Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Konfigurasi Router DHCP Di Cisco Packet Tracer

Table of Content [Tampil]
Cara Konfigurasi DHCP Router Cisco - Untuk melakukan konfigurasi router DHCP itu terbilang mudah apabila masih menggunakan 1 buah router jadi tidak perlu melakukan routing. Sebelum melakukan bagaimana routing dengan 2 atau 3 router kalian harus bisa melakukan konfigurasi 1 buah router terlebih dahulu.
Langsung saja kita mulai konfigurasinya tapi sebelum mulai konfigurasinya siapkan dulu alat tempurnya seperti :
  • Laptop atau Komputer
  • Aplikasi Cisco Paket Tracer
Jika sudah memenuhi kalian bisa buka aplikasi cisco paket tracer nya dan buatlah topologi jaringannya seperti gambar dibawah ini.

Baca juga : Pengertian ip address dan macam macam kelas ip address

Cara konfigurasi DHCP di Cisco packet tracer


" mas itu yang berawarna biru namanya kabel apa? "
 
Kabel yang berwarna biru itu adalah kabel console yang biasanya digunakan untuk konfigurasi router di dunia nyata.

" Kenapa harus menggunakan kabel console? "

Karena di dunia nyata jika seorang network engineer ingin melakukan konfigurasi atau routing sebuah router itu memerlukan kabel console agar bisa di lakukannya konfigurasi atau routing.

Jika kalian sudah membuat topologinya seperti yang sudah saya tunjukan seperti gambar di atas maka kalian ikuti langkah-langkah ini :

Pertama, kalian Klik laptop nya dulu lalu piliih tab Desktop lalu cari kotak terminal, Jika sudah klik terminal tersebut. Jika sudah makan akan mucul tampilan terminal configuration seperti gambar dibawah, langsung saja kita tekan enter untuk masuk ke terminal.

Terminal Configuration Cisco Paket Tracer

Setelah menekan enter nanti akan muncul pertanyaan Continue with configuration dialog? [Yes/no] kita isikan No saja karena kita ingin memulai konfigurasi bukan ingin melanjutkan konfigurasi. Jika sudah ikuti perintah perintah konfigurasi nya seperti dibawah ini.
  1. router> enable
  2. router# configure terminal 
  3. router (config)# interface fa0/0 ( Karena saya menyambungkan kabel pada interface fa0/0 maka saya tulisa fa0/0, jika kalian menyambungkannya di fa0/1 maka kalian bisa ganti fa0/0 menjadi fa0/1 ).
  4. router (config-if)# ip address 192.168.0.1 255.255.255.0 ( ini adalah ip address pada interface fa0/0 ).
  5. router (config-if)# no shutdown
  6. router (config-if)# exit ( untuk keluar dari interface fa0/0 ).
  7. router (config)# ip dhcp pool network192
  8. router (dhcp-config)# network 192.168.0.0 255.255.255.0 
  9. router (dhcp-config)# default-router 192.168.0.1 (ini adaah ip address router yang akan kita jadikan sebagai gateway)
  10. router (dhcp-config)# exit
  11. router (config)# 
Keterangan: Pada network192 kalian bebas mengisikan nya dengan nama lain, itu hanya untuk memberikan nama pada dhcp pool yang kita sudah kita buat.

Jika kalian sudah mengikuti langkah-langkah konfigurasi router diatas maka sekarang kita test apakah client berhasil mendapatkan dhcp atau tidak?
Cara untuk mencobanya dhcp berhasil atau tidak pada client  yaitu : 
  • kalian klik dan pilih salah satu komputer client
  • Pilih kotak Ip configuration
  • jika sudah terbuka, pertama setting-an ip nya masih menggunakan static, sekarang kita pindahakan ke dhcp lalu lihat hasilnya.

Selamat konfigurasinya berhasil sekarang komputer client telah mendapatkan ip dari router

Sekian dari cara konfigurasi router dhcp di cisco paket tracer, semoga bisa bermanfaat untuk kalian. Maaf bila ada salah kata atau kesalahan lain, share artikel ini agar teman kalian bisa juga melakukan konfigurasi router ini. 

Sekian terimakasih.
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

2 comments for "Cara Konfigurasi Router DHCP Di Cisco Packet Tracer"

  1. terimakasih untuk tips dan trik langkah-langkah nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kembali sudah berkunjung, bila terjadi kesalahan silakan konfirmasi ke admin melalui form contact me ya, semoga artikel ini dan lainnya dapat bermanfaat

      Delete

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.