Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install FTP Server Di Linux Ubuntu

Table of Content [Tampil]
Install Ftp Server di ubuntu - Di hari minggu yang cukup cerah ini admin mau bagiin tutorial bagaimana cara kita untuk install Ftp server di linux, kebetulan saya user linux dan saya menggunakan xubuntu maklum laptop kentang di pakaikan gnome suka lemot hehe 😀. Sebelum kita melakukan install Ftp server di linux kita, kita harus tahu dulu sedikit tentang ftp itu, sebenarnya apa itu ftp?

FTP adalah kata si wikipedia ftp itu merupakan salah satu protokol di internet yang tertua yang pernah ada dan ftp itu sendiri di kembangkan oleh pak Abhay Bhushan. Beliau merupakan seorang lulusan IIT dan MIT -kata si wikipedia.

Ftp ini sendiri menjadi layanan yang sering kali digunakan atau dimanfaatkan oleh pengguna internet, terutama untuk mendownload software dan hal hal lainnya. Bagaimana cara kita mengakses FTP? 

Untuk mengakses FTP itu ada banyak cara bisa melalui web browser dengan format ftp://(ip address kalian) ataupun bisa menggunakan software ftp client. untuk FTP client itu sendiri terdapat banyak antara lain ialah: filezilla, cyberduck, dll. FTP client ini akan lebih mempermudah kita untuk melakukan proses upload dan download file website, dan ftp client yang popular di kalangan windows, linux, bahkan mac adalah filezilla.

Cara install ftp server di linux ubuntu

Baiklah jika kalian sudah paham apa itu ftp, kita langsung saja untuk melakukan install ftp di linux, caranya adalah:

1. Pertama, kalian buka terlebih dahulu terminal linux kalian dan masuklah dalam ke mode root dengan mengetikan perintah sudo su, jika sudah kalian update terlebih dahulu repository linux kalian
apt-get update
2. Jika kalian sudah melakukan update pada repository linux kalian, kalian bisa langsung menginstall ftp servernya yaitu dengan cara menuliskan perintah: 
apt-get install vsftpd

3. Jika sudah install vsftpd nya, sekarang kalian keluar dahulu satu dari folder akun linux kalian saat ini pakai, nanti kita akan membuat akunnya di dalam directory /home, perintah untuk keluar satu folder adalah :
cd .. 
jika sudah berada di folder /home duat dahulu akun untuk login ke ftp servernya, perintah untuk membuat atau menambahkan akunnya adalah:
adduser (namaakun)
 Contohnya disini saya akan membuat akun yang bernama yus, jika kalian sudah memberikan namaakun dan di enter, nanti akan ada perintah dimana kita disuruh untuk memasukan password, seperti gambar dibawah ini:


Silakan kalian masukan passwordnya, pada tahap ini kita disuruh untuk mengisikan 2x password yang sama. 

Jika kalian sudah mengisikan password, tahap selanjutsnya adalah kita disuruh untuk memasukan full name, room number, work phone, home phone, other. Tapi kita hanya akan mengisi full namenya saja seperti gambar dibawah:


Jika kalian sudah mengisikan full name nya, di akhir ketikan y dan selamat akun kalian sudah terbuat, silakan ketikan perintah ls untuk melihat apakah akun kita sudah benar benar terbuat atau belum. Gambar dibawah adalah hasilnya jika telah berhasil.


Saya telah berhasil membuat akun yang telah saya tadi. Jika kalian sudah bagaimana untuk meng-check nya? 

kalian bisa menggunakan browser kalian baik itu mozilla, google chrome, IE, safari ataupun opera, jika sudah silakan kalian ketikan pada menu bar address, ketikan perintah dibawah ini:
ftp://(ip-address-kalian)
Bagaimana kita mengecek ip address kita di linux? caranya cukup mudah yaitu hanya dengan mengetikan perintah pada terminal linux kalian, perintahnya adalah:
ifconfig

Jika sudah mengetahui ip address nya kalian dapat membukanya di web browser kalian masing masing, jika kalian mencoba pada device atau perangkat yang berbeda pastikan kalian satu jaringan dengan ftp server kalian.

Disini saya menggunakan windows xp yang saya jalankan melalui virtualbox, dan di windows xp saya mendapatkan ip 192.168.30.145 masih dalam satu segment ip dengan si ftp servernya.

Selanjutnya saya membuka mozilla firefox dan kalian ketikan format ftp nya di bar address seperti gambar dibawah:

Jika berhasil, kalian akan disajikan login form untuk masuk kedalam ftp, silakan kalian masukan user yang sudah kalian buat tadi, tadi saya membuat user yus dengan password 123, dan hasilnya adalah seperti ini:


Dan taraaaa... Selamat FTP Server kalian sudah selesai 😀. Apakah Punya kalian juga sudah selesai? Semoga artikel ini dapat membantu kalian yaa.. Maaf jika ada kesalahan dalam penulisan artikel, silakan berikan komentar dibawah jika terdapat kesalahan pada artikel.

Sekian terimakasih.
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Cara Install FTP Server Di Linux Ubuntu"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.