Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam Macam Jenis Kabel Jaringan Komputer Yang Sering Digunakan

Jenis Jenis Kabel Jaringan Yang Sering Digunakan - Tentu dari kalian semua tahu apa itu kabel bukan? tapi mungkin sedikit orang atau sebagian orang saja yang mengetahui kabel jaringan itu memiliki jenis jenisnya, di artikel ini saya akan membahas macam macam jenis kabel jaringan yang biasa digunakan untuk membagun sebuah jaringan komputer, semoga bermanfaat!

Kabel merupakan media transmisi yang sering digunakan bahkan hingga detik ini, kabel juga merupakan media komunikasi yang menempati urutan paling bawah di OSI Layer yaitu Layer fisik (Physical Layer).  Pemasangan jaringan komputer tidak bisa lepas dari penggunaan kabel jaringan, jika tidak ada kabel maka membuat sebuah topologi jaringan komputer menjadi tidak sempurna. 

Media transmisi menggunakan kabel memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi dibandingkan dengan media tanpa kabel atau biasa kita sebut dengan sebutan Wireless atau Nirkabel. Untuk membangun sebuah jaringan komputer kita harus mengetahui kabel apa saja yang perlu digunakan dalam membangun jaringan komputer, ada banyak macam macam jenis kabel jaringan yang bisa digunakan untuk membangun jaringan komputer. Dan tentu setiap masing masing kabel mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri sendiri. 

Kabel jaringan yang sering kita jumpai saat ini terdapat 3 jenis kabel, antara lain adalah : Kabel Twisted Pair, Kabel Coaxcial, Kabel Fiber Optik.

macam jenis kabel jaringan komputer

Jenis Jenis Kabel Jaringan

Berikut ini penjelasan tentang kabel jaringan yang sering digunakan untuk membangun suatu jaringan komputer, antara lain:

1. Kabel Twisted Pair

Twisted pair merupakan suatu kabel jaringan komputer yang sudah didesain dengan tampilan yang sudah memiliki bentuk fisik kabel yang terdiri atas beberapa pasangan yakni ada yang 4 pasang dan 8 pasang kabel kecil yang memiliki warna yang berbeda.

jenis jenis kabel jaringan yang digunakan untuk jaringan komputer

Cara kerja kabel twisted pair adalah dengan menghantarkan arus listrik atau sinyal listrik dari sumber (Source) ke Tujuan (destination). Kabel twisted pair ini memiliki jenisnya tersendiri antara lain yaitu :

  • UTP (Unshielded Twisted Pair)
  • STP (Shielded Twisted Pair)

STP (Shielded Twisted Pair) 

Kabel ini memiliki pelindung didalam lapisan kabelnya, yang membedakan hanyalah bahan yang digunakan untuk melapisi susunan kabel twisted pairnya. STP memiliki kemampuan yang baik dalam menangkal noise dan gangguan magnetic.

UTP (Unshielded Twisted Pair)

Kabel UTP ini dalam aplikasinya tidak mendukung perlindungan atau proteksi dari kumpulan spiralnya. Karena tidak memiliki perlindungan apapun pada bagian kabelnya, maka sebab itu kabel utp ini memiliki kelemahan utama yaitu rentan dan sensitive terhadap voltase tinggi dan medan magnet. Kabel Jenis ini banyak digunakan pada kabel jaringan LAN yang memiliki kapasitas kecil.


Meskipun secara praktis kabel STP mempunyai keunggulan yang lebih dibanding kabel UTP, tapi tetap saja kabel UTP masih menjadi favorit dalam penggunaannya di sebuah jaringan komputer, karena harganya murah meriah dibanding STP, hal ini menyebabkan kabel UTP masih menjadi pilihan pertama dalam pembuatan jaringan.

2. Kabel Coaxcial

kabel ini terdiri dari dua penghantar yaitu dimana salah satu penghantarnya berada di tengah kabel dan di kelilingi oleh penghatar satunya lagi dengan membuat pola melingkari si penghantar yang pertama. 

kabel jenis Coaxial ini sudah mulai ditinggalkan karena port untuk konektor BNC yang sudah jarang ditemukan pada perangkat komputer atau perangkat jaringan lainnya seperti switch atau router. Untuk melakukan instalasi jaringan dengan menggunakan kabel coaxial itu sulit dan butuh keahlian esktra terutama dalam membuat atau memasang konektor.

Dalam penggunaan kabel coaxcial ini sudah tergantikan oleh kabel twisted pair, biasanya kabel coaxcial ini digunakan pada jenis jaringan yang menggunakan topologi bus dan topologi ring.

3. Kabel Fiber Optic

Kabel Fiber Optik merupakan jenis kabel jaringan komputer yang memiliki spesifikasi yang tinggi dan mampu memberikan performa dan kualitas yang sngat bagus. Di awal kemunculannya kabel Fiber Optik ini dirancang dan dikhususkan untuk sebuah jaringan yang menjadi tulang punggung (Backbone) pada sebuah perusahaan yang memiliki jaringan infrastruktur yang sangat luas dan membutuhkan kecepatan yang lebih.
Kabel jenis ini sangat berbeda dengan jenis kabel yang sudah disebutkan diatas, kabel jenis fiber optic tidak menggunakan tembaga sebagai penghantar. Kabel fiber optic terbuat dari serat kaca yang amat tipis, itu sebabnya kabel jenis ini lebih cepat dalam mentransmisikan data dibanding dengan jenis kabel yang lain.


Akan tetapi seiring berkembangnya teknologi saat ini kabel Fiber Optik tidak hanya dikhusukan untuk perusahaan yang memiliki jaringan sangat besar, jaringan biasa seperti MAN, WAN dan bahkan LAN sudah memakai kabel Fiber Optik ini karena memang bisa memberikan kecepatan dan performa koneksi yang sangat cepat dan stabil.

Mungkin sekian dulu artikel tentang Macam Jenis Kabel yang digunakan untuk membangun jaringan komputer, semoga kalian yang sudah membacanya bisa paham dengan apa yang saya sampaikan melalui ketikan ini. Jika ada pertanyaan silakan tanyakan di kolom komentar.

Sekian Terimakasih.
Shandi
Shandi Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Informasi sedikit dari admin Blog Catatan Shand

Hai, Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini, semoga artikel diblog ini dapat membantu kalian, jika kalian menemukan ada link rusak atau kesalahan dalam memberikan informasi didalam artikel atau diblog ini bisa contact admin langsung Disini.

Atau jika kalian ingin memberikan seperti saran, kritik bisa langsung komentar di kolom komentar atau bisa contact admin langsung Disini atau langsung report admin melalui report page bisa langsung saja Disini


Terima Kasih atas waktunya :).

Berlangganan via Email