Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan PC Built up

Kelebihan dan kekurangan PC built up – Sekilas sama antara PC Built up dengan PC Rakitan, Terutama dalam segi tampilan namun ada hal yang dapat membedakan antara PC built up dengan PC Rakitan, lantas apa saja kelebihan dan kekurangan yang di miliki oleh PC Built up? Simak kelebihan dan kekurangan dibawah ini guys.

Pada dasarnya komputer menjadi sebuah kebutuhan yang sangat di perlukan untuk membantu menyelesaikan tugas tugas atau pekerjaan. Komputer sudah banyak di gunakan mulai dari kalangan anak anak sampai orang dewasa, bagi anak anak komputer digunakan sebagai media untuk mencari sumber edukasi, sedangkan untuk pelajar untuk mencari tugas atau menyelesaikan sebuah tugas, bahkan orang dewasa pun juga mengerjakan pekerjaan mereka menggunakan komputer. 

Tidak hanya untuk mencari sumber edukasi atau mengerjakan tugas atau pekerjaan saja, banyak masyarakat yang menggunakan komputer untuk bermain game, orang yang suka dengan game orang itu disebut Gamers.

Kelebihan PC Built up


1. Mempunyai Komponen lebih bagus dan berkualitas

PC Built up memiliki komponen yang lebih bagus dan berkualitas karena semua proses mulai dari pembuatan pemasangan itu semua dilakukan oleh pihak dari produsennya, sehingga mereka lebih paham tentang komponen yang digunakan dan tidak asal memasangnya atau menggabungkannya.

2. Hemat waktu, Cepat Dan Juga Sederhana

Tidak seperti Komputer rakitan yang membutuhkan banyak waktu untuk mencari komponennya dan membutuhkan kemampuan lebih dan waktu lebih dalam merakit PC. Dengan membeli Komputer built up kita tidak perlu menguras banyak waktu. Selain itu membeli komputer built up pc juga membuat anda tidak perlu harus mempelajari terlebih dahulu mengenai hardware dan komponen komponen untuk menyusun pc.

3. Memiliki Garansi 

Komputer built up memiliki kelebihan lainnya dibandingkan komputer rakitan, yaitu memiliki sebuah garansi. Garansi ini nantinya bisa dipakai ketika hardware atau komponen PC kita ada yang mengalami kerusakan teknis. Biasanya produsen dari pc built up memberikan jangka waktu garansinya selama 1-3 tahun, karena demi kepuasan pelanggannya sehingga mereka memberikan waktu garansi yang cukup lama.

4. Tidak perlu Membeli OS atau Install OS bajakan

OS atau Operating system pada komputer built up itu biasanya sudah terpasang secara default, dengan OS yang sudah terpasang pada komputer built up nantinya user akan mendapatkan information update terbaru untuk meng-update OS tersebut. 

Namun ada beberapa produsen yang sengaja tidak menginstall OS pada komputer built up itu disebabkan agar pembeli bisa memilih sendiri sistem operasi yang di inginkannya biasanya nanti akan di beri CD sistem operasi.

5. PC Built up lebih hemat listrik

Karena PC built up dirancang oleh produsen, maka jumlah arus listrik yang di perlukan akan di sesuaikan dengan jumlah kebutuhan pada tiap perangkat atau komponen sehingga power supply yang digunakan menyesuaikan dengan kebutuhannya oleh sebab itu pc built up lebih hemat dalam penggunaan listrik

6. Cocok untuk perkantoran ataupun sekolah 

Seperti di tempat Prakerin saya, di tempat prakerin saya seluruh lab komputer yang ada disana menggunakan PC built up, sekarang komputer built up tidak hanya banyak digunakan oleh perkantoran saja, banyak juga disekolah yang menggunakan komputer built up.

Baca juga : Perbedaan antara SSD dan HDD

Kekurangan PC Built up


1. Memiliki harga yang mahal

Ada beberapa kekurangan pc built up salah satunya yaitu memiliki harga yang tinggi atau mahal merupakan kekurangan pertama dari pc built up. Tidak heran jika sebuah pc built up di patok harga yang lebih mahal dibandingkan dengan harga pc rakitan yang memiliki spesifikasi sama. Seperti yang kita ketahui pada kelebihannya pc built up memiliki banyak kelebihannya sehingga menjadi harga untuk di kelasnya.

2. Sulitnya untuk mengupgrade

Sebagian produsen bios yang apabila kita mengupgrade sendiri maka garansi akan hilang, itu biasanya terdapat pada pc built up yang memakai bios tertentu pada motherboardnya. Sehingga mengharuskan kamu untuk pergi ke service centernya untuk bisa mendapatkan upgrade terbaru. 

3. Tidak memiliki kontrol penuh terhadap komponen

Jika  kita ingin mengupgrade komponen tersebut, jika kita salah membeli maka bukan tidak mungkin komputer tidak cocok dengan dudukan atau tidak kompatibel dengan komponen lainnya. Seperti ketika kita ingin menambah kapasitas RAM, maka apakah slot ram nya masih tersedia? Jika tidak sepertinya kita harus berkonsultasi dengan pihak produsennya mengenai apa yang ingin kita lakukan.


Itulah informasi tentang Kelebihan dan kekurangan PC built up yang bisa saya sampaikan jika ada kekurangan mohon maaf.

Sekian Terimakasih.
Shandi
Shandi Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Informasi sedikit dari admin Blog Catatan Shand

Hai, Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini, semoga artikel diblog ini dapat membantu kalian, jika kalian menemukan ada link rusak atau kesalahan dalam memberikan informasi didalam artikel atau diblog ini bisa contact admin langsung Disini.

Atau jika kalian ingin memberikan seperti saran, kritik bisa langsung komentar di kolom komentar atau bisa contact admin langsung Disini atau langsung report admin melalui report page bisa langsung saja Disini


Terima Kasih atas waktunya :).

Berlangganan via Email