Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian SSD dan apa perbedaannya SSD dengan HDD

Table of Content [Tampil]
Apa itu SSD? apa perbedaan SSD dengan HDD? Apa yang membuat SSD beda dengan HDD?, Kan sama sama storage device yang fungsinya sama untuk menyimpan sebuah data pada komputer ataupun laptop. 

bedanya SSD dengan HDD
Sumber gambar : http://i-mediasky.com/ssd-vs-hdd/

SSD atau Solid State Drive dengan HDD itu pada dasarnya sama sama menyimpan data, namun hanya saja SSD tidak menyimpan data pada lapisan-lapisan magnetik seperti HDD. sedangkan SSD menyimpan semua data pada chip chip memory flash yang saling terhubung satu sama lain. 

HDD memiliki daya tahan yang kurang dibandingkan dengan SSD (Solid State Drive), Karena HDD masih menggunakan piringan keras atau cakram magnetis didalamnya sedangkan SSD merupakan harddisk yang menggunakan teknologi non volatille memory sebagai tempat penyimpanannya.

Maka sebab itu lah HDD akan segera ditinggalkan dan digantikan oleh SSD. HDD juga mudah rusak dan jika sudah rusak otomatis data-datanya yang berada didalam HDD akan hilang. 

Flash memory yang digunakan SSD tentu berbeda dengan flash memory yang di gunakan oleh flashdisk baik itu dalam hal kecepatan atau hal type.


Perbedaan SSD dengan HDD


Sejauh apa si perbedaan antara HDD dengan SSD yang merupakan salah satu teknologi terbaru media penyimpanan ini. 

1. Harga

Satu unit SSD tergolong mahal untuk masalah harga, perbandingan harga antara HDD dan SSD hampir 5x lipat. Contoh SSD dengan yang berkapasitas 120GB harganya bisa sampai 600ribu. Sedangkan dengan 600ribu kita dapat membeli HDD dengan kapasitas yang jauh lebih besar yaitu 500GB.

2. Kecepatan Read and write
perbedaan kecepatan antara SSD dengan HDD
Sumber foto : customations.blogspot.co.id/2017/03/10-perbedaan-ssd-dan-hdd.html

Seperti yang saya tulis di atas SSD itu tergolong mahal dengan kapasitas penyimpanan yang sedikit tapi, 
Pada bagian inilah SSD menunjukan perbedaan yang sangat signifikan. Kecepatan untuk membaca dan menulis pada SSD hingga 8 kali lebih cepat dibandingkan dengan HDD, PC yang menggunakan SSD sebagai media penyimpanan systemnya dapat melewati proses booting dalam hitungan detik. 

Sedangkan untuk HDD waktu yang dibutuhkan lebih lama tergantung dengan spesifikasi dan pastinya tidak lebih cepat bila di bandingkan dengan SSD, itulah salah satu alasan SSD lebih mahal harganya.

3. Bentuk dan berat

Material yang terdapat di HDD, seperti platter, head, dll sangat berpengaruh terhadap ukuran atau dimensi serta berat dari HDD itu sendiri. Teknologi yang digunakan HDD sangat bergantung pada putaran piringan keras yang ada didalam HDD, hal ini membuat batasan seberapa kecil HDD dapat di produksi.

Sedangkan untuk HDD terbebas dari batasan tersebut, sehingga ukuran SSD dapat di susutkan seiring dengan perkembangan zaman, ukuran SSD yang tersedia saat ini memiliki ukuran 2.5 inci, itu berarti SSD ini hanya diperuntukan untuk pengguna laptop atau notebook saja.

Seiring dengan semakin kecilnya ukuran pada laptop dan semakin banyaknya pengguna PC tablet untuk menjelajahi situs web, kalian akan melihat kemampuan SSD yang dapat beradaptasi dengan mudah dengan ukuran laptop maupun notebook.

