Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian jaringan soho

Table of Content [Tampil]

Jaringan SOHO (Small Office Home Office) merupakan jaringan sederhana yang menggunakan perangkat keras switch untuk mengakses layanan broadband kantor kecil contohnya adalah rumah. Jaringan Soho membutuhkan Router Mikrotik, Internet, PC client, PC server. 

Dibawah ini adalah penjelasan tentang Jaringan topologi SOHO. 

Pengertian SOHO 


SOHO (Small Office Home Office) adalah istilah yang mengacu pada bisnis atau usaha kecil yang dilakukan dirumah. Mobilitas kita yang semakin tinggi dan semakin terbatasnya jarak dan waktu membuat rumah bisa sebagai pilihan untuk melakukan usaha dengan nilai strategis yang tinggi. Beberapa teman mengatakan ada beberapa keuntungan yang bisa di dapat dengan menggunakan konsep ini, antara lain : 

  1. Kita bisa menghemat waktu perjalanan dan menghindari kemacetan yang menjadi bagian kehidupan di kota-kota besar. 
  2. Kita bisa lebih fleksibel dalam mengatur waktu dan bisa menjadikan nya part-time dari pekerjaan utama kita. 
  3. Suasana kantor dirumah menjadi nyaman karena rumah kita sendiri dan dekat dengan kehangatan keluarga.

Pada dasarnya jaringan SOHO menggunakan konsep jaringan sederhana yang biasanya menggunakan switch tunggal untuk mengakses layanan broadband kantor kecil atau rumah seperti DSL (Digital subscriber line) atau internet kabel. 

Jaringan SOHO juga memungkinkan berbagi sumber daya, seperti printer, dokumen, gambar dan musik dapat di akses antara beberapa komputer lokal.

Contoh jaringan Soho

Konsep sederhana jaringan SOHO sama seperti type jaringan LAN (Local Area Network) yang tidak terhubung dengan jaringan luar (internet). Topologi yang digunakan yaitu dengan menerapkan topologi star melalui koneksi ethernet atau wifi. Sehingga dengan menerapkan konsep seperti ini maka proses pengiriman data dari client ke server akan berlangsung cepat.

Untuk koneksi antara client dengan server harus dilakukan konfigurasi setiap perangkat dengan menambahkan ip address. Dimana dengan IP address ini maka setiap perangkat akan saling berhubungan atau berkomunikasi.


Perangkat yang di butuhkan jaringan SOHO

1. PC SERVER

Yaitu perangkat yang berbentuk CPU yang berfungsi untuk tempat penyimpanan data atau file aplikasi dan server inilah yang di akses oleh semua client yang terhubung kedalam satu jaringan. Sehingga server harus cukup spesifikasi untuk bisa menangani akses dari client.

2. PC Client

Adalah perangkat yang digunakan oleh client untuk mengakses data ke server. Sama fungsinya seperti PC client, ada juga client menggunakan laptop atau smartphone menggunakan media wifi untuk koneksinya.

3. SWITCH

Switch dipergunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat menjadi dalam satu jaringan dengan menggunakan media kabel.

4. Wifi

Wi-Fi adalah perangkat yang digunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat dengan menggunakan media wireless. Kemudahan dengan menggunakan media wireless yaitu perangkat yang terkoneksi dengan wireless lebih mudah untuk bisa pindah tempat.

Saat ini wifi sudah tersedia dimana dimana, baik itu tempat public seperti stasiun, halte bahkan dari sekolah sampai kampus atau universitas pun juga sudah ada

Bagi kalian yang merupakan seorang mahasiswa baru yang ingin memilih jurusan teknik informatika, saya mungkin bisa merekomendasikan untuk memilih prodi informatika unggulan di Universitas Al-Azhar Indonesia. 

Mayoritas mahasiswa fresh graduate dari UAI ini rata-rata sudah mendapatkan pekerjaan sebelum mereka diwisudakan, bagaimana apakah kalian tertarik menjadi mahasiswa dari Universitas Al-Azhar Indonesia?

Selain belajar hardskill di UAI diajarkan juga softskill dan juga kalian di didik untuk bisa mempunyai jiwa enterpreneur lho..

5. Router Mikrotik

Router adalah bertugas sebagai jembatan antara komputer jaringan lokal dengan komputer yang berada di jaringan lain. Dapat diartikan juga bahwa router adalah media penghubung dalam jaringan berskala besar dengan berbagai macam segmen ip yang berbeda-beda.

Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yang handal, mencangkup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider Hotspot.


Itulah penjelasan tentang jaringan SOHO bila ada kesalahan kata atau salah menggunakan kalimat mohon maaf. Bila masih ada yang kurang dengan info atau penjelasan bisa tuliskan saja di kolom komentar.

Sekian terimakasih
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Pengertian jaringan soho"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.