Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam - Macam Text Editor Untuk Coding Program

Table of Content [Tampil]
Macam macam text editor untuk penulisan bahasa pemrograman - Untuk menulis atau mengetikan kode program dari html kita memerlukan software text editor. Software text editor ini sendiri memiliki macam macam jenis dan juga memiliki macam macam  kelebihan dan kekurangannya.

macam macam text editor

Macam macam text editor 

Pengertian text editor

Sebelum mulai menuliskan kode kode html, kita harus memilih text editor yang ingin kamu gunakan untuk menuliskan kode kode html terlebih dahulu. Text editor merupakan aplikasi yang digunakan untuk menulis syntax atau kode pemograman, khususnya untuk menuliskan kode Program HTML itu sendiri. Text editor itu sendiri sangatlah banyak yang bisa digunakan untuk penulisan kode program HTML.

Contohnya seperti Notepad yang telah di sediakan oleh Windows. Text editor berbeda dengan Word Processor (Microsoft word, king soft, Word Perfect). Itu dikarenakan text editor tidak bisa digunakan untuk mengatur format dokumen serta tidak disediakan fitur-fitur yang bisa digunakan untuk Desktop publishing.

Browser merupakan aplikasi yang kita gunakan untuk menjalankan kode kode program HTML yang sudah kita ketik. Browser ini ialah syarat yang harus anda penuhi jika anda ingin belajar web programming. 

Untuk browser itu sendiri kita bisa menggunakan browser yang sudah disediakan oleh sistem operasi langsung contohnya IE (Internet Explorer), atau aplikasi browser lainnya seperti Google Chrom, Mozila firefox, Opera dan sebagainya. Berikut adalah Text editor yang saya saran kan untuk penulisan kode HTML untuk yang ingin mempelajarinya.

Sublime text

Sublime text adalah text editor yang paling banyak digunakan oleh programmer. Text editor ini memiliki tampilan yang elegan, yang khas dengan warna kecoklatannya, text editor ini tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux. 

Untuk kamu yang ingin menggunakan sublime bisa di download dari situs resminya, yaitu https://www.sublimetext.com.

Notepad ++

Text editor ini bisa digunakan di windows dan Free licenses (dalam artian bebas digunakan tanpa biaya). Text editor memiliki ciri khas tersendiri dan banyak fitur fitur yang bisa diinstal di text editor ini. 

Buat kamu yang ingin memakai text editor ini bisa di download di situs resminya yaitu https://notepad-plus-plus.org/.

ATOM

Text editor ini hampir sama dengan sublime namun text ini agak sedikit lebih berat jika dibandingkan dengan sublime text. 

Text editor ini digunakan oleh platform Mac, Windows, dan Linux. Kalau kamu ingin menggunakan text editor ini bisa di download di https://atom.io/

Brackets

Text editor ini memiliki kriteria sendiri dan hampir sama dengan ATOM. Text editor ini bisa di gunakan untuk Platform Mac, Windows, dan Linux. Bagi kamu yang ingin mendownloadnya bisa langsung mengunjungi situs resminya di https://brackets.io/.

Netbeans

Text editor ini merupakan salah satu favorit programmer dimasanya atau mungkin sekarang juga masih menjadi favorit. Namun text editor ini bisa di kategorikan lebih berat dari text editor lain yang disebutkan diatas. Kemudahan text editor ini adalah tampilan kode program yang di tulis lebih rapi. 

Untuk kamu yang ingin menggunakan text editor ini bisa langsung ke situs resmi nya di https://netbeans.org/.

Itu beberapa list untuk macam macam text editor yang bisa digunakan untuk menuliskan kode pemrograman atau untuk coding. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya, silakan tuliskan masukan, saran dan kritik pada kolom komentar dibawah ini.

Sekian Terimakasih.
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

6 comments for "Macam - Macam Text Editor Untuk Coding Program"

  1. Kalo admin makai nya yang mana? Rekomendasi untuk pemula dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya lebih enak memakai sublime text soalnya mudah

      Delete
  2. Sublime keren atau ga atom keren tampilannya

    ReplyDelete
  3. wah ane biasanya pakenya notepad mungkin daftar2 diatas bisa di coba semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk baru belajar lebih simpel Makai sublime menurut ane mas

      Delete
  4. Cocok Nih Pembelajarannya Buat Yang Newbie Seperti Saya

    ReplyDelete

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.