Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Membuat Hotspot Di Windows 7 Dengan CMD

Table of Content [Tampil]
Cara membuat hotspot di windows 7 menggunakan CMD - Sebenarnya di windows 10 ada fitur hotspot mobile dimana kita bisa membagikan koneksi internet dan membuat hotspot tanpa harus menggunakan CMD atau Command Prompt. Tapi kali ini kita akan membuat hotspot di windows 7 menggunakan cmd karena di windows 7 ini tidak di sediakan fitur mobile hotspot seperti di windows 10.

Banyak dari kalian yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya laptop itu bisa dijadikan sebagai hotspot asal laptop tersebut mendapatkan akses internet. Dengan adanya hotspot ini kita bisa berbagi akses internet kepada user lain yang menggunakan smartphone, tablet ataupun laptop.

Untuk cara membuat hotspot di laptop sangatlah mudah, bahkan dapat dilakukan tanpa software apapun, cukup melalui tool CMD bawaan windows. Untuk membuat hotspot sendiri di laptop, kita memanfaatkan fitur dari windows yang bernama hosted netword. Dengan hosted network ini, kita bisa berbagai file atau koneksi internet tanpa perlu menggunakan software pihak ketiga.

Cara membuat hotspot di windows 7

1. Pastikan laptop kamu sudah terhubung ke internet baik itu terhubung dari wireless atau pun dari kabel / wired. Kali ini laptop saya terhubung melalui jaringan wireless atau wifi.


2. Setelah itu kalian buka Command prompt nya, Dengan cara klik menu start lalu ketikan Command atau cmd, lalu klik kanan pilih Run as Administrator. 


3. Jika sudah muncul command prompt nya kalian bisa ketikkan perintah ini
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=catatanshand key=catatanshand12345
Jika sudah kalian ketik, kalian bisa tekan enter untuk menjalankan perintahnya, untuk ssid dan key nya bisa kalian ganti sesuai keinginan kalian.


4. Jika sudah ditekan enter sekarang kalian lanjut untuk mengetikkan perintah dibawah ini 
netsh wlan start hostednetwork
Jika kalian sudah mengetikkan perintah tersebut kalian bisa tekan enter kembali untuk menjalankan perintahnya.



Jika sudah muncul  The hosted network started. kalian bisa cek di icon wifinya nanti akan muncul adapter wireless baru seperti gambar dibawah ini.



5. Langkah selanjutnya klik icon wifi lalu pilih Open Network And Sharing Center 



6. Jika sudah Klik Open Network and Sharing Center maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.




7. Setelah itu kalian klik Wireless Network Connection 3, Karena di punya saya Wireless Network Connection 3 maka saya klik ini, jika di laptop kalian beda dengan saya tidak apa-apa kalian klik saja. 


Jika sudah kalian klik maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, selanjutnya kalian klik tombol properties.


8. Jika kalian sudah meng-klik tombol properties akan muncul tampilan Wireless Network Connecction Properties. Jika sudah muncul kalian klik menu Sharing.


Jika kalian sudah berada di menu sharing, yang pertama kalian lakukan adalah ceklis kotak yang belum di ceklis, setelah sudah memberikan ceklis lalu kalian pilih adapter mana yang akan kalian berikan internet, karena saya ingin adapter Wireless Network Connection 3 mendapatkan internet maka saya pilih Wireless Network Connection 3, jika sudah silakan kalian klik tombol Ok.


9. Jika kalian sudah menekan tombol ok sekarang kalian lihat apakah adapter yang anda pilih mendapatkan akses internet atau tidak. Dan adapter yang saya pilih sudah mendapatkan akses internet dan siap untuk di gunakan di perangkat mobile atau tablet ataupun laptop.



Gimana mudah bukan membuat hotspot di menggunakan command prompt, tutorial ini bisa di terapkan di windows 8 juga ko, tapi karena di windows 10 sudah mempunyai fitur hotspot mobile jadi sepertinya tidak perlu melakukan konfigurasi ini di windows 10.

Semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang sudah membacanya :D

Sekian terimakasih.
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

2 comments for "Tutorial Membuat Hotspot Di Windows 7 Dengan CMD "

  1. gan, sudah bisa tp status di receive nya masih 0
    dan hp selalu gagal masuk ke wifi, kenapa ya..?

    ReplyDelete

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.