Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Memblokir Internet Di Mikrotik Pada Jam Tertentu Dengan Firewall

Table of Content [Tampil]
Cara Blokir Internet Menggunakan Mikrotik Di Jam Tertentu - Di Routerboard Mikrotik memiliki banyak sekali fitur fitur yang tersimpan didalamnya, seperti kita bisa melakukan blokir akses internet dengan mudah di mikrotik menggunakan firewall lalu kita bisa juga memblokir website di mikrotik dengan menggunakan firewall lalu layer 7 protocol, atau bisa juga menggunakan web proxy. 

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bagaimana cara kita dapat memblokir sebuah akses internet pada jam yang sudah di tentu kan atau pada jam jam tertentu saja menggunakan mikrotik. memblokir akses internet pada jam tertentu itu memiliki tujuan salah satunya adalah untuk membatasi user atau pengguna agar hanya dapat menggunakan akses internet pada jam jam normal saja seperti saat jam makan siang dan akan memblokir akses internetnya pada saat malam hari.

Dalam mematikan dan menghidupkan ataupun sering disebut dengan manajemen jaringan adalah merupakan tugas seorang administrator jaringan atau Admin Network untuk mengatur lalu lintas data dalam jaringan maupun kebutuhan client yang lainnya. 

Sekarang langsung kita ke topik pembahasan dan tutorial nya, pertama gambar dibawah ini adalah ilustrasi topologi jaringan di rumah saya.


Cara memblokir internet di jam tertentu menggunakan mikrotik

Kita lihat topologi sederhana berikut ini, ini terlihat kita memiliki sebuah modem lalu dihubungkan ke switch lalu client yang menggunakan laptop atau komputer dihubungkan ke switch agar mendapatkan akses internet, nah sekarang kita akan memblokir akses internet pada topologi tersebut di jam jam tertentu, misalnya kita blokir pada jam 07:00 pagi sampai 21:00 Malam atau jam 9 Malam. Bagaimana caranya kita dapat memblokir internet? 

Cara Mudah Blokir Akses Internet Di Mikrotik

1. Pertama, sebelum kita mengkonfigurasi routerboard mikrotik, kalian buka terlebih dahulu winboxnya.

2. Setelah winbox terbuka, pastikan routerboard mikrotik kalian sudah mendapatkan akses internet kita konfigurasikan SNTP Client terlebih dahulu.

System ➤ SNTP Client


cara blokir internet pada jam tertentu

Kalian centang atau kalian ceklis kotak enablenya, lalu pada primary NTP server kalian isikan id.pool.ntp.org jika sudah kalian isikan kalian klik apply.  Jika kalian sudah meng-klik apply maka akan berubah seperti gambar dibawah ini.


Cara blokir akses internet di mikrotik

3. Jika sudah selanjutnya kita konfigurasi waktu di mikrotik, pertama kalian klik System ➤ Clock lalu timezone name sesuaikan asal kalian berada, atau tempat dimana kalian berada sekarang ini, jika sudah apply dan ok. 


cara blokir internet pada jam tertentu

4. Langkah selanjutnya kita buat IP untuk Switch nya telebih dahulu caranya adalah klik IP ➤ address.


cara blokir internet pada jam tertentu

Saat kalian sudah meng-klik addresses, akan muncul tampilan window address list, langkah selanjutnya kalian klik tanda tambah [+] lalu isikan IP yang kalian inginkan dan jangan lupa pilih interfacesnya.

contoh konfigurasi saya seperti ini :

Addresses : 192.168.100.1/24
(ip ini yang akan saya gunakan untuk switch)

Network : 
(ini akan terisi otomasti jika kalian sudah mengisi Addresses dan memilih interface)

Interfaces : ether2
(bagian interfaces kalian sesuaikan, disini saya menghubungkan switch dengan router mikrotik melalui ehter2, karena ehter 1 untuk internet.)

jika sudah klik apply dan network akan terisi secara otomatis, lalu ok.


cara blokir internet pada jam tertentu

5. Kalian sudah membuat IP untuk switch selanjutnya kalian harus setting dhcp servernya untuk ether2 atau untuk si switch nya terlebih dahulu, agar client yang terhubung melalui si switch tersebut bisa mendapatkan ip secara otomatis.

klik IP ➤ DHCP Server ➤ DHCP Setup 

cara blokir internet pada jam tertentu

setelah kalian klik DHCP Setup, kalian klik next hingga selesai, atau lihat gambar dibawah ini.

cara blokir internet pada jam tertentu

6. Kalian sudah membuat IP untuk Switch? Sudah Membuat DHCP Server nya? Jika sudah selanjutnya kita harus melakukan konfigurasi pada firewallnya agar blokir internet di jam tertentu dapat di lakukan.

klik IP ➤ Firewall ➤ filter rule ➤ klik tanda [+].

cara blokir akses internet di winbox

Jika sudah klik tanda tambah akan muncul window New Firewall Rule, selanjutnya kalian klik General lalu pada Chain isikan forward, di src addresses isikan Ip network switchnya, seperti gambar dibawah ini.

Bagaimana cara memblokir akses internet

Jika di menu General sudah selanjutnya kita ke menu Extra, di menu extra ini yang harus kalian isikan hanya menu time saja. Isikan waktu yang sesuai dengan kebutuhan kalian, disini saya menulisnya jam 21:00 - 07:00, ini artinya pada jam 21:00 atau jam 9 malam hingga jam 07:00 pagi user yang terhubung tidak mendapatkan internet. 

Cara blokir internet

Langkah selanjutnya jika kalian sudah mengisikan time kalian klik menu action, dibagian action kalian ganti dengan drop, Jika sudah klik apply dan Ok.

Cara memblokir akses internet di mikrotik dengan mudah

Jika kalian sudah apply, kalian dapat melakukan pengetesan, bisa di coba melalui CMD atau command prompt atau bisa langsung buka google apakah sudah berhasil tidak mendapatkan internet atau belum, tapi pastikan jam di mikrotik sesuai dengan jam dimana saat kalian ingin mencobanya.

~ Selamat mencoba ~

Sekian dari tutorialnya semoga dapat bermanfaat, jika masih bingung kalian bisa tanyakan di kolom komentar atau kalian dapat kontak admin langsung, disini.

Sekian terimakasih.
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Cara Mudah Memblokir Internet Di Mikrotik Pada Jam Tertentu Dengan Firewall"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.