Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Atau Men-Uninstall Aplikasi Di Linux Ubuntu Terbaru

Table of Content [Tampil]
Cara Menghapus Atau Uninstall Aplikasi Di Linux Ubuntu - Ada 2 Cara sebetulnya untuk uninstall atau menghapus sebuah aplikasi di linux ubuntu ini, tetapi saya hanya akan menggunakan satu cara yaitu menghapus atau uninstall aplikasi di ubuntu melalui terminal linux. Kenapa saya menggunakan cara ini? karena menurut saya cukup mudah hehe. 

Menghapus atau uninstall aplikasi di linux berbeda dengan menghapus sebuah aplikasi di windows, jika di windows kita dapat menghapusnya via control panel sedangkan di linux kita dapat menghapus nya menggunakan terminal.

Selain via terminal, untuk uninstall aplikasi dapat dilakukan di software manager, tapi kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menghapus atau men-uninstall aplikasi di linux via terminal.

Oke langsung saja lanjut ke tutorialnya,

1. Pertama, kalian buka terminal kalian terlebih dahulu, saya menggunakan ubuntu short key yang saya gunakan untuk membuka terminal adalah CTRL + ALT + T atau bisa juga kalian buka melalui menu app kalian.

2. Selanjutnya kalian ketikan perintah ini di terminal, ini fungsi untuk melihat package atau aplikasi/program apa saja yang ada di distro linux kalian.
dpkg --list
Jika sudah diketikan langsung kalian enter saja, nanti kurang lebih tampilan nya seperti gambar dibawah. 


Jika sudah muncul tampilan seperti itu, silakan kalian lihat dan pilih package atau program aplikasi apa yang ingi kalian hapus? 

3. Jika kalian sudah menemukan program atau aplikasi yang ingin kalian hapus, silakan masukan perintah dibawah ini untuk menghapusnya 
sudo apt-get remove [package/program aplikasi yang kalian pilih]
sebagai contoh saya ingin menghapus program vlc, maka akan menuliskan program sudo apt-get remove vlc 

seperti gambar dibawah ini



Setelah kalian sudah mengetikan perintahnya, kalian bisa langsung enter setelah tekan enter kalian akan di berikan perintah untuk masuk kedalam mode root atau meminta password mode root kalian untuk dapat memulai perintah pada terminal.

seperti gambar dibawah ini.


Setelah kalian memasukan password root kalian, maka akan secara otomatis perintah yang sudah kalian ketikan tadi akan langsung jalan. 

Selanjutnya kalian akan diberikan untuk memasukan kembali perintah Y/N Jika kalian ingin melanjutkan perintahnya kalian bisa tekan Y dan tekan enter, tetapi jika kalian tidak ingin melanjutkan perintahnya kalian bisa tekan N dan tekan enter.



Kalau kalian tekan Y dan tekan enter kalian akan melihat process menghapusan program nya yang sedang berjalan, seperti gambar dibawah ini.


Setelah menunggu beberapa saat proses penghapusan selesai.

Untuk kalian yang sebelumnya belum tahu cara hapus sebuah program atau package di linux gimana untuk cara diatas? Mudah bukan? 

Semoga artikel ini dapat membantu kalian dan bisa bermanfaat untuk kalian, jika terdapat pertanyaan silakan kalian ketikan saja di kolom komentar dibawah, jika terdapat kesalahan yang terdapat di tutorial artikel ini silakan beritahukan admin bisa melalui kolom komentar bisa juga melalui contact ini.

Sekian Terimakasih.
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Cara Menghapus Atau Men-Uninstall Aplikasi Di Linux Ubuntu Terbaru"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.