Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Posisi Tubuh Yang Benar Dan Baik Saat Mengetik Di Depan Komputer

Table of Content [Tampil]
Posisi Tubuh Yang Benar Saat Mengetik - Semua orang pasti pernah yang namanya mengetik di atas keyboard laptop atau pun keyboard komputer(PC). Posisi saat kita mengetik juga harus diperhatikan agar tubuh atau badan kita tidak mengganggu kesehatan kita, Nah saat ini kita akan membahas bagaimana posisi tubuh yang baik dan benar saat kita sedang mengetik

Sebetulnya sih tidak ada aturan untuk posisi kita saat sedang mengetik, Tapi biasanya jika kita mengetik dengan posisi yang asal dapat menimbulkan rasa sakit, pegal-pegal pada pinggang, punggung, lutut dan/atau mata menjadi pedih dan buram karena terlalu dekat dengan monitor apalagi lampunya pas saat dimatikan, itu bisa berpengaruh terhadap kesehatan mata kita. 

Oleh karena itu kita harus harus bagaimana posisi yang baik dan bagus untuk kesehatan kita saat didepan komputer. Simak penjelasan dibawah ini ya :D 

Posisi tubuh yang benar saat mengetik

Posisi yang baik dan benar saat mengetik

  1. Posisi paha harus horizontal, sejajar dengan paha.
  2. Pastikan telapak kaki kalian menapak ke tanah, bila kaki kalian tidak sampai napak ke tanah artinya posisi duduk kalian terlalu tinggi.
  3. Kursi yang kalian gunakan untuk mengetik pastikan ada bantalan kursi itu untuk penopang punggung bagian bawah, sehingga punggung tetap dalam posisi tegak dan tidak bungkuk.
  4. Pastikan kepala kalian tidak terlalu condong kedepan layar monitor.
  5. Buatlah tubuh kalian se-relax mungkin jangan terlalu tegang.

Posisi meja

Keyboard dan mouse merupakan 2 perangkat yang akrab dengan komputer. Dua perangkat keras ini selalu menjadi pedamping para pengguna komputer atau pun laptop saat bekerja maupun mengetik menggunakan laptop atau komputer. 

Karena itu juga tidak ada salahnya untuk mengatur posisi kedua perangkat keras ini demi kenyamanan bekerja kalian, sebaiknya keyboard diletakan pada posisi yang membuat lengan kalian merasa nyaman. 

Sentuh keyboard dengan ringan dan jaga pergelangan tangan agar tetap lurus. Posisi siku dengan meja membentuk sudut 90 derajat, sebaiknya, pergelangan tangan kalian tidak berubah posisi. 

Dan hanya mengunakan jari-jemari saja untuk mengetik. Posisi mouse sejajar dengan keyboard, pergelangan tangan berada pada posisi yang tetap, namun bisa menjangkau tombol keyboard dengan jari.

Posisi monitor atau layar

Posisi monitor yang salah dapat menyebabkan leher cepat terasa pegal. Mata yang melihat pun bisa cepat merasakan lelah terlebih lagi dalam keadaan gelap dapat membuat mata buram atau sakit. 

Pastikan kondisi monitor kalian dalam kondisi bersih, sehingga tidak ada kotoran yang dapat menghalangi pandangan kalian. Atur brighthness dan kontras layar sesuai dengan kenyamanan kalian, Atur posisi monitor agar tidak dapat memantulkan cahaya yang dapat membuat mata silau, Atur layar monitor sejajar atau sedikit kebawah padangan mata, Pastikan jarak kalian dengan monitor itu 50 - 60cm. 
Posisi tubuh yang benar saat mengetik
sumber : ican-education.com

Catatan : Bagi pengguna laptop usahakan untuk tidak mengetik atau melakukan pekerjaan lainnya yang menggunakan laptop dengan posisi tubuh tiduran, karena dengan posisi itu bisa mempengaruhi anggota badan yang lain.

Sekian dari Tips saya semoga bisa bermanfaat ya, jangan lupa untuk like comment dan share artikel ini.

Sekian Terimakasih.
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

2 comments for "Posisi Tubuh Yang Benar Dan Baik Saat Mengetik Di Depan Komputer"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.