Kelebihan dan kekurangan kabel fiber optik

Artikel kali ini saya akan membahas sedikit tentang kelebihan dan kekurangan kabel fiber optik. Sebelumnya saya sudah pernah menulis kan artikel tentang Pengertian kabel fiber optik Dan Fungsi Kabel Fiber Optik

Kelebihan dan kekurangan kabel fiber optik


Dengan teknologi yang semakin hari semakin maju tentunya kita menggunakan kabel fiber optik untuk mendapatkan speed yang kencang, Teknologi fiber optik memiliki ukuran yang kecil tetapi dapat mampu menyalurkan data lebih cepat dibandingkan dengan kabel lain. 


Kenapa harus menggunakan kabel fiber optik

Kenapa kita harus memakai fiber optik ?

Kabel fiber optik banyak digunakan pada perusahaan besar atau pemerintahan besar yang membutuhkan kemampuan transfer data dengan sangat cepat. Teknologi fiber optik dipilih karena merupakan media pentransfer data yang paling efektif fiber optik memiliki tingkat loss data dan gangguan yang rendah dan memiliki bandwidth yang tinggi.

Kelebihan Kabel Fiber Optik 

Kabel fiber optic memiliki kelebihan yang tidak di miliki oleh kabel lainnya, berikut adalah kelebihan dari kabel fiber optik : 
  • Kabel fiber optik dapat mampu menyalurkan data yang lebih banyak dengan kecepatan tinggi, kecepatan fiber optik bahkan bisa mencapai Gbps, sehingga lebar pita (bandwidth) menjadi lebih besar.
  • Lebih aman, karena serat optik pada kabel tidak mudah terbakar dan tidak mengalirkan listrik sedikitpun.
  • Fiber optik memiliki gangguan yang sedikit karena tidak terpengaruh sinyal elektromagnetik dan radio karena tidak menggunakan listrik melainkan menggunakan plastik dan cahaya 
  • Kabel fiber optik memiliki ukuran yang lebih kecil di bandingkan dengan kabel lainnya, sehingga dapat menghemat tempat.
  • Fiber optik yang dapat mengalirkan sinyal lebih jauh jika di bandingkan dengan kabel yang menggunakan sinyal listrik, Bahkan fiber optik tidak memerlukan repeater, jika diperlukan repeater biasakan akan diletakan dijarak yang jauh sekitar 50-100KM.

Kekurangan Kabel Fiber Optik

Kabel fiber optik mempunyai kelebihan pastinya juga memiliki kekurangan sama halnya dengan kabel lain yang memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut adalah kekurangan yang di miliki kabel fiber optik : 
  • Pemasangan serta perawatan untuk kabel fiber optik terbilang sulit, karena jika terjadi kerusakan pada kabel fiber optik maka harus memanggil orang yang sudah berpengalaman dan ahli dalam bidang tersebut.
  • Memiliki harga yang relatif mahal jika dibandingkan dengan kabel lainnya seperti kabel UTP yang memiliki harga yang terjangkau.
  • Kabel fiber optik tidak bisa di letakan di belokan yang tajam karena fiber optik menggunakan cahaya sebagai pengantar sinyal, jika kabel di tekuk maka cahaya akan bocor dan akan mengalir ke tekukkan tersebut.

Itu dia kelebihan dan kekurangan dari teknologi fiber optik semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kaliaan yang sudah membaca nya. Jangan lupa untuk share artikel ini agar orang lain tahu akan kelebihan dan kekurangan kabel fiiber optik ini.

Sekian terimakasih.

Tentang Penulis

Yushandrino Ramadilesta

Hai..Salam kenal saya Yushandrino, saya memiliki ketertarikan tentang dunia IT baik itu dibidang jaringan, hardware, software ataupun Programming. Saya pun ingin memperdalam ilmu pengetahuan saya akan dunia IT yang dimana, suatu saat nanti dapat bermanfaat bagi orang lain sama halnya dengan blog ini. Blog ini saya bangun dengan tujuan membagikan pengalaman atau ilmu yang saya punya dan saya tuangkan kedalam bentuk artikel dan beberapa video, semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat.

Facebook | Whatsapp | Instagram

Subscribe to receive free email updates:

PERHATIAN SEMUANYA

Jika kalian memiliki pertanyaan atau terdapat kendala atau masalah baik itu pada penyampaian kata-kata ataupun kesalahan informasi atau kesalahan pada tutorial di artikel, kalian dapat kontak adminnya langsung disini atau silakan berkomentar dikolom komentar dibawah ini tentunya akan di approve cepat.

0 Response to "Kelebihan dan kekurangan kabel fiber optik"

Post a Comment

Hai para pembaca setia, Semoga artikel diatas bermanfaat :)
Ingin berkomentar silakan tetapi harus mengikuti aturan yang ada:

1. Berikan komentar yang relevan sesuai dengan artikel di atas ini.
2. Harap tidak berkata kasar dan Dilarang keras berkomentar yang mengandung SARA.
3. Silakan berikan masukan, kritik dan saran untuk artikel di atas atau blog ini agar blog ini bisa lebih baik kedepannya.

Komentarmu dan Followmu sangat berarti untuk peningkatan blog ini :)

Terima kasih sudah berkunjung.