Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install Aplikasi GIMP Di Linux

Table of Content [Tampil]
Install Aplikasi GIMP Di Linux Ubuntu - GIMP (GNU Image Manipulation Programe) sebuah perangkat lunak yang open source atau perangkat lunak yang didistribusikan secara bebas. Dengan menggunakan GIMP kita dengan mudah untuk mengoptimalkan gambar dan mengonversi tipenya. GIMP ini sendiri adalah sebuah aplikasi yang lintas platform tidak hanya untuk linux, aplikasi GIMP ini bisa kalian install di Windows bahkan di MacOS dan juga di FreeBSD sekalipun.




Sama seperti Adobe photoshop tetapi Photoshop adalah aplikasi yang berbayar tapi untuk fitur juga sangat bagus (menurut saya) tetapi aplikasi GIMP ini juga tidak kalah bagus dari Photoshop mulai dari fitur dll. GIMP cocok untuk mereka para desainer yang menginginkan software yang open source alias gratis. 

Lalu bagaimana cara kita install aplikasi GIMP di linux? apakah cara install GIMP ini sulit? Untuk dilinux tentu tidak terlalu sulit karena kita hanya mengetikan beberapa perintah saja. Penasaran? Langsung saja kita mulai untuk install aplikasi gimp di linux ubuntu.

1. Pertama, kalian buka terlebih dahulu terminal kalian ada 2 opsi untuk membuka terminal di linux kalian, pertama dengan menekan tombol ctrl + alt + t secara bersamaan atau bisa juga search di menu aplikasi kalian masing-masing.

2. Selanjutnya kalian tambahkan repositroy gimp dibawah ini, cara menambahkannya silakan masukan perintah ini 
sudo add-apt-repository ppa:otto-kesselgulasch/gimp
3.  Jika sudah menambahkan repositroy, kalian selanjutnya harus melakukan update pada linux kalian, caranya dengan memasukan perintah dibawah ini dan tunggu hingga update selesai.
sudo apt-get update
4. Jika sudah upate kalian langkah terakhir kalian tinggal  intall aplikasinya yaitu GIMP, perintah untuk menginstallnya dibawah ini.
sudo apt-get install gimp
Silakan kalian tunggu hingga penginstallan nya selesai, jika sudah selesai kalian bisa search apakah aplikasinya sudah benar benar terinstall atau tidak, untuk mengeceknya kalian bisa cek di fitur search software di linux kalian, seperti gambar dibawah ini:


Seperti yang kalian lihat gambar diatas saya berhasil menginstall aplikasi gimp nya, gimana mudah bukan untuk installnya? Silakan tinggalkan komentar dibawah yaaa..Jika terdapat kesalahan dalam tutorial atau kalian bingung dengan artikel ini.

Sekian terimakasih.
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Cara Install Aplikasi GIMP Di Linux "

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.