Pengertian Dan Fungsi Dari DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

Dalam pembagian IP ada yang static dan ada juga yang DCHP. Lalu tahukah kalian dari Pengertian DHCP itu Dan Apa Fungsi DHCP? Dynamic Host Configuration Protocol atau yang di sebut dengan DHCP adalah Protokol client-server yang digunakan untuk membagikan IP atau memberikan IP address pada setiap komputer atau perangkat jaringan lainnya secara otomatis. 

Apa Pengertian DHCP

Fungsi DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

Fungsi DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah untuk mendistribusikan IP address secara otomatis kepada setiap komputer client yang ingin terhubung dengan jaringan komputer dan memberikan kemudahan bagi seorang network administrator dalam mengelola jaringan komputer.

Kenapa banyak yang menggunakan DHCP? Alasannya karena mudah dalam pemberian alamat IP kepada komputer client atau alat jaringan lainnya, walaupun dalam jumlah yang banyak dengan cara otomatis. Dengan menggunakan DHCP kita tidak perlu lagi cape cape men-setting IP komputer client satu satu.


DHCP sangat menguntungkan terutama untuk seorang network engineer, karena dengan adanya DHCP tidak perlu lagi memberikan alamat IP pada komputer komputer yang ingin terhubung jaringan. Kalau untuk 5 - 10 Komputer tidak masalah kita setting IP komputer secara manual bagaimana jika kalau ada ratusan komputer atau bahkan bisa sampai ribuan? Yakin masih ingin setting IP sendiri dengan segitu banyaknya komputer? tentunya tidak kan :D.

Keuntungan jika kita menggunakan DHCP

Saya akan sebutkan apa saja keuntungannya jika kita menggunakan DHCP. keuntungannya antara lain adalah :
  1. Dengan menggunakan DHCP kita tidak perlu lagi memberikan atau membagikan alamat IP kepada komputer client satu per satu.
  2. Mencegah terjadinya IP conflict yang sering terjadi pada suatu jaringan.
  3. Komputer yang ingin terhubung jaringan dapat menggunakan alamat IP yang tidak di pakai oleh komputer client lain.
  4. Dengan menggunakan layanan DHCP, komputer client yang terhubung ke jaringan dapat menggunakan alamat IP dalam jangka waktu tertentu tergantung dari pemberian server.

Itulah sedikit penjelasan tentang pengertian dan fungsi DHCP Semoga dapat membantu dan dapat bermanfaat untuk kalian yang sudah membacanya.

Sekian terimakasih

Tentang Penulis

Yushandrino Ramadilesta

Hai..Salam kenal saya Yushandrino, saya memiliki ketertarikan tentang dunia IT baik itu dibidang jaringan, hardware, software ataupun Programming. Saya pun ingin memperdalam ilmu pengetahuan saya akan dunia IT yang dimana, suatu saat nanti dapat bermanfaat bagi orang lain sama halnya dengan blog ini. Blog ini saya bangun dengan tujuan membagikan pengalaman atau ilmu yang saya punya dan saya tuangkan kedalam bentuk artikel dan beberapa video, semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat.

Facebook | Whatsapp | Instagram

Subscribe to receive free email updates:

PERHATIAN SEMUANYA

Jika kalian memiliki pertanyaan atau terdapat kendala atau masalah baik itu pada penyampaian kata-kata ataupun kesalahan informasi atau kesalahan pada tutorial di artikel, kalian dapat kontak adminnya langsung disini atau silakan berkomentar dikolom komentar dibawah ini tentunya akan di approve cepat.

0 Response to "Pengertian Dan Fungsi Dari DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)"

Post a Comment

Hai para pembaca setia, Semoga artikel diatas bermanfaat :)
Ingin berkomentar silakan tetapi harus mengikuti aturan yang ada:

1. Berikan komentar yang relevan sesuai dengan artikel di atas ini.
2. Harap tidak berkata kasar dan Dilarang keras berkomentar yang mengandung SARA.
3. Silakan berikan masukan, kritik dan saran untuk artikel di atas atau blog ini agar blog ini bisa lebih baik kedepannya.

Komentarmu dan Followmu sangat berarti untuk peningkatan blog ini :)

Terima kasih sudah berkunjung.