Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Fungsi Dari DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

Table of Content [Tampil]
Pengertian dan fungsi DHCP - Dalam pembagian IP ada yang static dan ada juga yang DCHP. Lalu tahukah kalian dari Pengertian DHCP itu Dan Apa Fungsi DHCP? Dynamic Host Configuration Protocol atau yang di sebut dengan DHCP adalah Protokol client-server yang digunakan untuk membagikan IP atau memberikan IP address pada setiap komputer atau perangkat jaringan lainnya secara otomatis. 

Apa Pengertian DHCP

Fungsi DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

Fungsi DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah untuk mendistribusikan IP address secara otomatis kepada setiap komputer client yang ingin terhubung dengan jaringan komputer dan memberikan kemudahan bagi seorang network administrator dalam mengelola jaringan komputer.

Kenapa banyak yang menggunakan DHCP? Alasannya karena mudah dalam pemberian alamat IP kepada komputer client atau alat jaringan lainnya, walaupun dalam jumlah yang banyak dengan cara otomatis. Dengan menggunakan DHCP kita tidak perlu lagi cape cape men-setting IP komputer client satu satu.


DHCP sangat menguntungkan terutama untuk seorang network engineer, karena dengan adanya DHCP tidak perlu lagi memberikan alamat IP pada komputer komputer yang ingin terhubung jaringan. Kalau untuk 5 - 10 Komputer tidak masalah kita setting IP komputer secara manual bagaimana jika kalau ada ratusan komputer atau bahkan bisa sampai ribuan? Yakin masih ingin setting IP sendiri dengan segitu banyaknya komputer? tentunya tidak kan :D.

Keuntungan jika kita menggunakan DHCP

Saya akan sebutkan apa saja keuntungannya jika kita menggunakan DHCP. keuntungannya antara lain adalah :
  1. Dengan menggunakan DHCP kita tidak perlu lagi memberikan atau membagikan alamat IP kepada komputer client satu per satu.
  2. Mencegah terjadinya IP conflict yang sering terjadi pada suatu jaringan.
  3. Komputer yang ingin terhubung jaringan dapat menggunakan alamat IP yang tidak di pakai oleh komputer client lain.
  4. Dengan menggunakan layanan DHCP, komputer client yang terhubung ke jaringan dapat menggunakan alamat IP dalam jangka waktu tertentu tergantung dari pemberian server.

Itulah sedikit penjelasan tentang pengertian dan fungsi DHCP Semoga dapat membantu dan dapat bermanfaat untuk kalian yang sudah membacanya.

Sekian terimakasih
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Pengertian Dan Fungsi Dari DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.