Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan dan kekurangan kabel fiber optik

Table of Content [Tampil]
Kelebihan kekurangan pada kabel fiber optik - Artikel kali ini saya akan membahas sedikit tentang kelebihan dan kekurangan kabel fiber optik. Sebelumnya saya sudah pernah menulis kan artikel tentang Pengertian kabel fiber optik Dan Fungsi Kabel Fiber Optik

Kelebihan dan kekurangan kabel fiber optik

Dengan teknologi yang semakin hari semakin maju tentunya kita menggunakan kabel fiber optik untuk mendapatkan speed yang kencang, Teknologi fiber optik memiliki ukuran yang kecil tetapi dapat mampu menyalurkan data lebih cepat dibandingkan dengan kabel lain. 


Kenapa harus menggunakan kabel fiber optik

Kenapa kita harus memakai fiber optik ?

Kabel fiber optik banyak digunakan pada perusahaan besar atau pemerintahan besar yang membutuhkan kemampuan transfer data dengan sangat cepat. Teknologi fiber optik dipilih karena merupakan media pentransfer data yang paling efektif fiber optik memiliki tingkat loss data dan gangguan yang rendah dan memiliki bandwidth yang tinggi.

Kelebihan Kabel Fiber Optik 

Kabel fiber optic memiliki kelebihan yang tidak di miliki oleh kabel lainnya, berikut adalah kelebihan dari kabel fiber optik : 
  • Kabel fiber optik dapat mampu menyalurkan data yang lebih banyak dengan kecepatan tinggi, kecepatan fiber optik bahkan bisa mencapai Gbps, sehingga lebar pita (bandwidth) menjadi lebih besar.
  • Lebih aman, karena serat optik pada kabel tidak mudah terbakar dan tidak mengalirkan listrik sedikitpun.
  • Fiber optik memiliki gangguan yang sedikit karena tidak terpengaruh sinyal elektromagnetik dan radio karena tidak menggunakan listrik melainkan menggunakan plastik dan cahaya 
  • Kabel fiber optik memiliki ukuran yang lebih kecil di bandingkan dengan kabel lainnya, sehingga dapat menghemat tempat.
  • Fiber optik yang dapat mengalirkan sinyal lebih jauh jika di bandingkan dengan kabel yang menggunakan sinyal listrik, Bahkan fiber optik tidak memerlukan repeater, jika diperlukan repeater biasakan akan diletakan dijarak yang jauh sekitar 50-100KM.

Kekurangan Kabel Fiber Optik

Kabel fiber optik mempunyai kelebihan pastinya juga memiliki kekurangan sama halnya dengan kabel lain yang memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut adalah kekurangan yang di miliki kabel fiber optik : 
  • Pemasangan serta perawatan untuk kabel fiber optik terbilang sulit, karena jika terjadi kerusakan pada kabel fiber optik maka harus memanggil orang yang sudah berpengalaman dan ahli dalam bidang tersebut.
  • Memiliki harga yang relatif mahal jika dibandingkan dengan kabel lainnya seperti kabel UTP yang memiliki harga yang terjangkau.
  • Kabel fiber optik tidak bisa di letakan di belokan yang tajam karena fiber optik menggunakan cahaya sebagai pengantar sinyal, jika kabel di tekuk maka cahaya akan bocor dan akan mengalir ke tekukkan tersebut.

Itu dia kelebihan dan kekurangan dari teknologi fiber optik semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kaliaan yang sudah membaca nya. Jangan lupa untuk share artikel ini agar orang lain tahu akan kelebihan dan kekurangan kabel fiiber optik ini.

Sekian terimakasih.
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

3 comments for "Kelebihan dan kekurangan kabel fiber optik"

  1. Terima kasih, ini sangat membatu saya dalam mengetahui dan mengerjakan tugas

    ReplyDelete
  2. permisi kak, izin copas yaa buat tugas kuliah

    ReplyDelete

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.