Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Kabel USB Extender Dengan Mudah

Cara Membuat Kabel USB Extender - Sebetulnya kita bisa membeli kabel USB extender ini di toko komputer terdekat atau beli di online shop, tapi tak ada salahnya jika kita ingin membuatnya. Membuat kabel usb extender ini bertujuan untuk kabel yang menghubungkan antara modem atau USB WIfi Receiver yang akan dihubungkan di laptop.


Kabel USB extender atau juga bisa disebut dengan kabel usb extension adalah kabel yang menyambungkan antara kabel usb dengan kabel UTP/Kabel Lan agar mendapatkan arus dan kecepatan data yang stabil. Tapi Tidak semua Usb extender mampu mentransfer data hingga lebih dari 10meter. 

perlu kalian ketahui bahwa kabel USB dengan panjang 10 meter atau lebih, terkadang saat digunakan untuk mengoperasikan modem, arusnya terputus ditengah jalan atau modem tidak terdeteksi, ini dikarenakan arus yang mengalir didalam kabel USB dari laptop/PC ke modem tidak cukup besar daya hantarnya sehingga arus yang lewat menjadi terhambat, namun dengan membuat USB Extender, arus yang beroperasi cukup stabil dan tidak terlalu memakan daya dari laptop/PC.

Baca juga : 
Saya pernah membeli kable usb extender ini di toko komputer di dekat rumah saya, lalu saya membeli kabe usb extender ini dengan panjang 5meter, setelah saya coba dirumah kabel tersebut tidak bisa digunakan untuk transfer data jaringan hanya bisa digunakan untuk transfer data saja itupun transfer datanya lemot atau lambat. 

Membuat kabel USB Extender

Langsung saja kita buat kabel USB extendernya, apa saja alat dan bahan untuk membuat kabel usb extender ini?
  1. Kabel USB male dan Kabel USB Female
  2. Kabel UTP panjangnya sesuaikan dengan kebutuhan, disini saya membuat kabel USB extender sekitar 10 meter
  3. Solder
  4. Isolasi bakar warna hitam
  5. Gunting atau Cutter atau pisau
  6. Cemilan dan Kopi ( Punya sebagai temen aja gan :v )
Baca juga Cara nembak wifi tetangga
Cara pembuatan : 

1. Potong kedua ujung kabel usb extender dengan pisau atau cutter atau gunting, sisakanlah 10-15 cm atau lebih dari port usb male dan port usb female. Kupas kabel hingga tembaganya terlihat, usahakan sedikit panjang agar nanti dapat disambung dengan kabel LAN. Kabel usb sendiri terdiri dari 4 warna, yaitu merah, hijau, putih, dan hitam. Hati hati kabel usb, kabel tembaganya tipis.


2. Kupas kabel LAN seperti cara nomer 1. Tapi kabel LAN sendiri memiliki diameter ukuran kabel tembaga yang lebih besar daripada kabel usb. Dan kabel LAN sendiri memiliki 8 warna dan 4 pasang yaitu, putih oren-oren, putih hijau-hijau, putih biru-biru, putih coklat-coklat.

3. Jika semua kabel sudah terkupas selanjutnya kalian sambungkan antara kabel UTP dengan kabel USB nya. Sesuai dengan konfigurasi warnanya dibawah ini


Jika sudah di sambung atau di lilitkan sesuai dengan konfigurasi warna kabel, selanjutnya kalian siapkan solder lalu solder kabel kabel tersebut, jika sudah di solder kalian solasi dengan menggunakan isolasi warna hitam.


Atau bisa juga Sebelum di solder kalian pasang kan isolasi bakar warna hitam lalu selesai di pasang kalian solder dan jika sudah di solder kalian bakar solasi bakar tersebut untuk menutupi bekas solderan kalian tadi.


4. Jika sudah selesai di solder dan bekas solderannya sudah di tutupi dengan solasi hitam atau solasi bakar waktunya kalian testing kabel tersebut, disini saya mencobanya menggunakan USB wifi Receiver yang nantinya akan saya gunakan untuk menembak wifi tetangga.


Sekian dari tutorial membuat kabel usb extender semoga bermanfaat, jika masih ada yang kurang jelas bisa tulis di kolom komentar dibawah ini atau langsung chat di social media saya tepat berada dipaling bawah.

sekian Terimakasih.
Shandi
Shandi Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Informasi sedikit dari admin Blog Catatan Shand

Hai, Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini, semoga artikel diblog ini dapat membantu kalian, jika kalian menemukan ada link rusak atau kesalahan dalam memberikan informasi didalam artikel atau diblog ini bisa contact admin langsung Disini.

Atau jika kalian ingin memberikan seperti saran, kritik bisa langsung komentar di kolom komentar atau bisa contact admin langsung Disini atau langsung report admin melalui report page bisa langsung saja Disini


Terima Kasih atas waktunya :).

Berlangganan via Email