Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Perbedaan Switch Manageble Dan Switch Unmanageble

Perbedaan Switch Manageble Dan Switch Unmanageble - Switch memiliki 2 jenis yaitu ada yang manageble dan ada juga yang unmanageble, seiring dengan berkembangnya zaman dan berkembangnya teknologi perangkat jaringan yaitu switch tiap perkembangan terdapat teknologi terbaru yang dipasang kedalam switch itu sendiri, contohnya adalah seperti bertambahnya port pada switch, berubahnya kecepatan transfer data. Semakin mahal switch itu maka kalian akan mendapatkan kualitas serta fitur yang sepadan dengan harganya.
Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan perbedaan 2 jenis switch yaitu switch manageble dan switch unmanageble, tidak semua perangkat switch bisa dilakukan konfigurasi, seperti jenisnya switch manageble bisa dikatakan adalah smart switch karena kita bisa melakukan konfigurasi terhadap switch tersebut, berbeda dengan switch unmanageble, switch unmanageble ini hanya menerus data data paket saja dan tidak bisa di konfigurasi.

Saya akan memberikan penjelasan secara sederhana semoga kalian dapat mengerti dan memahami artikel saya ini.


Pengertian Switch 

Switch merupakan sebuah perangkat jaringan yang dimana dia ini memiliki suatu fungsi yaitu sebagai media untuk menghubungkan beberapa perangkat keras komputer pada satu jaringan local.

Jika kalian dapat memahami cara kerja switch ini, saya mempunyai contoh di suatu sekolah terdapat lab komputer yang dimana lab tersebut itu memiliki 24 PC, dan siswa - siswa disana ingin dapat terhubung satu sama lain agar mereka dapat berbagi file atau berbagi folder.

Bagaimana agar 24PC itu bisa terhubung semua menjadi satu jaringan local? 

Jawabannya adalah dengan memasangkan switch pada lab komputer itu, dengan menghubungkan semua komputer ke switch menggunakan kabel jaringan baik itu kabel UTP ataupun STP, maka komputer komputer yang terhubung pada switch sudah dapat terhubung satu sama lain.

Switch Manageble 

Switch manageble merupakan switch yang dapat kita konfigurasi dan memiliki banyak fitur yang sangat berguna bagi network engineer ataupun orang lain yang menggunakannya, karena switch ini bisa dikatakan switch pintar atau smart switch. 

Salah satu fitur switch manageble ini yaitu dia mampu untuk melakukan kontrol traffic jaringan atau lalu lintas jaringan, Quality of Service (Qos) dengan fitur QoS ini kita dapat melakukan pembagian atau pengaturan bandwidth yang tersedia. 

Baca juga : Cara konfigurasi VLAN di switch cisco

Switch ini juga memiliki fungsi layer ke-3 yang dimana fungsinya bisa sama seperti router. Fitur fitur yang terdapat di switch manageble ini memiliki tujuan untuk keamanan jaringan (Network Security).

Macam macam fitur yang terdapat pada switch manageble kurang lebih yaitu:
  • Fitur Quality of Service seperti yang saya katakan diatas, fitur ini dapat melakukan pengaturan pada bandwidth yang tersedia.
  • VLAN atau Virtual Local Area Network yang dimana fungsi ini dapat membantu untuk mengurangi lalu lintas pada jaringan yang padat atau yang tidak perlu.
  • Port mirroring fitur ini juga terdapat pada switch manageble yang digunakan untuk membantu mendiagnosa masalah yang terjadi pada jaringan dan melakukan perbaikan masalah di jaringan tersebut tanpa menghilangkan jaringan yang sudah ada. 

Switch unmanageble

Switch unmanageble merupakan switch yang tidak dapat kita setting atau merubah konfigurasinya, karena konfigurasi pada switch unmanageble ini sudah di tetap oleh pabrik. Karena switch ini tidak bisa kita rubah konfigurasinya maka switch ini hanya memiliki fungsi yaitu meneruskan paket paket data yang dibawa oleh kabel jaringan/kabel LAN. 

Baca juga : Susunan warna kabel straight dan crossover

Hanya cukup Plug and Play maka fungsi switch tersebut sudah bisa berjalan baik dan normal. Oleh karena itu switch unmanagble ini cocok untuk mereka yang tidak ingin cape pusing untuk memikirkan bagaimana cara konfigurasinya agar dapat berjalan normal.

Sekian dari penjelasan saya semoga dapat kalian mengerti, jika terdapat salah kata atau salah dalam penulisan artikel kalian dapat memberitahukannya di kolom komentar dibawah ini yaa...

Sekian Terimakasih.
Shandi
Shandi Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Informasi sedikit dari admin Blog Catatan Shand

Hai, Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini, semoga artikel diblog ini dapat membantu kalian, jika kalian menemukan ada link rusak atau kesalahan dalam memberikan informasi didalam artikel atau diblog ini bisa contact admin langsung Disini.

Atau jika kalian ingin memberikan seperti saran, kritik bisa langsung komentar di kolom komentar atau bisa contact admin langsung Disini atau langsung report admin melalui report page bisa langsung saja Disini


Terima Kasih atas waktunya :).

Berlangganan via Email