4. Efek yang di timbulkan

HDD menerapkan unsur mekanik, sehingga dapat menghasilkan efek samping yang buruk. Efek samping yang ditimbulkan antara lain adalah :
  • Panas yang berlebihan
  • HDD mengkonsumsi daya listrik yang tinggi 
  • Putaran pada piringan menimbulkan suara noise yang tinggi  

Sedangkan pada SSD tidak memiliki untuk mekanik maka efek yang di timbulkan oleh SSD antara lain :

  • Tidak memiliki panas atau suhu yang tinggi seperti HDD
  • SDD mengkonsumsi daya sangatlah kecil
  • Tidak ada putaran piringan membuat SSD sama sekali tidak menimbulkan suara yang berisik


5. Komponen dan prinsip kerjanya

Bagian mekanik pada HDD terdiri atas piringan, motor dan lengan yang terhubung ke piringan. Proses penulisan dan pembacaan data dilakukan dengan melalui proses mekanik di mana piringan diputar oleh motor dan ujung dari lengan yang terhubung ke komponen elektronik yang mengolah data membaca atau menulis, menempel pada piringan yang berputar dan melakukan aktivitas penulisan dan pembacaan data.

Secara umum, proses pengolahan data pada HDD dilakukan karena sinergi antara aktivitas mekanik dan elektrik. Sedangkan di SSD dalam memprosess data, menulis dan membaca data tidak didukung oleh proses mekanik, dalam SSD tidak ada komponen mekanis seperti motor dan lengan serta piringan yang berputar.

Pada SSD hanya terdapat komponen elektronik seperti Intergrated Circuit atau IC, micro chip dan komponen elektronik pendukung lainnya seperti kapasitor. Semua proses pembacaan dan penulisan data dilakukan secara elektrik sama seperti proses yang terjadi pada Flashdisk dan RAM.

6. Fragmentasi 

Karena bentuknya yang spiral, HDD sangat baik untuk menyimpan file-file yang berukuran besar yang terletak pada blok yang berdekatan. Dan ketika kapasitas HDD mulai penuh, file-file yang sudah tersimpan dapat terpencar, inilah yang dikenal dengan istilah fragmentasi.

HDD perlu melakukan fragmentasi untuk menjaga agar HDD dapat berkerja dengan normal, sehingga dapat digunakan secara terus menerus. Inilah yang kurang saya suka dari menggunakan HDD karena jika tidak melakukan defrag pastinya kondisi HDD akan menurun kinerja nya. 

Sedangkan pada SSD tidak perlu untuk melakukan fragmentasi, karena data yang sudah tersimpan pada SSD menggunakan Flash memory atau Chip memory jadi tidak perlu di fragmentasi secara berkala seperti HDD.

Note: Jika kalian memiliki rezeki yang lebih ada baiknya kalian membeli SSD karena dengan kita menggunakan SSD proses booting atau transfer data akan lebih cepat dibandingkan HDD.
Untuk ketahanan sendiri SSD punya ketahanan yang bagus ketimbang HDD, tergantung dengan pemakain juga si :D Jika kamu tidak ceroboh ketahanan HDD akan lumayan lama.

Itula penjelasan tentang Pengertian SSD dan perbedaan SSD dengan HDD semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian yang membacanya.

Maaf bila ada salah atau kurangnya kalimat, silakan berkomentar dan share artikel ini agar teman teman keluarga atau siapapun tahu akan bedanya SSD dengan HDD.

Sekian terimakasih.

Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

3 comments for "Pengertian SSD dan apa perbedaannya SSD dengan HDD"

  1. Jadi bingung juga nih Antara harus memilih HDD Atau SSD

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo agan ada uang lebih bisa beli SSD gan, tapi kalo misalnya kurang beli saja HDD walaupun sedikit lama proses baca tulisnya

      Delete
  2. Aku baru tau kalau HDD mengkonsumsi daya listrik tinggi, jadi nanti mah pake SSD ajay lah biar nggak boros

    Btw, thk info nya

    ReplyDelete

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.