Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Phising Dan Cara Mengatasi Phsing

Table of Content [Tampil]
Pengertian dan cara mengatasi Phising - Phising merupakan suatu tindakan yang mengambil sesuatu melalui sebuah website atau situs. Menurut Wikipedia tertulis "Dalam komputer, pengelabuan (Inggris: phishing) adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan."


Kenapa phising itu ada?

Jelas phising adalah salah satu jalan yang paling mudah untuk mengambil suatu keuntungan yang sangat banyak tanpa mengeluarkan modal yang besar dengan cara mengelabui pengguna atau user.

Dengan semakin canggihnya teknologi dari generasi ke generasi kemampuan manusia pun ikut berkembang, internet menjadi jalan pilihan yang tepat internet bagaikan hutan rimba di dalamnya ada tambang emas berlian ada juga jurang, binatang buas, tergantung si pengguna memanfaatkan dan mencegah hal tersebut. 


Phising jaman sekarang phising bukanlah hanya melalui email karena teknologi filter pun berkembang menjadi lebih baik dimana email phising akan masuk kotak spam dan tidak akan masuk ke kotak masuk, bagaikan jalan menuju Roma pelaku phising memutar otak semua cara ditempuh seperti melalui iklan, media sosial, web phisinh dll, contohnya di media sosial dimana ada Link artikel berita yang judulnya sangat "heboh" menggugah kita untuk mengklik tautan tersebut lalu komputer kita terjangkit virus/malware yang menyebabkan sekalipun kita mengakses situs yang terpercaya akan dialihkan ke situs phising. 

maksudnya gimana gan?

Jadi gini ketika kita mengakses Facebook.com padahal Link nya benar yaitu "facebook.com" bukan Link phising tetapi kita akan dialihkan ke situs phising yg sudah sedemikian rupa mirip padahal Link nya benar? Ya ini lah kecanggihan virus tersebut mengakses situs phising dengan domain situs aslinya dengan cara mengubah dns itu semua dilakukan oleh virus yang kita dapat sewaktu mengklik tautan di media sosial atau iklan.
 
Phishing yang paling sering ditemui biasanya adalah phising pada akun media sosial, situs palsu tersebut tersebar dengan menggunakan foto foto porno, memancing korban untuk mengkilknya, tidak jarang foto tersebut menyerupai sebuah video yang siap di klik. maka dari itu sebaiknya cermati lagi alamat tujuannya.
 
Pada browser google chrome ketika kita mengarahkan pointer ke bidang klik biasanya alamat tujuan akan di tampilkan di bagian bawah kiri layar. 


pada facebook, jika itu benar video yang siap klik maka alamat tersebut tidak di tampilkan. jika kelihatannya seperti video namun ternyata pada google chrome di deteksi sebagai sebuah url tertentu maka sudah jelas maksudnya adalah menipu anda. entah hasilnya merupakan situs iklan atau situs phising.

Banyak sekali kasus kejahatan phising yang sering dilakukan, terlebih hal itu bisa saja mencuri banyak informasi anda seperti akses akun Anda, email, social media, bahkan akun Bank Anda. Oleh karena intinya kita harus lebih cermat dan lebih berhati hati saat berselancar atau menyelam di internet. 

Sekian dari Penjelasan Pengertian jaringan komputer semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang sudah membacanya. Jangan Lupa untuk Share artikel ini agar teman, saudara, guru yang dekat dengan kita terhindar dari phising. silakan tinggalkan komentar kalian di kolom komentar dibawah. 

Sekian Terimakasih.

Artikel  ini di update pada : 8 - desember - 2018
Andri
Andri Belajar dan membuat dokumentasi kedalam bentuk artikel ataupun video

4 comments for "Pengertian Phising Dan Cara Mengatasi Phsing"

Halloo..

Silakan berikan saran, Kritik, dan Masukan pada kolom komentar ataupun melalui halaman kontak di blog ini. Itu semua merupakan salah satu bentuk cara untuk mensupport saya dan blog ini, semoga kita sehat dan sukses selalu.