Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Tujuan Prakerin SMK Serta Manfaatnya

Table of Content [Tampil]
Pengertian dan Tujuan di adakannya Prakerin serta manfaatnya – Setiap siswa dan siswi SMK pastinya wajib mengikuti Prakerin, Lalu apa pengertian prakerin dan Kenapa diadakannya prakerin untuk siswa/siswi SMK, dan apa manfaatnya prakerin untuk pelajar SMK.


Pengertian Prakerin


Apa itu Prakerin? Prakerin (Praktek Kerja Industri) adalah suatu kegiatan pendidikan yang wajib diikuti untuk siswa/siswi SMK, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan didunia industri atau dunia kerja dalam upaya pendekatan ataupun untuk menginkatakan mutu siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)denga kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya dan juga menambah bekal masa – masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semakin banyak serta ketat dalam persaingannya.

Baca Juga : Kunjungan Industri SMK SASMITA JAYA 2 PAMULANG

Dalam pelaksanaanya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertuuan untuk magang di suatu  tempat kerja baik dunia usaha ataupun dunia industri setidaknya sudah memilki kemampuan dasar sesuai dengan bidang yang digelutinyaatau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing disekolah untuk memiliki ilmu – ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia industri.

Alasan utama mengapa para siswa dan siswi SMK harus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam pelaksanaan praktek kerja industri tidak mengalami kendala dalam penerapan ilmu pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam proses praktek kerja industri mendapatkan ilmu – ilmu baru yang tidak diajarkan oleh kejuruan terkait.

Dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini diharapkan setiap siswa – siswi mampu mengikuti serta memahami kegiatan kerja yang dilakukan di dunia usaha ataupun di dunia industri agar siswa dan siswa tersebut dapat  mencapai serta mendapatan sesuatu yang baik dan berguna bagi dirinya serta agar siswa dan siswi tersebut mampu menunjukan kinerjanya secara maksimal apa yang telah dilakukannya selama berada didunia usaha atau dunia industri.

Tujuan di adakannya Prakerin

  1. Mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah.
  2. Membentuk Pola pikir yang membangun siswa dan siswi prakerin
  3. Melatih siswa untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara profesional didunia kerja yang sebenarnya
  4. Membentuk semangat kerja yang baik bagi siswa – siswi Prakerin
  5. Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki oleh siswa dan siswi prakerin sesuai bidangnya masing masing.
  6. Menambah jenis keterampilan yang dimiliki oleh siswa agar dapat dikembangkan dan di implementasikan dalam kehidupan sehari – hari.
  7. Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri ataupun dunia usaha.

Manfaat Prakerin

  1. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan semangat kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.
  2. Memperkokoh hubungan sekolah dengan dunia industri dan dunia usaha
  3. Meningkatkan Efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas
  4. Memberikan Pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan
  5. Menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman di era teknologi informasi dan komunikasi.

Itulah Pengertian dan Tujuan kenapa Prakerin di adakan dan apa manfaatnya untuk siswa dan siswi SMK. Semoga bermanfaat bagi kalian :D


Sekian Terimakasih.
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Pengertian Dan Tujuan Prakerin SMK Serta Manfaatnya"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.