Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan dan kekurangan komunikasi data

Table of Content [Tampil]
kerugian dan keuntungan komdat

Pada artikel ini saya akan membahas apa saja kelebihan dan kekurangan komunikasi data. komunikasi data adalah sebuah proses pengiriman dan penerimaan data atau informasi dari dua atau lebih device. Komunikasi berasal dari bahasa inggris “Communication“, secara emitologi berasal dari bahasa latin yaitu “Communis”  yang memiliki arti yaitu “berbagi” sedangkan Data berasal dari kata “datum” yang berarti materi atau kumpulan fakta yang di pakai untuk keperluan suatu analisa.

Kelebihan komunikasi data

  1. Memungkin kan kita untuk mengirim data dalam jumlah yang besar tanpa ada kesalahan dan ekonomis dari suatu tempat tempat yang lain.
  2. Memungkinkan penggunaan komputer secara terpusat maupun secara tersebar sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik dari desentralisasi maupun sentralisasi.
  3. Mempermudah kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai macam sistem komputer.
  4. Mendapatkan data langsung dari sumbernya.
  5. Mengurangi waktu untuk pengolahan data.


Kekurangan komunikasi data

  1. Call setup memperlukan beberapa detik.
  2. Kecepatan data terbatas tergantung pada besar data yang dikirimkan.
  3. Keterbatasan bandwith dapat di atasi dengan penambahan bandwith.
  4. Tidak cocok untuk trafik besar, jika pengiriman data dilakukan ada trafik yang sedang pada maka akan dibutuhkan waktu yang lebih lama.
  5. Adanya delay propagasi untuk akses via satelit, membangun insfrastruktur terestrial jika mungkin.
  6. Throughput, merupakan beban dari sistem yaitu persentase waktu yang diberikan untuk pengiriman data dengan melewati media transimis tertentu.
  7. Faktor manusia, manusia (brainware) merupaka perancang, pencipta sekaligus pengguna sistem. Faktor manusia merupakan faktor yang sangat dominan dan menentukan  lancar atau tidaknya sistem.



Sekian dari penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan komunikasi data semoga bermanfaat bagi kalian yang telah membaca nya. Jangan lupa untuk like and share artikel ini ya keteman teman kalian yang membutuhkan 
Silakan tinggalkan komentar

Sekian terima kasih.

Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

Post a Comment for "Kelebihan dan kekurangan komunikasi data"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.