Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tujuan di bangunnya jaringan komputer

Table of Content [Tampil]
Tujuan dibangunnya jaringan komputer - Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah membawa informasi secara tepat dan cepat tanpa adanya kesalahan dari pihak pengirim (transmitter) menuju ke pihak penerima (receiver). 

Tujuan jaringan komputer di bangun

Pengertian Jaringan komputer

Jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media transmisi. Sehingga dapat saling berbagi informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya. 

Selain itu jaringan komputer bisa diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan. 

Manfaat Tujuan dibangunnya Jaringan Komputer

1. Konektivitas 

Dengan adanya jaringan komputer ini dapat membantu kita berhubungan dengan orang banyak dan dimanapun ntah itu di beda negara, beda pulau, beda daerah, beda kota. 

Contohnya facebook, di facebook kita bisa menemukan berbagai macam orang dari belahan dunia.


2. Mudah dalam mengakses Informasi

Adanya jaringn komputer ini sangat membantu kita dalam hal mengakses sebuah informasi, contohnya informasi berita, informasi cuaca. Yang dimana informasi tersebut kalian bisa dapatkan di internet.


3. Mudah dalam berbagi file

Jaringan komputer memudahkan kita dalam berbagi file antar sesama. Contohnya di lingkungan rumah atau mudahnya di dalam rumah kita memiliki jaringan internet atau wifi, lalu kita memiliki sebuah storage nas dan kita memerlukan file yang berada didalam nas tersebut, tentunya kita hanya tinggal mengakses nas tersebut melalui jaringan komputer .

Jenis jenis jaringan komputer

1. LAN (Local Area Network)

Local Area Network (LAN) adalah sebuah jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah atau area area kecil saja, contohnya seperti jaringan rumahan atau jaringan soho, kantor maupun sekolah. Jarak jangkauan LAN memiliki jangkauan sekitar kurang lebih 2 KM. 


2. MAN

Metropolitan Area Network atau bisa disingkat dengan (MAN) adalah suatu jaringan komputer yang memiliki area jangkauan yang lebih luas dibanding dengan jaringan LAN. 

Metropolitan area network ini mencakup jangkauan suatu kota sekitar jarak antara kurang lebih 10 sampai 50 KM dengan dibekali kecepatan yang lebih tinggi. Mungkin bisa dikatakan, MAN ini merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN.

3. WAN

Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang memiliki jangkauan yang luas, luasnya itu mencakup geografis seperti sebuah negara ataupun benua. Wide Are Network ini digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal sehingga pengguna atau user dapat berkomunikasi dengan pengguna lain yang dimana pengguna atau user lainnya itu berada dilokasi yang berbeda, contohnya beda benua atau beda negara. 

WAN dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan membutuhkan jarigan publik (ip publik contohnya).

Sekian dari artikel ini semoga dapat membantu dan semoga dapat bermanfaat, silakan tinggalkan komentar baik itu untuk memberikan saran, masukan ataupun kritik.

Sekian Terimakasih
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

2 comments for "Tujuan di bangunnya jaringan komputer"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.