Pengertian Garuda OS Buatan Anak Bangsa Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

pengertian garuda os dan kelebihan dan kekurangan garuda os
Pengertian Garuda OS dan Kelebihan kekurangan Garuda OS - Jika kalian masih menggunakan sistem operasi windows, kenapa tidak mencoba menggunakan produk ini? ke sistem operasi Garuda atau biasa disebut Garuda OS. Garuda OSGaruda OS adalah sistem operasi (OS) berbasis Linux (PCLinuxOS) yang dikembangkan di Indonesia. Seperti pada OS lainnya, Garuda OS mendukung penggunaan format dokumen terbuka (ODF) yang juga resmi sebagai format standar ISO dan SNI (Standar Nasional Indonesia), Menggunakan kernel Linux yang stabil, dan lingkungan desktop KDE dengan dukungan bahasa Indonesia dan bahasa dunia lainnya, Garuda OS telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur. Jika dibandingkan dengan Microsoft Windows atau Mac OS, sistem operasi Garuda memang belum apa-apanya, namun setidaknya Garuda OS ini dapat berfungsi baik dan tidak terlalu buruk tampilan serta fitur-fiturnya. Sistem operasi Garuda merupakan Distro Linux yang berbasis PCLinuxOS Fullmonty Edition, seperti yang telah dijelaskan OS ini adalah buatan dari pengembang Indonesia. 

Sistem operasi Garuda memang sudah layak untuk dijadikan sebagai OS pada Komputer karena sudah memenuhi standar. Meskipun sistem operasi Garuda os dikembangkan di Indonesia, namun seperti nya sangat terlihat jelas bahwa sistem operasi ini merupakan rombakan atau modifikasi dari Linux. hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah, dan sistem operasi Garuda tetap dianggap sebagai karya anak bangsa indonesia. 

Salah satu hal yang menarik lagi bahwa, sistem operasi Garuda ternyata disediakan secara gratis. Anda tidak perlu membeli original karena software ini berlisensi Open Source, lagipula jika sistem operasi ini disediakan berbayar, pastinya akan lebih banyak yang menggunakan versi bajakan, seperti windows yang merupakan sistem operasi close source dan berbayar tapi banyak yang menggunakan windows bajakan alias windows crack.


Fitur Fitur Garuda OS

  • Kernel Linux : 2.6.38.7, Dengan fitur ini maka OS dapat melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses ke perangkat keras komputer dengan aman.
  • Desktop : KDE 4.6.3
  • Dukungan driver VGA, garuda os mendukung berbagai macam Video Graphics Array VGA, baik dari produsen Nvidia, ati, Intel, dan lain-lain.
  • Dukungan Wireless untuk berbagai perangkat jaringan
  • Mendukung perangkat printer lokal ataupun jaringan
  • Mendukung bahasa Indonesia dan bahasa Inggris serta 60 bahasa dunia lainnya (seperti : Jepang, India, Korea, Cina, Arab)
  • Mendukung banyak format populer dari kategori multimedia. Seperti pada sistem operasi lain, Garuda juga dapat menjalankan format multimedia (seperti flv, mp4, mp3, mpg, wav, wrna, avi, ogg, dll.)
  • Mendukung proses instalasi berbagai macam program yang berbasis untuk Windows (seperti Photoshop,CorelDraw, MS Office, AutoCAD, dll)
  • Dukungan untuk instalasi berbagai macam game online ataupun offline berbasis Windows
  • Mendukung font web google
  • Mendukung font aksara daerah

Dari fitur yang di atas sudah menjelaskan bahwa sistem operasi garuda os ini tampaknya cukup bisa diandalkan. Satu yang hal yang juga tidak kalah penting adalah mengenai software untuk kebutuhan internet, Garuda OS dapat menjalankan berbagai program internet baik itu web browser, aplikasi messanger dan lain-lain.

Baca juga : Perbedaan USB 3.0 dan USB 2.0

Di bawah ini adalah tampilan desktop dari garuda OS.

Tampilan desktop Garuda OS

System atau hardware minimum untuk garuda OS

Untuk menginstall sistem operasi garuda os ini di komputer ataupun laptop kalian tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi cukup spesifikasi rendah sudah bisa menjalankan sistem operasi ini dengan baik, spesifikasi minimumnya adalah :
  • Prosesor minimal Intel atom maupun AMD sekelas pentium IV ke atas.
  • RAM minimum 512 MB, rekomendasi lebih baik 1GB sudah lebih dari cukup.
  • Kapasitas Harddisk  minimum 8 GB, rekomendasi 20 GB atau lebih jika ingin menginstal program lainnya.
  • VGA atau kartu grafis, sistem operasi Garuda kompatibel dengan berbagai macam produk seperti Nvidia, Ati, Intel, Sis, Matrox, serta VIA.
  • Untuk Soundcard, cukup minimal Sound blaster, Kartu AC97, atau bisa juga HAD.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang Garuda OS semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang sudah membacanya.

Sekian Terimakasih.

Tentang Penulis

Yushandrino Ramadilesta

Hai..Salam kenal saya Yushandrino, saya memiliki ketertarikan tentang dunia IT baik itu dibidang jaringan, hardware, software ataupun Programming. Saya pun ingin memperdalam ilmu pengetahuan saya akan dunia IT yang dimana, suatu saat nanti dapat bermanfaat bagi orang lain sama halnya dengan blog ini. Blog ini saya bangun dengan tujuan membagikan pengalaman atau ilmu yang saya punya dan saya tuangkan kedalam bentuk artikel dan beberapa video, semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat.

Facebook | Whatsapp | Instagram

Subscribe to receive free email updates:

PERHATIAN SEMUANYA

Jika kalian memiliki pertanyaan atau terdapat kendala atau masalah baik itu pada penyampaian kata-kata ataupun kesalahan informasi atau kesalahan pada tutorial di artikel, kalian dapat kontak adminnya langsung disini atau silakan berkomentar dikolom komentar dibawah ini tentunya akan di approve cepat.

0 Response to "Pengertian Garuda OS Buatan Anak Bangsa Serta Kelebihan Dan Kekurangannya"

Post a Comment

Hai para pembaca setia, Semoga artikel diatas bermanfaat :)
Ingin berkomentar silakan tetapi harus mengikuti aturan yang ada:

1. Berikan komentar yang relevan sesuai dengan artikel di atas ini.
2. Harap tidak berkata kasar dan Dilarang keras berkomentar yang mengandung SARA.
3. Silakan berikan masukan, kritik dan saran untuk artikel di atas atau blog ini agar blog ini bisa lebih baik kedepannya.

Komentarmu dan Followmu sangat berarti untuk peningkatan blog ini :)

Terima kasih sudah berkunjung.