi, beberapa ataupun mungkin semua aplikasi membutuhkan program pendukung ntah itu membutuhkan program net framework, directX, atau visual basic C++.

Yang dimana program program tersebut sangat dibutuhkan untuk kelancarannya menjalankan suatu program tersebut.


7. Install aplikasi kebutuhan lainnya

Yang dimaksud disini adalah aplikasi yang dibutuhkan oleh pengguna, ntah itu aplikasi game, editing gambar atau video atau lainnya.


Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan jika ada kekurangan atau kesalahan mohon dimaafkan dan kalian juga bisa memberitahukan admin jika ada kesalahan dikolom komentar dibawah atau ingin memberikan saran kritik dan masukan bisa juga di kolom komentar.

Sekian Terimakasih.
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Ini Yang Harus Dilakukan Setelah Install Ulang Windows"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.