Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Mikrotik Agar Reboot Secara Otomatis Menggunakan Scheduler

Table of Content [Tampil]

Script membuat reboot otomatis pada mikrotik - Bagaimana Cara kita untuk membuat mikrotik kita bisa otomatis melakukan reboot di hari atau jam tertentu? Untuk membuat sebuah jadwal dimana jadwal tersebut kita isi dengan script untuk melakukan reboot otomatis pada mikrotik kita bisa menggunakan salah satu fitur yang ada di mikrotik, yaitu schduler.

Schduler atau penjadwalan mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kalian, ya benar penjadwalan pastinya memiliki sebuah rentan waktu atau agenda yang dimana jika waktu itu sudah tercapai maka kegiatan atau suatu acara akan di jalankan atau di esekusi, begitupun dengan schduler pada mikrotik jika kita memasukan perintah dan waktu yang di tentukan jika nanti waktunya sudah tiba maka perintah yang sudah kita masukan pada schduler akan otomatis dijalankan. 

lalu bagaimana caranya kita buat mikrotik kita secara otomatis di reboot? Simak artikel dibawah ya ...

1. Setting SNTP Client pada mikrotik
Yang pertama kalian lakukan adalah melakukan setting pada tab sntp client di mikrotik, caranya adalah 

kalian klik Setting lalu klik SNTP Client jika sudah muncul window atau jendela baru lakukan setting sntp client seperti gambar dibawah ini.

- Ceklis pada kolom enable
- Primary NTP Server : 162.159.200.123
- Secondary NTP Server : 198.123.30.132
- Server DNS Names : 0.id.pool.ntp.org dan 1.id.pool.ntp.org

Jika sudah selanjutnya kalian klik ok dan klik apply saja.


2. Setting Time zone pada Mikrotik
Setelah selesai melakukan setting pada SNTP Client Selanjutnya kita harus merubah atau men-setting Time zone kita di mikrotik sesuai dengan time zone kita berada. Caranya seperti dibawah ini.

Pertama kalian klik setting lalu pilih dan klik Clock jika sudah akan muncul jendela atau window baru yang muncul, selanjutnya kalian setting sesuai dengan time zone kalian berada, seperti gambar dibawah ini.

Jika sudah kalian klik Apply dan OK.


3. Membuat jadwal reboot otomatis di schduler
Melakukan setting pada sntp client sudah, merubah atau menyesuaikan time zone di mikrotik sudah, terakhir kalian hanya tinggal melakukan setting atau konfigurasi pada tab schduler.
Pertama, kalian klik setting lalu pilih dan klik scheduler jika sudah akan muncul jendela baru bernama schedule, disini lah kita akan melakukan konfigurasinya.

- Name : (isi sesuai keinginan kalian)
- Start date : (tentukan kapan perintah ini akan di jalankan)
- Interval : (berikan jeda berapa lama, contoh dibawah penjadwalan ini diberikan jeda selama 5 hari dimulai febuari tanggal 23 tahun 2020)
- On event : (masukan perintah yang ingin kalian berikan, disini kita akan memberikan perintah reboot otomatis maka perintah yang di masukan adalah /system reboot).

Jika sudah kalian langsung bisa klik apply dan ok.
Dan hasilnya bagaimana? apakah berkerja? Saya sudah mencobanya dan ternyata tutorial diatas berkerja lhoo, apa masih ada yang gagal atau belum berhasil? Jika iya silakan tulis di kolom komentar nanti bisa saya bantu.

Bagaimana mudah bukan cara membuat mikrotik reboot dengan otomatis? Jika ada yang maasih bingung silakan kalian ketikan saja di kolom komentar atau di tab contact us ya...

Sekian Terimakasih.
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Cara Membuat Mikrotik Agar Reboot Secara Otomatis Menggunakan Scheduler "

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.