Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Blokir Video Youtube Di Mikrotik Menggunakan Layer 7 Protocol

Table of Content [Tampil]
Tutorial Blokir Video Di Youtube Di Mikrotik - Bagaimana cara kita memblokir video di youtube sedangkan kita masih bisa mengakses situs youtube.com itu? Ada yang paham maksudnya? Okeii, Jika tidak paham saya beri tahu secara simple saja yaaa..

Pada Artikel ini kita akan blokir video di youtube artinya kita tidak bisa memutar video di dalam situs youtube, penasaran dengan hasilnya? Okei langsung saja kita mulai konfigurasinya.


Sebelum untuk memulai konfigurasinya, pastikan kalau youtube dan video youtube kalian masih bisa di akses, seperti gambar dibawah ini saya masih bisa untuk mengakses video youtube dan masih bisa menonton videonya.
channel youtube : catatanshand
Baiklah, youtube serta videonya masih bisa kita akses, sekarang kita lanjut ke bagian konfigurasinya, konfigurasi untuk memblokir video youtube sedangkan kita masih bisa untuk mengakses youtube. Cara ini hampir sama persisi seperti cara blokir webiste menggunakan layer 7 protocol

1. Pertama, kita buka terlebih dahulu untuk winbox untuk mengakses mikrotiknya

2. Next, kalian buka menu tab IP lalu klik firewall jika sudah akan muncul jendela firewall, jika sudah kalian pilih tab menu layer 7 protocol. Seperti gambar dibawah



3. Jika sudah di dalam menu tab layer7 Protocol kalian langsung saja klik tombol tanda tambah [+], lalu jika sudah muncul jendela new firewall L7 Protocol, selanjutnya kalian bisa isikan name dan bagian regexp nya kalian bisa isikan script atau perintah dibawah ini.
r[0-9]+---[a-z]+-+[a-z0-9-]+\.googlevideo\.com

4. Jika sudah kalian bisa langsung pergi ke menu tab filter rules, jika sudah dibagian filter rules kalian klik tombol tanda tambah [+], lalu jika sudah di bagian tab general menu chain kalian pilih forward, lalu selanjutnya kalian klik tab menu advanced.



5. Jika kalian sudah di tab menu advanced, lalu di menu layer7 protocol kalian pilih name yang sudah kalian buat sebelumnya di layer 7 protocol, jika sudah lanjut kalian pilih ke tab menu Action.



6. Jika kalian sudah di menu tab action, pada action kalian bisa pilih drop jika sudah langsung saja kalian klik apply dan ok.



7. Jika sudah akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.



Jika sudah seperti gambar diatas, kita berikan comment atau berikan nama untuk konfigurasinya agar kita tidak pusing atau bingung jika kita ingin menambahkan script filter rules lainnya.

untuk memberikan comments atau nama pada konfigurasi tersebut ialah:

kalian klik terlebih dahulu konfigurasinya hingga ada background biru seperti gambar diatas, jika sudah kalian klik tanda icon warna kuning disebelah tanda [x].

Next silakan isikan comment nya jika sudah klik ok seperti gambar dibawah ini:



Jika kalian sudah mengisikan Comment nya kalian bisa lihat bahwa nanti akan muncul satu baris di atas konfigurasi nya, namanya atau commentnya sesuai dengan yang kalian masukan atau isikan sebelumnya. Seperti gambar dibawah ini.



Jika sudah seperti gambar diatas langsung saja kalian cek apakah masih bisa untuk menonton video di youtube? Jika konfigurasi diatas berhasil harusnya video di youtube hanya background hitam dan loading terus menerus dan tidak akan terputar, jika iya maka kalian berhasil memblokir video youtube tersebut.

Semoga dapat bermanfaat ya artikel ini maaf jika cara menyampaiannya sedikit ribet hehehe, jika ada pertanyaan atau kritik dan saran silakan tulis di kolom komentar atau bisa langsung di contact yaa...

Sekian terimakasih.
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Cara Blokir Video Youtube Di Mikrotik Menggunakan Layer 7 Protocol"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.